Cara Memperbaiki Pengontrol Xbox Series X Yang Terus Berkedip Seri

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda siap untuk sesi permainan yang panjang. Anda akhirnya punya waktu dan siap untuk menendang kembali dan memainkan game Xbox favorit Anda sampai matahari terbit. Hati Anda tenggelam saat Anda mengambil pengontrol Xbox dan melihatnya berkedip.

Jangan khawatir, tidak ada alasan untuk panik. Ini bukan peristiwa bencana tetapi masalah yang mudah diselesaikan. Artikel ini akan membahas beberapa alasan umum mengapa pengontrol Anda berkedip, bersama dengan perbaikan untuk masing-masingnya.

Memperbaiki Pengontrol Xbox Series X yang Terus Berkedip

Pengontrol Seri X yang berkedip disebabkan oleh salah satu dari dua faktor yang berbeda, sehingga masalahnya dapat mudah didiagnosis. Penyebab yang biasa adalah baterai yang lemah atau mati, atau menjadi tidak berpasangan dari konsol. Atau bisa juga kombinasi dari keduanya. Kami akan membahas ini dan situasi lain yang mungkin terjadi, jadi apa pun skenario ini yang menyebabkan pengontrol Anda berkedip, masing-masing dapat dengan mudah diperbaiki.

Periksa Baterai Pengontrol

Baterai yang lemah atau habis sepenuhnya bisa menjadi alasan pengontrol Anda berkedip. Jika baterai lemah, itu berarti sinyal pengontrol Anda juga lemah. Anda dapat mengganti baterai atau mencolokkan pengontrol dan menunggu hingga terisi penuh.

Saat mengganti baterai, Anda hanya boleh menggunakan baterai AA alkaline yang memiliki penunjukan LR6. Ini dapat diisi ulang; namun, mereka tidak mengisi ulang saat berada di pengontrol. Anda harus mengisi ulang baterai dengan mengikuti rekomendasi pabrikan.

Untuk memasang baterai baru di pengontrol Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Di satu tangan, pegang pengontrol secara terbalik.Dengan ibu jari Anda di sisi yang berlawanan, tekan penutup baterai dan dorong ke dalam arah panah.Setelah penutup dilepas, ganti baterai dengan memperhatikan simbol “-” dan “+” untuk memastikan mereka terpasang dengan benar.Ganti penutup baterai dengan menggesernya kembali ke tempatnya.
Penting untuk memastikan bahwa baterai telah terpasang dengan benar. Perhatikan juga, periksa untuk memastikan kontak baterai tidak bengkok, cacat, atau berkarat.

Anda dapat memeriksa kekuatan baterai pengontrol dengan menekan tombol Xbox dan melihat di sudut kanan atas layar Anda. Di sana Anda akan melihat ikon baterai yang menunjukkan kekuatan baterai saat ini.

Periksa Rentang Pengontrol

Mungkin pengontrol Anda terlalu jauh dari konsol game. Coba bergerak lebih dekat untuk melihat apakah itu berhenti berkedip. Kemungkinan lain adalah bahwa perangkat lain mengganggu koneksi. Oven microwave, perute nirkabel, dan perangkat lain dapat memblokir proses sinkronisasi. Periksa area permainan untuk hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan.

Terlalu Banyak Perangkat yang Terhubung

Apakah Anda baru-baru ini mengadakan pesta permainan dengan teman-teman Anda di mana mereka memasangkan pengontrol mereka dengan konsol Anda? Konsol Xbox dapat menampung hingga delapan pengontrol berbeda. Jika Anda memiliki lebih dari delapan pengontrol yang disinkronkan ke konsol, Anda harus melepaskan satu atau lebih pengontrol agar dapat terhubung.

Memasang pasangan pengontrol adalah proses yang mudah. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut:
Tahan tombol “Sinkronkan” di bagian depan pengontrol hingga tombol Xbox mulai berkedip.Tunggu hingga Anda merasakan pengontrol bergetar dua kali.
Pastikan Pengontrol Anda Dipasangkan dengan Benar

Penyebab umum lainnya untuk pengontrol yang berkedip bisa jadi tidak lagi dipasangkan dengan konsol Anda. Jika Anda membawanya ke tempat sesama pemain game dan memasangkannya ke perangkatnya, Anda harus menyinkronkan ulang pengontrol ke konsol Anda. Ada dua metode untuk memasangkan pengontrol Anda.

Metode pertama adalah menghubungkan pengontrol ke konsol Anda dengan kabel micro-USB. Koneksi terprogram seperti ini akan langsung memasangkan pengontrol Anda. Ini akan memberikan koneksi yang lebih aman, dan Anda akan memiliki lebih sedikit masalah dengan pengontrol Anda.

Anda juga dapat memasangkan pengontrol Anda menggunakan metode nirkabel. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Nyalakan pengontrol Anda dengan menekan dan menahan tombol “Xbox” hingga berkedip. Jika tetap menyala, pengontrol Anda sudah dipasangkan. Jika lampu tidak menyala, cari dan tekan tombol “Pasangkan” yang terletak di bagian depan pengontrol. Di konsol Xbox Series X, tekan tombol “Pasangkan”. Itu terletak di sisi kanan depan perangkat, tepat di atas port USB. Anda memiliki waktu 20 detik untuk menekan dan menahan tombol “Pasangkan” pada pengontrol. Lampu akan berkedip saat mencari konsol. Setelah dipasangkan, lampu Xbox akan tetap menyala.
Coba Perbarui Firmware Xbox Anda

Pengontrol Xbox Anda secara otomatis menerima pembaruan setiap enam bulan atau lebih. Namun, jika pengontrol Anda berkedip dan Anda telah mencoba semua saran lain yang kami tawarkan, mungkin memperbarui firmware Anda adalah solusinya. Berikut cara melakukannya:
Pada pengontrol Anda, tekan dan tahan tombol “Panduan”. Saat diminta di monitor Anda, tekan tombol “A”. Pilih “Perbarui Pengontrol.” Setelah pembaruan selesai, pilih “Berikutnya.”
Mulai Ulang Konsol Xbox Anda

Jika semuanya gagal, matikan pengontrol Anda. Matikan konsol Anda dan cabut kabel daya. Tunggu beberapa menit sebelum mencolokkan kabel daya konsol dan menyalakannya kembali. Nyalakan pengontrol Anda. Terkadang hard reset sederhana akan berhasil.

Hubungi Dukungan Pelanggan Xbox

Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat mencoba menghubungi Dukungan Pelanggan Xbox. Jika konsol Anda masih dalam garansi, mereka mungkin dapat membantu Anda memperbaiki atau menggantinya.

A Pengontrol Xbox Berkedip Mencoba Memberitahu Anda Sesuatu

A pengontrol berkedip mencoba menarik perhatian Anda dan memperingatkan Anda tentang suatu masalah. Biasanya baterai lemah atau karena pengontrol tidak lagi dipasangkan. Mengisi ulang atau mengganti baterainya biasanya berhasil. Jika tidak, memasangkan pengontrol ke konsol Anda lagi dapat menyelesaikan masalah. Pastikan Anda memiliki kurang dari delapan pengontrol yang dipasangkan dan pastikan tidak ada perangkat nirkabel lain di sekitar Anda yang dapat menyebabkan gangguan.

Apakah pengontrol Xbox Anda mulai berkedip? Apakah Anda memecahkan masalah dengan menggunakan salah satu rekomendasi dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.