Cara Memperbaiki Mikrofon Tidak Berfungsi di

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda mengalami masalah dengan mikrofon di Windows 11, jangan khawatir – Anda tidak sendirian. Ini telah menjadi masalah umum bagi banyak pengguna.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki mikrofon di Windows 11 sehingga Anda dapat kembali mengobrol dan merekam audio seperti biasa. Mari kita mulai!

Memecahkan Masalah Mikrofon

Agar mikrofon Anda berfungsi kembali, Anda perlu mencoba beberapa langkah pemecahan masalah yang dianggap efektif oleh komunitas Windows. Mari kita lihat setiap metode secara detail.

Periksa Kabel Mikrofon dan Jack

Sebelum memecahkan masalah terkait perangkat lunak, Anda mungkin ingin memeriksa koneksi fisik mikrofon Anda. Namun, ini hanya berlaku jika Anda menggunakan mikrofon eksternal.

Pertama, pastikan kabel mikrofon Anda tidak mengalami kerusakan fisik dan dicolokkan dengan benar. Kedua, periksa dongkrak Anda dan pastikan tidak tersumbat oleh kotoran atau elemen lain yang tidak diinginkan. Jika mesin Anda memiliki lebih dari satu outlet mikrofon, Anda harus mencoba mencolokkan mikrofon ke soket yang berbeda untuk menentukan apakah mikrofon itu sendiri yang bermasalah.

Anda mungkin juga ingin mencolokkan mikrofon ke mesin kedua dan melihat apakah itu berfungsi. Jika ya, kemungkinan besar mesin pertama memiliki masalah perangkat keras atau perangkat lunak.

Jika semuanya tampak baik-baik saja di bagian depan koneksi, saatnya untuk beralih ke metode pemecahan masalah yang lebih kompleks, seperti diuraikan di bawah ini.

Periksa Apakah Mikrofon Memiliki Akses ke Mikrofon Anda Komputer

Secara default, Windows 11 memberikan akses mikrofon ke beberapa aplikasi sambil memblokir yang lain. Jika Anda mencoba menggunakan mikrofon pada aplikasi yang aksesnya telah diblokir, mikrofon tidak akan berfungsi.

Berikut cara memeriksa apakah aplikasi memiliki izin yang diperlukan:
Buka pengaturan Windows Anda dengan menekan Win + I.Di sebelah kiri panel, pilih “Privasi & Keamanan” dan kemudian klik “Mikrofon” di panel kanan. Ini akan membuka daftar semua aplikasi yang memerlukan akses mikrofon di sistem Anda. Ada tombol sakelar di sebelah setiap item dalam daftar yang menunjukkan status izin. Jika tidak ada aplikasi yang memiliki akses ke mikrofon, aktifkan tombol sakelar di sebelah “Biarkan aplikasi mengakses mikrofon Anda”. Jika beberapa aplikasi tampaknya memiliki akses ke mikrofon tetapi aplikasi yang ditargetkan telah diblokir, alihkan tombol di sebelahnya untuk memberikan akses secara instan.
Periksa Apakah Mikrofon yang Benar Telah Dipilih di Pengaturan

Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam situasi di mana sepertinya mikrofon Anda tidak berfungsi, ada kemungkinan Anda hanya mengatur mikrofon yang salah sebagai sumber default Anda. Ini adalah masalah umum dengan notebook dan laptop.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat masuk ke pengaturan suara Anda dan memverifikasi bahwa perangkat perekaman yang benar dipilih sebagai default:
Klik kanan pada ikon speaker di sudut kanan bawah bilah tugas Anda dan pilih “Pengaturan suara” dari menu konteks. Di bawah “Input”, pilih mikrofon yang Anda gunakan sebagai perangkat input suara default.
Kemungkinan lain adalah mikrofon Anda dimatikan atau volumenya terlalu rendah. Anda dapat memeriksa pengaturan ini di tempat yang sama. Jika volume yang telah disetel terlalu rendah, gerakkan penggeser ke kanan untuk memperbesarnya.

Periksa Status Driver Mikrofon Anda

Upgrade ke Windows 11 bisa sangat buruk untuk driver audio. Terkadang driver yang diinstal bersifat generik dan sebagian tidak kompatibel dengan perangkat lunak dan perangkat keras Anda. Jika ini adalah sumber masalah Anda, Anda harus menggunakan Pengelola Perangkat untuk memastikan Anda menggunakan driver terbaru yang kompatibel untuk perangkat rekaman Anda.

Untuk melakukannya:
Buka Pengelola Perangkat. Temukan perangkat rekaman Anda, klik kanan dan pilih “Perbarui Driver .”
Jika tidak ada driver yang diperbarui, coba hapus instalan dan instal ulang perangkat. Anda mungkin juga perlu menghidupkan ulang komputer agar perubahan diterapkan.

Jalankan Pemecah Masalah Audio Rekaman

Microsoft telah mengembangkan serangkaian pemecah masalah untuk membantu pengguna menyelesaikan masalah mereka. Pemecah masalah ini disertakan dengan Windows versi terbaru dan mencakup berbagai masalah, mulai dari masalah jaringan hingga keyboard yang tidak berfungsi hingga Windows yang tidak menginstal pembaruan terbaru secara otomatis. -diagnosis dan perbaiki masalah:
Tekan tombol Windows pada mesin Anda dan ketik “Pemecahan Masalah.” Klik tombol “Buka” di sebelah “Pengaturan Pemecahan Masalah.” Pilih “Pemecah Masalah Lainnya”Dari bilah sisi di sisi kiri jendela, pilih “Recording Audio” dan kemudian klik tombol “Run the troubleshooter”.
Setelah pemindaian selesai, Windows akan memberi tahu Anda tentang masalah yang ditemukan dan apakah dapat memperbaikinya secara otomatis. Jika masalah telah diperbaiki, Anda harus me-restart mesin Anda dan memeriksa apakah mikrofon berfungsi.

Mulai ulang Layanan Audio Windows

Jika Anda mengalami masalah audio di komputer Anda, satu kemungkinan perbaikan adalah memulai ulang Layanan Audio Windows. Ini dapat dilakukan dengan membuka konsol manajemen Layanan dan menemukan Layanan Audio Windows:
Buka menu Mulai dan ketik “Layanan” ke dalam kotak pencarian. Buka aplikasi “Layanan”. Di jendela Layanan, gulir ke bawah ke “Windows Audio. ” Klik kanan pada “Windows Audio” dan pilih “Restart.” Jika layanan tidak berjalan, Anda juga dapat memulainya dengan memilih “Mulai.”
Setelah layanan dimulai ulang, periksa untuk melihat apakah masalah audio Anda telah teratasi. Jika belum, Anda mungkin perlu mencoba metode pemecahan masalah lain.

Perbaiki File Sistem yang Rusak

Jika Anda mengalami masalah dengan mikrofon, itu mungkin karena masalah di seluruh sistem dengan file yang rusak. Ini kurang umum, tetapi bisa terjadi. Anda dapat menggunakan alat Pemeriksa Berkas Sistem (sfc / scannow) untuk menentukan apakah ada kerusakan sistem yang kritis.

Alat ini akan memindai file sistem Anda dan mengganti semua yang rusak. Setelah Anda menjalankan alat, restart komputer Anda dan lihat apakah mikrofon berfungsi dengan baik. Jika tidak, mungkin ada masalah lain saat pemutaran.

Membuat Mikrofon Anda Bekerja Lagi

Jika Anda mengalami masalah dengan mikrofon di Windows 11, ada beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat Anda coba.

Kami sarankan Anda memulai dengan dasar-dasar, seperti memulai ulang komputer Anda dan memeriksa pengaturan audio Anda. Jika solusi tersebut tidak berhasil, ada beberapa langkah lanjutan yang dapat Anda coba yang melibatkan pembaruan driver atau memperbaiki file yang rusak di sistem Anda. Beri tahu kami di komentar di bawah.