Cara Memperbaiki Pengontrol PS4 Yang Tidak Mengisi Daya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pengontrol adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah konsol, dan desain pengontrol PlayStation telah berubah secara dramatis selama bertahun-tahun. DualShock 4 telah menjadi pengontrol favorit bagi para gamer di seluruh dunia.

Pengontrol PS4 dapat digunakan secara nirkabel atau melalui colokan USB. Terkadang tidak mengisi daya, jadi menggunakannya tidak mungkin. Ada berbagai alasan mengapa itu tidak mengisi daya. Baca terus untuk mengetahui apa itu dan apa yang harus dicoba untuk memperbaikinya. Pengontrol

PS4 Tidak Menahan Pengisian Daya

Ketika pengontrol PS4 Anda menolak untuk mengisi daya, Anda mungkin menghadapi masalah fisik atau perangkat lunak. Berikut adalah beberapa penyebab umum.
Masalah PlayStationMasalah kabelPort USB rusakMasalah perangkat keras
Konsol mungkin mengalami bug yang mencegahnya mengisi daya pengontrol Anda. Hal ini dapat diatasi dengan siklus daya, menyetel ulang, lalu memperbarui konsol.

Kabel USB dapat aus atau rusak, karena seiring waktu, kabel akhirnya gagal. Selain itu, beberapa kabel pihak ketiga tidak cocok untuk mengisi daya pengontrol PS4.

Port Anda mungkin rusak, jadi coba sambungkan ke yang lain.

Mungkin baterai atau port pengisian daya tidak berfungsi. Untungnya, mudah untuk mengganti salah satu bagian.

PS4 Pengontrol Tidak Mengisi & Tidak Ada Cahaya

Setelah Anda menghubungkan pengontrol PS4 ke konsol untuk mengisi daya, bilah lampu perlahan akan memudar antara putih dan kuning untuk menunjukkan bahwa pengontrol sedang diisi daya. Jika ini tidak terjadi, berarti tidak terjadi apa-apa.

Terkadang pengontrol mungkin mengalami kesulitan mengisi daya langsung dari konsol, tetapi Anda dapat mencoba mencolokkannya ke perangkat lain, seperti komputer, untuk membantu mempersempit penyebabnya. Jika pengisian daya masih tidak berhasil menggunakan sumber lain, Anda akan mengesampingkan konsol sebagai penyebabnya.

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda pertimbangkan untuk dicoba.

Tukar Kabel Pengisi Daya

Masalahnya mungkin pada kabel. Coba kabel lain, atau kabel yang sama untuk mengisi daya pengontrol lain, jika memungkinkan. Selain itu, cari tanda-tanda fisik kerusakan, seperti kabel yang berjumbai atau kotoran yang menumpuk di steker.

Periksa Port Pengisian Daya

Debu atau kotoran yang menumpuk dapat mengganggu aliran daya dan mencegah pengontrol Anda mengisi daya. Coba bersihkan debu menggunakan udara bertekanan lalu gunakan kain mikrofiber. Anda juga dapat menggunakan tusuk gigi kayu atau sikat lembut.

Jika membersihkan port tidak membantu dan Anda yakin port yang bermasalah, maka satu-satunya perbaikan lainnya adalah mengganti port. Begini caranya.
Membongkar pengontrol.Lepaskan papan port pengisian daya.Lepaskan kabel yang menghubungkan papan port pengisian daya ke papan utama.Pasang port baru.
Prosesnya relatif mudah. Namun, Anda harus memastikan port pengisian daya rusak terlebih dahulu untuk menghindari pemborosan waktu dan uang. Coba letakkan pengontrol terbalik untuk mengisi daya. Ini membantu membersihkan debu dari port pengisian daya. Atau, jika ada pemutusan di dalam kabel, posisi terbalik dapat berfungsi sebagai perbaikan sementara.

Reset Pengontrol

Kadang-kadang, bug acak dapat merusak koneksi antara konsol dan pengontrol. Pertama, coba atur ulang perangkat Anda.NbspMatikan PlayStation 4.Putuskan sambungan pengontrol dan PS4.Di bagian belakang pengontrol, di bawah “L2”, temukan tombol “reset”. Ambil pin atau alat serupa untuk menekan tombol tombol di dalam, lalu tahan setidaknya selama lima detik. Sambungkan kembali pengontrol ke konsol menggunakan kabel USB. Colokkan PS4, lalu tekan tombol PS.
Jika ini berhasil, bilah lampu depan akan berubah menjadi biru, lalu perlahan beralih di antara putih dan kuning. Jika tidak, lanjutkan ke perbaikan berikutnya.

Perbaiki Controller

Ikuti langkah-langkah ini untuk mencoba memperbaiki controller.
Power di PS4 Anda.Buka “Pengaturan” dan “Perangkat.” Pilih “Matikan perangkat”.Matikan konsol.Untuk mengatur ulang kontroler, gunakan pin untuk menekan tombol reset setidaknya selama lima detik. Nyalakan konsol, lalu sambungkan pengontrol menggunakan kabel USB. Tekan tombol PS pada pengontrol, lalu coba isi daya pengontrol lagi.
Reset dan Perbarui

Masih belum berhasil ? Selanjutnya, kami akan menggabungkan solusi di atas untuk pendekatan yang lebih komprehensif.
Switch di PS4. Pilih “Pengaturan,” lalu “Perangkat.” Pilih “Matikan perangkat.” Anda akan dibawa ke layar yang menampilkan opsi untuk mematikan “Semua” periferal atau yang tertentu. Pilih “Semua.” Gunakan tombol daya untuk mematikan konsol. Cabut konsol setidaknya selama satu menit, lalu tekan lama tombol daya setidaknya selama 30 detik.Gunakan pin untuk menekan tombol reset pada pengontrol.Hubungkan pengontrol ke konsol menggunakan colokan USB.Nyalakan PS4. Buka “Pengaturan”, lalu pilih “Pembaruan Perangkat Lunak Sistem.” Jika opsi untuk “Perbarui Sekarang” tersedia, pilih opsi tersebut. Klik “Berikutnya” setelah pembaruan diunduh. Izinkan konsol melakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pembaruan.
Once pembaruan selesai, coba isi ulang controller.

Catatan: Firmware PS4 tidak perlu diperbarui seperti pengontrol Xbox.

Ganti Baterai

Jika Anda menggunakan pengontrol PS4 untuk waktu yang lama, bisa jadi baterai pengontrol Anda mungkin telah kehilangan tanggung jawab mereka. Pertimbangkan untuk menggantinya dengan baterai PS4 baru untuk melihat cara kerjanya.

FAQ
Haruskah pengontrol PS4 saya menyala saat mengisi daya?

Bar lampu akan perlahan memudar antara putih dan kuning saat mengisi daya. Setelah selesai, lampu akan padam. Bilah lampu akan berkedip oranye perlahan saat pengisi daya dalam mode istirahat.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan pengontrol PS4 untuk mengisi daya?

Pengontrol PS4 membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk terisi penuh saat baterai benar-benar mati.
Bagaimana cara membuat pengontrol PS4 saya bertahan lama lebih lama?

Inilah cara Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai pada pengontrol PS4 Anda di antara pengisian daya.

Menonaktifkan getaran

Meskipun ini mungkin sedikit mengurangi pengalaman bermain game Anda, mematikan getaran adalah penghemat baterai terbaik. Berikut cara menonaktifkan getaran.

• Buka “Pengaturan”, “Perangkat”, “Pengontrol”, dan “Aktifkan getaran”, lalu batalkan pilihan kotak.

Kurangi bar

lampu Kurangi kecerahan pada bilah lampu.

• Buka “Pengaturan, ” “Perangkat”, dan “Kecerahan”, lalu kurangi kecerahan dengan menyetelnya ke pilihan terendah.
Dapatkah saya mengisi daya pengontrol PS4 saya dari stopkontak di dinding?

Ya, pengontrol PS4 Anda dapat diisi daya melalui pengisi daya dinding USB. Pertama, periksa keluaran pengisi daya untuk memverifikasi kompatibilitasnya.

DualShock 4 Kini Terisi Penuh

Dibandingkan dengan DualShock 3, fitur DualShock 4 telah ditingkatkan secara signifikan. Mungkin itu sebabnya terkadang menolak untuk menagih; begitu banyak tekanan ditempatkan pada perangkat kecil seperti itu. Untungnya, dengan masalah umum, mungkin ada solusi umum. Dan ketika bilah lampu mengonfirmasi bahwa pengontrol tidak mengisi daya, ada beberapa kiat pemecahan masalah untuk dicoba.

Pertama, singkirkan di mana masalahnya. Coba kabel USB lain atau gunakan kabel USB yang sama dan coba port lain. Penyebab umum termasuk kabel USB yang rusak, port yang tersumbat, atau jika Anda telah menggunakan baterai untuk sementara waktu, mungkin perlu diganti. Secara umum, alasannya harus sederhana untuk diperbaiki.

Apa yang mencegah pengontrol Anda mengisi daya, dan apakah Anda dapat memperbaikinya? Beri tahu kami apa yang Anda lakukan untuk membuat pengontrol Anda mengisi daya lagi di bagian komentar di bawah.