Cara Memperbaiki Mikrofon yang Terus Terpotong

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
Mikrofon yang rusak merupakan ketidaknyamanan bagi Anda dan orang yang Anda coba komunikasikan. Kami mengandalkan mikrofon untuk menjaga suara kami tetap keras dan jelas selama panggilan audio atau video dan mencegahnya memudar atau terdengar teredam.

Jika mikrofon Anda terus terputus, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Kami akan membahas beberapa metode untuk memperbaikinya dan memastikan suara Anda selalu terdengar.

Mikrofon Terus Terputus dalam Perselisihan

Discord telah menjadi aplikasi komunikasi utama bagi banyak orang, jadi mikrofon yang rusak berdampak negatif pada pengalaman pengguna. Tetapi dua metode yang relatif mudah akan menghilangkan audio cutouts.

Mulai ulang Discord

Metode pertama adalah memulai ulang Discord karena terkadang aplikasi dapat mengalami kesulitan mendaftarkan mic.
Arahkan kursor ke bilah tugas dan klik kanan pada ruang kosong.Pilih “Task Manager” option.Tekan “Mode details” untuk memperluas Task Manager. Pastikan Anda berada di bagian “Processes”. Temukan dan klik kanan pada opsi “Discord” dan pilih “End task” dari menu drop-down. Luncurkan Perselisihan dan lihat apakah masalah telah teratasi.
Sesuaikan Sensitivitas Suara

Cara kedua adalah mengubah pengaturan audio aplikasi. Untuk melakukannya:
Tekan ikon “Pengaturan Pengguna” di bagian kiri bawah antarmuka Discord. Itu di sebelah akun pengguna Anda. Arahkan ke panel sisi kiri dan pergi ke pengaturan “Suara & Video”. Gulir ke bagian bawah jendela sampai Anda menemukan “Sensitivitas Input.” Nonaktifkan opsi “Tentukan sensitivitas input secara otomatis”. Bicaralah ke mikrofon untuk menilai sensitivitas input.
Discord tidak dapat mendaftarkan suara Anda saat bilah bergerak menuju area oranye. Jika bilah mengarah ke area hijau, Anda telah menemukan sensitivitas yang tepat dan seharusnya tidak mengalami masalah mikrofon apa pun.

Mikrofon Terus Memotong Zoom

Pengguna yang mengandalkan Zoom untuk konferensi video memerlukan mikrofon yang andal. Dua metode akan mencegah mikrofon terputus dan mempertahankan kualitas panggilan yang sangat baik di Zoom.

Mulai ulang PC

Jika Anda lebih suka bergabung ke rapat Zoom melalui PC, sistem operasi mungkin mengganggu mikrofon. Untungnya, memulai ulang PC biasanya mengatasi masalah dan menghilangkan gangguan sementara, dan Anda akan dapat melakukan konferensi video tanpa kesulitan.

Periksa Pengaturan Suara Windows

Saat me-reboot PC tidak menyelesaikan masalah mikrofon, pengaturan suara Anda mungkin gagal mendeteksi mikropon. Ini biasanya terjadi jika Anda pernah menggunakan mikrofon yang berbeda sebelumnya, sehingga sistem tidak dapat mengenali yang baru. Untuk memilih perangkat yang sesuai:
Buka “Pengaturan” dan pilih “Sistem.” Klik pada opsi “Suara”. Arahkan ke tab “Input” dan perluas kotak “Pilih perangkat input Anda”. Pilih mikrofon yang ingin Anda gunakan . Jika Anda menggunakan laptop, layar juga akan menampilkan mikrofon internal. Bicaralah ke mikrofon untuk memeriksa input. Jika Anda tidak puas dengan kinerja mikrofon, buka “Menu input” dan pilih “Properti perangkat .” Anda akan melihat jendela baru di mana Anda dapat mengganti nama mikrofon untuk akses yang lebih mudah. ​​Temukan “Volume” dan pilih level input mikrofon yang optimal. Buka bagian “Lanjutan” dan klik “Volume aplikasi dan preferensi perangkat.” Temukan Zoom aplikasi dan pilih mikrofon yang ingin Anda gunakan dengan program.
Zoom sekarang akan mengambil mikrofon Anda, dan Anda dapat melanjutkan rapat dengan percaya diri. Selain itu, saat berikutnya Anda meluncurkan aplikasi, itu akan secara otomatis terhubung ke mikrofon, memastikan tidak pernah terputus.

Periksa Akses Mikrofon

Ketika aplikasi memiliki akses terbatas ke PC, aplikasi mungkin tidak dapat terhubung ke mikrofon atau kamera. Dalam hal ini, pastikan Anda telah memberikan izin ke aplikasi untuk menggunakan mikrofon. Untuk melakukannya:
Buka “Pengaturan” dan tekan “Privasi.” Buka “Izin aplikasi” dan klik opsi “Mikrofon”. Pindai daftar program hingga Anda menemukan Zoom. Periksa apakah program memiliki akses ke mikrofon. Gulir ke bagian bawah jendela hingga Anda melihat bagian “Izinkan aplikasi desktop mengakses mikrofon Anda”. Tekan penggeser di bawah bagian ini untuk memastikan Zoom memiliki akses ke mikrofon.
Microphone Terus Memotong Out Teams

Microsoft Teams adalah program lain yang bekerja paling baik dengan mikrofon berperforma tinggi. Pengguna dapat keluar dari program lain, menghapus cache aplikasi, mengubah pengaturannya, atau memperbarui program untuk meminimalkan masalah mikrofon.

Tutup Aplikasi Lain Sebelum Panggilan

Sebelum memulai panggilan, tutup semua program lain yang mungkin memerlukan akses mikrofon. Mereka mungkin mencegah Microsoft Teams terhubung ke mikrofon. Ini berlaku untuk aplikasi desktop dan browser.

Hapus Cache

Terkadang cache aplikasi mengganggu mikrofon, jadi membersihkannya akan memungkinkan program berfungsi dengan benar dan menggunakan mikrofon. Berikut cara menghapus cache dari Microsoft Teams:
Jika Anda telah meluncurkan Microsoft Teams, tutup programnya. Buka “System Tray,” arahkan kursor ke ikon “Teams” dan klik kanan. Tekan “Quit”, luncurkan Task Manajer dan klik “Akhiri semua proses Tim.” Luncurkan File Explorer, buka tab alamatnya dan ketik yang berikut: “% appdata%Microsoftteams” Buka folder “Cache” di bawah “Cache aplikasi” dan hapus isinya . Juga, hapus file di dalam “blob_storage.” Buka folder “Databases” dan “GPUCache” dan bersihkan isinya. Buka folder “Cache” dan “Local Storage” dan hapus semua file. Hapus file “.db” dari “IndexedDB.” Kosongkan folder “Temp”.
Luncurkan kembali Microsoft Teams untuk memeriksa apakah metode ini berhasil.

Sesuaikan Pengaturan Microsoft Teams

Pengaturan Microsoft Teams juga dapat menyebabkan mikrofon terputus, jadi mengubah pengaturan akan memperbaiki masalah audio. Untuk melakukannya:
Buka aplikasi desktop Microsoft Teams. Tekan tiga titik di kanan atas antarmuka. Klik “Pengaturan.” Pilih tab “Perangkat”. Ketuk sakelar di samping “Sesuaikan sensitivitas mikrofon secara otomatis” untuk menonaktifkan opsi .
Tingkatkan Microsoft Teams

Jika Anda menggunakan aplikasi yang sudah ketinggalan zaman, mungkin ada masalah dalam mendeteksi perangkat Anda. Beralih ke versi yang lebih baru akan mengoptimalkan koneksi mikrofon, meningkatkan audio selama panggilan Teams. Untuk beralih ke Microsoft Teams versi terbaru:
Copot pemasangan aplikasi.Buka halaman web resmi Microsoft dan unduh versi terbaru.Jalankan file penginstal.
Luncurkan program dan uji audio untuk melihat apakah masalah tetap ada.

Wireless Microphone Keeps Memotong

Kebanyakan mikrofon nirkabel menawarkan kualitas audio yang sangat baik, tetapi kadang-kadang dapat terputus. Dalam hal ini, penerima atau baterai kemungkinan besar menyebabkan masalah.

Pindahkan Penerima

Ketika dinding, rak, atau rak memisahkan mikrofon dan penerimanya, mereka bertindak sebagai penghalang yang menghalangi sinyal untuk mencapai mikrofon, menyebabkannya terputus. Jika memungkinkan, coba atur ulang posisi receiver dan letakkan di area yang tidak ada struktur atau benda yang mengganggu sinyal.

Periksa Baterai

Jika Anda telah menggunakan mikrofon selama beberapa jam, Anda mungkin lupa memeriksa baterainya. Perangkat nirkabel membutuhkan banyak energi dan menghabiskan baterai dengan cepat. Mikrofon akan berfungsi tanpa masalah saat Anda memasang baterai baru. Pengguna dengan perangkat yang dapat diisi ulang harus mengisi baterai dan memeriksa apakah audio telah ditingkatkan.

Mikrofon Terus Memotong iPhone

Mikrofon yang tidak berfungsi pada iPhone tidak nyaman karena mencegah Anda terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega. Biasanya, memulai ulang perangkat akan menyelesaikan masalah, tetapi jika mikrofon terus terputus, ada cara lain untuk mengoptimalkan mikrofon.

Mulai Ulang Aplikasi

Ketika mikrofon gagal hanya saat digunakan dengan aplikasi tertentu, coba mulai ulang untuk meningkatkan koneksi mikrofon. Ini biasanya terjadi dengan aplikasi komunikasi seperti Skype atau WhatsApp.

Aktifkan Akses Mikrofon

Saat menggunakan aplikasi seperti Discord, WhatsApp, dan Skype, periksa apakah aplikasi tersebut memiliki izin untuk mengakses mikrofon iPhone. Untuk melakukannya:
Buka “Pengaturan” perangkat dan pilih “Privasi.” Ketuk opsi “Mikrofon” untuk melihat aplikasi mana yang meminta akses mikrofon. Temukan aplikasi yang ingin Anda gunakan dan pastikan aplikasi memiliki akses ke mikrofon.
Perbarui Sistem Operasi

Terkadang iOS yang kedaluwarsa mencegah mikrofon berfungsi dengan benar. Setelah Anda beralih ke versi yang lebih baru, Anda tidak akan mengalami pemotongan audio apa pun.
Buka “Pengaturan” dan klik “Umum.” Klik “Pembaruan Perangkat Lunak” untuk melihat apakah ada pembaruan baru yang dapat Anda instal.
Microphone Terus Memotong Android

Few hal-hal yang lebih membuat frustrasi daripada mic yang terputus selama panggilan. Namun, pengguna Android memiliki beberapa cara untuk meningkatkan kualitas audio mereka.

Mulai Ulang Ponsel Cerdas

Memulai ulang perangkat biasanya menyelesaikan banyak gangguan perangkat lunak dan dapat meningkatkan kinerja mikrofon Anda. Sebelum menghidupkan telepon, tunggu sekitar 30 detik agar sistem dapat menyegarkan.

Nonaktifkan Kebisingan Suppression

Model Android tertentu memiliki fitur pengurangan kebisingan atau peredam bising untuk menghilangkan kebisingan latar belakang selama panggilan video dan audio. Tapi itu juga bisa mengganggu mic. Untuk menonaktifkan fitur:
Buka “Pengaturan” telepon dan klik “Pengaturan Panggilan.” Ketuk “Pengurangan Noise” atau “Penekanan Noise” untuk menonaktifkan fitur.
Mulai ulang perangkat dan lihat bagaimana tarif mikrofon Anda sekarang.

Crystal Clear Communication

Kualitas komunikasi Anda sangat bergantung pada kualitas mikrofon Anda, jadi perangkat harus selalu berfungsi dengan benar. Artikel ini telah membahas beberapa cara untuk memperbaiki mikrofon Anda ketika terputus selama panggilan.

Apakah Anda mengalami masalah dengan mikrofon Anda? Manakah dari metode di atas yang membantu Anda menyelesaikan masalah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.