Cara Memperbaiki Steam Tidak Dapat Menyinkronkan File

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Steam adalah solusi yang sangat baik untuk mendistribusikan game dan memelihara server apa pun yang terkait dengan game ini. Ini memiliki banyak koleksi di mana pengguna dapat membeli game dan memainkannya dengan nyaman melalui klien Steam. Namun, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa gangguan yang bisa sangat membuat frustasi untuk ditemui.

 Jika Anda mengalami masalah saat menyinkronkan file Steam, kami siap membantu. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa perbaikan cepat untuk membantu menyelesaikan masalah sehingga Anda dapat kembali menyinkronkan file game dengan mulus. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Memperbaiki Steam Tidak Dapat Menyinkronkan File

Tidak dapat menyinkronkan file Anda di Steam mungkin karena beberapa alasan. Penyebab utama kesalahan adalah data pengguna, konfigurasi, atau file preferensi yang rusak. Dalam kasus lain, mungkin Anda mencoba menyinkronkan file game berbahaya. Dan dalam kasus sporadis, masalahnya mungkin pada server Steam.

Apa pun penyebabnya, berikut adalah beberapa perbaikan cepat untuk membantu Anda membuat Steam menyinkronkan file Anda lagi:

Periksa Status Server Steam

Terkadang server Steam mungkin mengalami downtime karena lalu lintas tinggi, di antaranya masalah teknis lainnya. Anda mungkin akan mengalami masalah saat menyinkronkan file Anda jika itu terjadi. Untuk memeriksa apakah itu masalahnya, buka halaman status server Steam, dan jika server sedang down, tunggu beberapa jam hingga tim Steam menyelesaikan masalah dari ujungnya.

Jika tidak, jika server Steam sedang berjalan, Anda mungkin ingin untuk mencoba perbaikan lain yang disebutkan di bawah ini.

Periksa Integritas Game Anda

Terkadang, file game Anda dapat rusak saat memperbarui atau mengunggahnya ke cloud Steam. Akibatnya, Steam tidak akan mengizinkan Anda untuk menyinkronkan file yang rusak ini ke cloud mereka. Untuk melihat apakah file Anda rusak, Anda dapat mencoba memverifikasi integritasnya menggunakan langkah-langkah berikut:
Luncurkan aplikasi Steam. Arahkan ke “LIBRARY.” Pilih tab “Games”. Klik kanan game yang filenya tidak dapat disinkronkan. Dari pilihannya, pilih “Properties” dan buka tab “LOCAL FILES”. Tekan tombol “Verify integrity of game files” dan periksa apakah masalah teratasi setelah proses verifikasi selesai.
Selama proses verifikasi, semua file game yang rusak harus diganti dengan file yang diautentikasi, sehingga menyelesaikan masalah.

Nonaktifkan Sementara Firewall

A firewall cenderung memblokir program apa pun yang dapat membahayakan komputer Anda. Namun, dengan melakukan itu, itu dapat mengganggu eksekusi program yang aman. Berikut cara mematikan fitur:
Di bilah pencarian komputer Anda, cari “Windows Defender Firewall” dan buka aplikasi. Dari bilah sisi kiri, klik opsi “Aktifkan atau nonaktifkan firewall windows”. Pilih tombol radio yang bertuliskan “Matikan Windows Defender Firewall (tidak disarankan).” Periksa untuk melihat apakah file Anda sekarang disinkronkan di Steam.
Singkirkan File ClientRegistry.blob File

File ClientRegistry.blob biasanya menyimpan pengaturan preferensi Anda, serta pengaturan game lainnya. Sesekali, file mungkin rusak, sehingga sulit untuk menyinkronkan file game lokal Anda ke cloud Steam. Dalam hal ini, cara terbaik Anda adalah menghapus file sepenuhnya. Inilah cara melakukannya:
Buka task manager dan akhiri semua proses yang berhubungan dengan Steam. Buka file explorer dan buka “Local Disk (C :).” Kemudian “Program System Files (X86).” Akhirnya buka “Steam ” folder. Pilih dan hapus file “clientregistry.blob” dan mulai ulang aplikasi Steam dan masuk kembali ke akun Anda untuk melihat apakah masalah telah teratasi. direktori instalasi ditempatkan. Jika Anda memiliki direktori instalasi Steam di disk lain, buka disk tersebut untuk menemukan folder Steam sehingga Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan.

Refresh Steam Files

Menyegarkan file Steam memungkinkan penghapusan semua file yang rusak. File-file ini kemudian digantikan oleh versi yang tidak rusak, sehingga menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan menyinkronkan file Anda.

Untuk menyegarkan file Steam Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Luncurkan “Task Manager” dan akhiri semua proses yang terkait dengan Steam. Buka “Local Disk (C :)” lalu “Program Files (X86)” dan akhirnya buka direktori Steam. Pilih semua file dan folder kecuali “steamapps” atau “steam.exe.old,” dan klik kanan pada file yang dipilih. Pilih “Hapus” dan nyalakan ulang komputer dan periksa apakah masalah telah teratasi.
Hapus Folder Data Pengguna

Folder data pengguna berisi info akun Anda, di antara detail pengguna lainnya. Terkadang, file ini mungkin rusak, dan Anda akan mengalami kesalahan saat mencoba menyinkronkan file Anda ke cloud Steam. Begini cara melakukannya:
Buka Task Manager.Hentikan semua proses yang terkait dengan Steam. Untuk menghentikan proses di Task Manager, cukup klik proses dan pilih “Steam.” Klik tombol “End task” di bagian bawah jendela. Buka File Explorer. Buka “Local Disk (C :)” lalu “Program Files (X86)” dan pilih direktori “Steam”. Dari file yang terdaftar, klik kanan pada “userdata” dan hapus. Tekan “Delete,” dan mulai ulang aplikasi Steam untuk melihat apakah masalah telah terpecahkan.
Perbaiki Perpustakaan Steam Folder

Jika perbaikan di atas tidak berhasil, masalahnya mungkin terletak pada folder perpustakaan Steam Anda. Berikut cara memperbaikinya:
Buka aplikasi Steam. Arahkan ke “View.” Kemudian klik “Downloads.” Klik ikon pengaturan di sudut kanan atas layar. Klik “FOLDER PERPUSTAKAAN STEAM.” Klik pada tiga titik terhadap bilah kemajuan penyimpanan. Izinkan Steam untuk menyelesaikan perbaikan dan klik “TUTUP.”
Memperbaiki Kesalahan ini untuk CSGO

Jika Steam tidak mengizinkan Anda untuk menyinkronkan file game CSGO Anda, maka masalahnya mungkin pada integritas file. Berikut cara memperbaiki file Anda:
Luncurkan aplikasi Steam. Buka “LIBRARY” dan pilih tab “Games”. Klik kanan “CSGO.” Kemudian pilih opsi “Properties”. Buka tab “LOCAL FILES”. Klik tombol “Verifikasi integritas file game”. Anda sekarang dapat memeriksa apakah masalah telah teratasi setelah proses verifikasi selesai.
Jika integritas file Anda diverifikasi dan Anda masih menghadapi masalah yang sama, coba salah satu perbaikan berikut :
Hapus folder data pengguna.Refresh file Steam.Singkirkan file ClientRegistry.blob.Perbaiki Folder Perpustakaan Steam.Periksa apakah server Steam sedang online.Nonaktifkan firewall atau Antivirus Anda.
Perbaiki Kesalahan ini untuk Elden Ring

Jika tidak dapat menyinkronkan file game Elden Ring Anda di Steam, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka aplikasi Steam. Buka “LIBRARY” dan klik tab “Games and software”. Klik kanan pada “Elden Ring.” Pilih opsi “Properties” .Buka tab “LOCAL FILES”. Klik tombol “Verify integrity of game files” dan periksa apakah masalah teratasi setelah proses verifikasi selesai.
Memperbaiki Kesalahan ini untuk Dota 2

Untuk dapat menyinkronkan file game Dota 2 Anda lagi, periksa integritas game dengan mengikuti langkah-langkah ini:
Mulai aplikasi Steam.Buka “PERPUSTAKAAN” dan pilih tab “Game”. Klik kanan “Dota 2.” option.Kemudian pilih opsi “Properties”. Buka tab “LOCAL FILES”. Klik tombol “Verify integrity of game files”. Periksa apakah masalah teratasi setelah proses verifikasi selesai.
Catatan: Coba perbaikan lain yang disebutkan dalam artikel karena berfungsi untuk semua game.

Dapatkan Sinkronisasi File Steam Anda Lagi

Kegagalan Steam untuk menyinkronkan file terkadang dapat mengganggu, tetapi untungnya Anda bisa memperbaikinya. File yang rusak biasanya menyebabkan masalah ini, dan menyingkirkan file yang rusak biasanya menyelesaikan masalah. Terlepas dari itu, kami berharap salah satu perbaikan di atas telah membantu dan Steam sekarang menyinkronkan file Anda lagi.

Pernahkah Anda mengalami Steam tidak dapat menyinkronkan file game Anda? Bagaimana Anda menyelesaikan masalah tersebut? Silakan bagikan dengan kami perbaikan yang Anda coba di bagian komentar di bawah.