Cara Memperbaiki Nintendo Switch yang Tidak Terhubung ke Internet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Switch tidak terhubung ke internet dapat memperburuk. Ini berarti Anda tidak dapat memainkan game tertentu secara online, dan Anda juga tidak dapat terhubung dengan pemain yang Anda sukai. Ada berbagai alasan mengapa Switch mungkin menolak untuk terhubung ke internet. Yang paling umum termasuk pengaturan internet yang salah, router yang salah, atau terlalu jauh dari router, hanya untuk menyebutkan beberapa.

Jika Anda mengalami masalah saat menghubungkan Switch Anda ke internet, kami di sini untuk membantu. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa perbaikan cepat yang dapat Anda coba untuk terhubung kembali ke internet sehingga Anda dapat terus menikmati permainan Anda. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Memperbaiki Sakelar Tidak Tersambung ke Internet

Jika perangkat Sakelar Anda tidak tersambung ke internet, Anda tidak akan dapat mengakses fitur penting seperti obrolan suara, mode multipemain, atau mengunduh game. Meskipun Anda masih dapat memainkan sebagian besar game, itu tidak mengurangi ketidaknyamanan. Ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Mulai Ulang Perangkat Switch Anda

Restart cepat diketahui dapat memecahkan banyak gangguan jaringan, dan Switch tidak terkecuali. Restart perangkat memungkinkan untuk menyelesaikan masalah sementara dan membentuk koneksi jaringan baru. Untuk memulai ulang Switch Anda, ikuti langkah-langkah ini.
Tahan tombol daya.Pilih “Opsi Daya” dari menu.Klik “Mulai Ulang.” Setelah beberapa detik, perangkat akan reboot.
Setelah perangkat dinyalakan, coba sambungkan ke internet dan lihat apakah masalah teratasi. Jika tidak, coba perbaikan yang tercantum di bawah ini.
Restart Modem dan Router

Jika me-restart perangkat Switch Anda tidak berhasil, pertimbangkan kembali untuk melakukan hal yang sama dengan peralatan jaringan Anda. Untuk mem-boot ulang perangkat, tekan tombol daya setidaknya selama satu menit. Jika Anda tidak dapat melihat tombol daya, cukup cabut kabel dan sambungkan kembali. Kemudian, tunggu perangkat Anda menyala dan coba sambungkan ke internet lagi.

Pastikan Anda dekat dengan router sehingga jarak antara Anda tidak lama, karena dapat menyebabkan masalah koneksi. Koneksi nirkabel dibatasi oleh jarak, dan semakin dekat Anda dengan sumber sinyal, semakin kuat koneksi yang Anda dapatkan darinya.

Nonaktifkan Mode Pesawat

Semua komunikasi nirkabel dinonaktifkan setelah perangkat dialihkan ke mode pesawat. Untuk mengesampingkan kemungkinan ini, periksa apakah ada ikon pesawat di sudut kanan atas layar Anda. Jika ada, ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkannya.
Buka pengaturan dengan menahan ikon roda gigi untuk membuka “Pengaturan Sistem”. Matikan “Mode pesawat.”
Ubah Pengaturan Internet Anda

Banyak pengguna yang melaporkan keberhasilan setelah mengubah pengaturan internet mereka. Berikut cara mengubah milik Anda.
Pada perangkat Switch Anda, buka “Pengaturan Sistem.” Arahkan ke “Internet,” lalu pilih “Pengaturan Internet.” Pilih jaringan yang Anda coba sambungkan dan gulir ke bawah ke “Ubah Pengaturan.”Dari menu, pilih “Keamanan” dan beralih ke protokol keamanan apa pun pada daftar kecuali “Tidak Ada.” Masukkan kata sandi Anda dan klik “Simpan.”
Lihat apakah perangkat Anda sekarang dapat terhubung ke internet. Jika masalah berlanjut, pertimbangkan untuk mengubah pengaturan DNS Anda.
Buka “Pengaturan” dan navigasikan ke “Internet.” Dari opsi, pilih “Pengaturan Internet.” Pilih jaringan Wi-Fi Anda dan pilih “Ubah Pengaturan.” Gulir ke bawah ke “Pengaturan DNS” dan beralih ke “Manual.” Dari opsi, pilih “DNS Primer” dan masukkan kode “1.1.1.1” atau “8.8.8.8.” Buka “DNS Sekunder” dan masukkan “1.0.0.1” atau “8.8.8.4.” Setelah Anda selesai dengan perubahan ini, tekan tombol “Simpan”. Coba sambungkan ke internet lagi dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.
Jika server DNS yang baru saja Anda ubah tetap tidak mengizinkan Anda terhubung ke internet, pertimbangkan untuk beralih di antara dua kode server yang disediakan. Misalnya, jika Anda awalnya mengisi 1.1.1.1 sebagai DNS Primer, pertimbangkan untuk menggunakan 8.8.8.8 sebagai gantinya. Kemudian, lakukan hal yang sama untuk DNS Sekunder dan lihat apakah itu berfungsi.

Jika Anda masih mengalami masalah saat menyambung ke internet setelah mengubah server, periksa apakah Anda mengisi kata sandi Wi-Fi yang benar. Meskipun ini mungkin terdengar jelas, mengisi kata sandi Wi-Fi yang salah tidak akan membuat Anda terhubung ke internet. Jika Anda yakin bahwa kata sandi Wi-Fi yang Anda gunakan benar, coba mulai ulang perangkat Switch Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini.
Tekan lama tombol daya fisik.Buka Opsi Daya dan pilih “Mulai Ulang”. beberapa menit untuk reboot. Setelah sistem reboot, coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi Anda lagi.
Harap diperhatikan bahwa server DNS di atas mungkin tidak berfungsi di negara Anda karena didasarkan pada wilayah tempat Anda tinggal. Namun, mereka harus bekerja dan menyelesaikan masalah koneksi Anda dalam banyak kasus.

Uji Koneksi

Jika perangkat Switch Anda masih tidak terhubung ke internet, coba jalankan perbaikan jaringan otomatis dengan menguji koneksi.
Buka “Pengaturan Sistem.” Internet” dan navigasikan ke “Test Connection.” Jalankan tes untuk memverifikasi bahwa semuanya berfungsi dengan baik.
Instal Pembaruan Sistem yang Tersedia

Jika Anda tidak dapat terhubung ke internet, itu berarti Anda tidak dapat mengunduh pembaruan apa pun. Namun, ada kemungkinan perangkat Anda telah mengunduh pembaruan baru tetapi belum menginstalnya. Menginstal pembaruan ini dapat membantu menyelesaikan masalah dengan mengganti file yang rusak dengan yang baru.
Pada perangkat Switch Anda, buka “Pengaturan Sistem.” Dari bilah sisi kiri, pilih “Sistem.” Klik “Pembaruan Sistem” dan instal pembaruan apa pun yang tersedia .
Periksa Halaman Status Pengalihan

Terkadang Anda mungkin berpikir bahwa masalahnya adalah perangkat Anda padahal sebenarnya, itu berasal dari sisi Pengalihan. Untuk memastikannya, buka halaman status online Switch dan periksa kembali apakah semua server online dan dalam kondisi baik. Anda juga bisa mendapatkan petunjuk kapan tim akan memperbaiki layanan mereka dengan membuka tab Jadwal pemeliharaan masa depan agar Anda tidak disergap.

Beli Router Baru

Jika Anda sudah mencoba perbaikan di atas, tetapi perangkat Switch Anda masih tidak terhubung ke internet, router Anda kemungkinan rusak. Jika Anda masih memiliki garansi aktif untuk peralatan, Anda dapat meminta penjual untuk menggantinya. Anda mungkin perlu membeli router baru jika garansi telah habis.

Switch Not Connect After a Update

Jika Anda baru saja memperbarui sistem atau game dan mengalami masalah saat menyambungkan ke internet, coba perbaikan berikut.
Mulai ulang perangkat Switch AndaPeriksa ulang bahwa Anda menggunakan kata sandi Wi-Fi yang benarMulai ulang router dan modemUbah server DNS perangkat Switch AndaPindahkan lebih dekat ke routerUji ​​koneksi jaringanPastikan mode Pesawat dimatikanPutar kembali ke versi game sebelumnya yang baru saja Anda perbarui
Terhubung Lagi

Beralih tidak menghubungkan ke internet bisa sangat merepotkan. Seperti yang Anda lihat, ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah. Banyak pengguna telah melaporkan bahwa masalah koneksi internet Switch diselesaikan ketika mereka mengubah pengaturan internet mereka. Kami harap perbaikan yang kami soroti dalam artikel ini dapat menyelesaikan masalah Anda.

Pernahkah Anda mengalami Switch Anda tidak terhubung ke internet? Bagaimana Anda menyelesaikan masalah tersebut? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.