Cara Memperbaiki “Page Fault in Nonpaged Area” di Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Beberapa Blue Screens of Death (BSOD) sulit atau tidak mungkin untuk didiagnosis dan diperbaiki, sedangkan yang lain cukup mudah. Untungnya, BSOD Kesalahan Halaman sering kali dapat diperbaiki. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba.

Apa Penyebab PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA?

Ketika komputer Anda melakukan tugas, komputer Anda terus-menerus memuat program dan file masuk dan keluar dari Memori Akses Acak komputer Anda, yang lebih umum disebut RAM. Jika PC Windows Anda kehabisan RAM, atau program atau file tidak aktif untuk waktu yang lama, Windows akan mulai memindahkan sesuatu dari RAM ke hard drive atau SSD Anda. ‘Hal-hal’ tersebut disimpan di File Halaman.

Jika ada sesuatu yang mengganggu pembacaan atau penulisan ke file halaman (pagefile.sys)—atau langsung dengan RAM Anda sendiri—ada kemungkinan besar Anda akan mendapatkan Blue Screen of Death ( BSOD).

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah:

Driver atau layanan sistem yang salah Hard drive atau solid-state drive (SSD) yang rusak Perangkat lunak Antivirus yang tidak berfungsi Memori yang salah (RAM, Cache, atau VRAM)Mendiagnosis Masalah

Secara umum, langkah pemecahan masalah pertama Anda harus selalu fokus pada apa pun yang baru saja berubah pada PC Anda. Apakah Anda baru saja memperbarui driver, program, atau Windows? Apakah Anda menginstal perangkat keras baru? Jika Anda melakukannya — mulailah dari sana. Kembalikan driver yang Anda perbarui, hapus program, atau coba hapus instalan pembaruan Windows terbaru. Jika Anda memasang perangkat keras baru, lepaskan dan lihat apakah masalah masih berlanjut.

Advertisement

Jika Anda tidak yakin apa yang baru saja diubah, Anda perlu melakukan sedikit penggalian lagi.

Ketika Anda mendapatkan BSOD ini, sering kali BSOD ini menampilkan apa yang sedang berjalan pada saat itu. ada yang tidak beres pada baris “Apa yang Gagal”.

Jika BSOD Anda menampilkan sesuatu di sana, mulailah dengan Googling. Mungkin cukup untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar. Misalnya, jika hal yang gagal mengembalikan hasil untuk NVIDIA, Anda harus mulai dengan menginstal ulang atau memutar kembali driver grafis Anda.

Pemecahan Masalah Umum

Jika BSOD tidak memberi Anda petunjuk apa pun masalahnya, dan Anda tidak yakin apa diperbarui baru-baru ini, masalahnya menjadi lebih menantang untuk dipecahkan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba. Beberapa dari mereka mungkin membantu Anda mengetahui apa masalahnya, sementara yang lain mungkin memperbaikinya.

Hapus Perangkat Keras Baru

Jika Anda baru saja memasang perangkat keras baru dan komputer Anda tiba-tiba mulai mengalami BSOD, Anda harus mencoba melepas perangkat keras baru terlebih dahulu. Saat Anda melakukannya, pastikan komponen Anda yang lain terpasang dengan benar. Mungkin ada sesuatu yang terbentur selama penginstalan.

Periksa Peraga Peristiwa

Peraga Peristiwa persis seperti yang terdengar — ini memungkinkan Anda melihat peristiwa penting yang memengaruhi PC Anda. Acara diurutkan ke dalam beberapa kategori berbeda, seperti “Log Windows” dan “Log Aplikasi dan Layanan”, misalnya. Mereka juga diurutkan berdasarkan tingkat keparahannya: Informasi, Peringatan, dan Kesalahan.

Advertisement

Ada banyak informasi yang dikemas ke dalam Peraga Peristiwa, jadi mungkin ada baiknya membaca sedikit tentang apa itu dan cara kerjanya sebelum Anda langsung masuk.

In all kemungkinan, beberapa kesalahan yang menyebabkan BSOD akan ditemukan di Windows Logs > System.

Check melalui tab “Details”. Cobalah untuk mempersempit hasil Anda ke hal-hal yang terjadi bersamaan dengan BSOD.

Periksa Program yang Baru Diperbarui

Jika Anda telah menginstal driver khusus untuk CPU, GPU, kartu suara, adaptor jaringan, motherboard, atau komponen lain dari komputer Anda, mereka akan akan terdaftar di bagian “Aplikasi & Fitur” dari aplikasi Pengaturan. Anda dapat menggunakannya untuk menentukan apa yang baru saja diperbarui, dan mungkin menjelaskan apa yang menyebabkan masalah.

Klik tombol Mulai, ketik “aplikasi dan fitur” ke dalam bilah pencarian, lalu tekan Enter atau klik “Buka.” (Anda juga menuju ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi & Fitur untuk menemukan jendela ini.)

Catatan: Hasil pencarian akan menjadi “Aplikasi & Fitur,” bukan “Aplikasi dan Fitur,” tetapi siapa yang ingin mengetik ampersand (“dan ” tanda) kecuali mereka perlu?

Secara default, daftar program diurutkan berdasarkan abjad, tetapi kita perlu mengubahnya agar diurutkan berdasarkan tanggal pemasangan. Klik label “Name” di sebelah “Sort By” dan ubah ke “Install Date.”

Advertisement

Jika Anda melihat driver yang telah diperbarui sejak Anda melihat BSOD dimulai, coba instal versi lama, atau instal ulang yang sekarang. Antivirus

Anda Bahkan perangkat lunak antivirus terbaik pun terkadang membuat kesalahan. Itu tidak mungkin, tetapi ada kemungkinan bahwa antivirus Anda entah bagaimana mengganggu membaca dari atau menulis ke file paging, sehingga menyebabkan BSOD.

Cara paling sederhana untuk memeriksa apakah antivirus Anda bermasalah adalah dengan menonaktifkannya sementara. Jika crash berhenti, Anda telah menemukan pelakunya.

Memperbaiki masalah ini sedikit lebih sulit. Jika antivirus Anda salah, itu mungkin akibat dari perlindungan akses atau deteksi ancaman waktu nyata. Anda harus menambahkan pengecualian untuk keduanya untuk file paging Windows. Bagaimana tepatnya Anda melakukannya tergantung pada perangkat lunak antivirus yang Anda gunakan. Anda harus berkonsultasi dengan dokumentasi perangkat lunak khusus Anda untuk mengetahui detailnya.

Atau, Anda dapat menghapus antivirus pihak ketiga sepenuhnya dan membiarkan Microsoft Defender mengambil alih. Microsoft Defender berjuang untuk sementara waktu, tetapi telah sebagus opsi pihak ketiga selama beberapa tahun sekarang.

Catatan: Sangat tidak mungkin bahwa Microsoft Defender akan menyebabkan masalah seperti ini.

RELATED:Apa Antivirus Terbaik untuk Windows 10 dan 11? (Apakah Microsoft Defender Cukup Baik?)

Jalankan Memori (RAM) Test

Komponen komputer modern sangat kompleks, dan seperti semua hal, terkadang rusak. RAM Anda tidak terkecuali. Untungnya, ada beberapa tes yang dapat Anda lakukan untuk menentukan apakah RAM Anda rusak. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki RAM yang rusak. Anda dapat mencoba membersihkan kontak dan memasangnya kembali, tetapi mungkin tidak akan membantu. Anda harus menggantinya. Kabar baiknya adalah bahwa RAM tidak terlalu mahal, dan tersedia secara luas.

TERKAIT:Cara Meng-upgrade Atau Mengganti RAM

PC AndaPeringatan: Mengacak-acak bagian dalam komputer Anda dapat menyebabkan kerusakan permanen jika Anda tidak hati-hati dan tidak’ tidak tahu apa yang kamu lakukan. Jika Anda memutuskan untuk mengganti RAM Anda sendiri dan Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, pastikan Anda mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Ingatlah untuk bersikap lembut. Komputer tidak terbuat dari kaca (lagi), tetapi biasanya juga tidak dirancang untuk tahan lama.

Mengganti RAM pada PC desktop cukup mudah dan tidak memakan waktu lebih dari beberapa menit. Laptop adalah cerita yang berbeda — mereka jauh lebih sulit untuk dibuka dan digunakan, dan dalam beberapa kasus RAM terpasang secara permanen ke motherboard. Jika laptop Anda memiliki RAM yang terpasang secara permanen, Anda harus memperbaikinya oleh pabrikan atau profesional. SSD. Terkadang korupsi terjadi karena kesalahan perangkat lunak, di lain waktu terjadi karena masalah perangkat keras. Windows dilengkapi dengan alat yang dirancang khusus untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah dengan hard drive atau SSD: Check Disk Utility.

Check Disk, biasanya disebut menanyakan Chkdsk, dapat memperbaiki beberapa masalah dasar, dan membantu mengurangi masalah yang lebih parah. Jika ada masalah dengan sistem file, atau ada sektor yang rusak karena kesalahan perangkat lunak, itu mungkin dapat memperbaikinya sepenuhnya. Jika hard drive Anda memiliki sektor yang rusak karena kerusakan fisik, hal yang paling dapat dilakukan adalah mencegahnya digunakan di masa mendatang.

Sektor yang rusak atau masalah dengan sistem file dapat menyebabkan BSOD; menjalankan Chkdsk dapat memperbaiki masalah sepenuhnya.

TERKAIT: Cara Memperbaiki Masalah Hard Drive dengan Chkdsk di Windows 7, 8, dan 10

Seperti halnya sebagian besar bagian komputer, pada dasarnya tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki hard drive atau SSD yang rusak, Anda hanya perlu untuk menggantikannya. Jika Anda menemukan bahwa drive Anda gagal, pastikan untuk mencadangkan semua informasi penting yang mungkin telah Anda simpan di dalamnya. Hard drive dapat gagal total kapan saja dan membuat Anda tidak dapat memulihkan file penting.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki “Page Fault in Nonpaged Area” di Windows, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.