Cara Memperbaiki Windows Tidak Dapat Diinstal ke Kesalahan Disk Ini

Menginstal ulang Windows bisa menjadi proses yang memakan waktu, penuh dengan rintangan. Beberapa orang mungkin beruntung dan tidak menerima satu pesan kesalahan pun dalam prosesnya, sementara yang lain perlu menyelesaikan beberapa masalah.

Meskipun banyak yang bisa salah, ada beberapa pesan “Windows tidak dapat diinstal ke disk” yang lebih umum daripada others.

Untungnya, ada cara untuk memperbaiki masalah ini dan melanjutkan instalasi Windows. Apakah Anda mencoba untuk memindahkan Windows ke SSD yang baru diinstal atau mengalami masalah dengan gaya partisi, kami dapat membantu Anda menemukan solusi.

Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk Ini GPT

Kesalahan “Disk yang dipilih memiliki gaya partisi GPT” muncul karena komputer Anda dirancang untuk diatur dalam Basic Input/Output System atau mode BIOS.

Tetapi hard drive tempat Anda mencoba menginstal Windows dipartisi dalam GPT, yang berjalan pada Unified Extensible Firmware Interface atau UEFI.

Satu-satunya cara untuk menyelesaikannya masalah ini adalah untuk mengubah GUID Partition Table atau disk GPT ke Master Boot Record dari MBR. Inilah yang harus Anda lakukan:
Ketika Anda melihat kesalahan “Disk yang dipilih memiliki gaya partisi GPT” di layar Anda, buka Command Prompt. Masukkan perintah “diskpart” dan tekan Enter. Ketik perintah “list disk” dan tekan Enter lagi .Ketik “pilih disk #” dan tekan Enter. Pastikan untuk mengganti “#” dengan nomor disk gaya partisi GPT. Ketik “bersih” dan tekan Enter diikuti oleh “convert mbr” dan Enter.
Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk Ini MBR

Banyak pengguna menemukan “Disk yang dipilih adalah dari MBR partisi style” ketika mereka mencoba menginstal Windows 10, 8, atau 7.

Itu terjadi ketika Anda mencoba mengatur Windows di UEFI, tetapi hard drive Anda tidak diatur untuk mendukungnya. Pada dasarnya, disk yang dipilih memiliki GPT, bukan gaya partisi MBR.

Kabar baiknya adalah Anda dapat mengubah konfigurasi boot UEFI melalui BIOS. Begini caranya:
Nyalakan ulang komputer Anda dan mulai mode BIOS. Perhatikan bahwa prosesnya dapat bervariasi tergantung pada pabrikannya, tetapi “Hapus + F10” adalah pintasan standar. Buka “Boot Devices” di BIOS dan pilih urutan boot yang mengubah drive DVD dari UEFI ke Legacy Mode. Pastikan untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS. Nyalakan ulang komputer Anda dan coba proses instalasi Windows lagi.
Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk ini SSD

Jika Anda memiliki Solid State Drive (SSD) baru di komputer Anda, memindahkan Windows pasti akan meningkatkan kecepatan dan kinerja.

Tapi Anda mungkin mengalami situasi di mana BIOS atau pengaturan Windows tidak mengenali SSD. Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sambungan kabel ke SSD.

Anda mungkin perlu mengganti lampiran teknologi lanjutan serial atau kabel SATA yang digunakan dengan SSD. Penting juga untuk memeriksa apakah port SATA diaktifkan, yang dapat Anda periksa secara manual dengan masuk ke mode BIOS dan pengontrol dan detail drive.

Namun, jika masalah berlanjut, Anda harus menggunakan fungsi Command Prompt untuk memperbaiki masalah. Caranya:
Luncurkan Command Prompt dengan mencarinya di toolbar utama Windows. Ketik “diskpart” diikuti dengan tombol Enter.Masukkan “list disk #” dan ganti nomor disk, lalu tekan Enter.Enter “clean all” dan tekan Enter lagi .Ketik “keluar,” tutup Command Prompt.Kembali ke pengaturan Windows.
Jangan lupa untuk mencadangkan informasi berharga apa pun dari SSD sebelum melalui proses ini, karena ini akan menghapus semua data yang Anda miliki di dalamnya.

Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk Ini Disk Mungkin Segera Gagal

Jika Anda mencoba menginstal ulang Windows 10 atau 11 untuk memastikan kinerja yang lebih baik, meningkatkan sistem, atau menyingkirkan malware, Anda mungkin menemukan kesalahan yang aneh.

Sebuah jendela pop-up mungkin muncul memberi tahu Anda bahwa “ Windows tidak dapat diinstal ke disk ini. Disk mungkin akan segera rusak.” Kesalahan akan meminta Anda untuk mempertimbangkan disk lain untuk penginstalan Windows, tetapi ada cara untuk mengatasi masalah ini.

Anda dapat mencoba memecahkan masalah ini dengan utilitas Windows CHKDSK (check disk). Itu dirancang untuk menangkap kesalahan dan menyelesaikannya. Prosesnya mudah, dan ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Buka bilah pencarian desktop Anda dan ketik “CHKDSK.” Klik kanan pada hasil dan pilih “Run ad Administrator.”
Anda juga dapat melakukan pemeriksaan yang sama menggunakan Command Prompt dengan meluncurkannya dan memasukkan “CHKDSK.”

Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk Ini NTFS

Beberapa pengguna mengalami kesalahan “Windows harus diinstal ke partisi NTFS” ketika mencoba menginstal Windows ke lokasi tertentu.

Ini berarti bahwa partisi boot Anda tidak diatur dengan benar, dan Anda mungkin perlu mengonversi beberapa sistem file lama ke Sistem File Teknologi Baru atau drive NTFS.

Dengan banyak masalah gaya partisi lainnya, solusi paling efisien adalah menggunakan manajemen DiskPart. Dalam kasus khusus ini, prosedur itu memerlukan langkah-langkah berikut:
Buka Command Prompt dan ketik “diskpart” dan tekan Enter. Ketik “pilih disk #” tekan Enter dan ketik “daftar partisi” dan tekan Enter. Ketik “pilih partisi #” diikuti dengan tombol Enter. Ketik “format fs=ntfs quick” dan tekan tombol Enter untuk memulai konversi sistem file.
Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk Ini 0x803

“Error 0x80300024” adalah sesuatu yang ditemui banyak pengguna Windows saat menginstal versi operasi yang lebih baru system.

Sekali lagi, masalah ini menunjukkan masalah dengan gaya partisi atau volume. Namun, penting juga untuk memeriksa apakah komputer Anda memiliki persyaratan minimal dalam hal perangkat keras dan memang dapat mendukung peningkatan Windows. Jika itu bukan masalah, Anda dapat mencoba beberapa solusi lain.

Kesalahan ini dapat disebabkan oleh hard drive lain yang terhubung ke komputer Anda. Mereka mungkin mengganggu proses penginstalan Windows, jadi pastikan untuk memutuskannya.

Selain itu, menginstal Windows baru menggunakan salah satu port USB di komputer Anda mungkin menjadi akar masalahnya. Coba setiap port USB untuk menghilangkan kemungkinan salah satu port yang menyebabkan masalah.

Akhirnya, partisi hard drive mungkin berisi beberapa data yang rusak, yang mencegah penginstalan Windows. Satu-satunya solusi yang ada adalah memformat disk tempat Anda ingin menginstal Windows.

Ini adalah proses yang cukup sederhana, tetapi Anda harus mencadangkan semua data yang ada di disk – jika tidak, data akan hilang secara permanen. Jika Anda ingin menghapus data atau sudah menyimpannya, inilah yang perlu Anda lakukan:
Klik kanan pada disk tempat instalasi Windows akan pergi. Pilih opsi “Format” dan konfirmasi. Pilih opsi “Berikutnya” ketika disk diformat untuk melanjutkan penginstalan Windows.
Menginstal Windows Tanpa Hitch

Jika Anda pernah mencoba menginstal ulang versi Windows saat ini atau menginstal yang baru, Anda mungkin tahu bahwa kesalahan bukanlah hal yang tidak biasa. Namun, mencoba mencari tahu apa yang salah dan bagaimana memperbaikinya bisa membuat frustasi.

Untungnya, masalah yang paling sering terjadi relatif mudah diselesaikan dengan masuk ke mode BIOS atau menggunakan perintah di Command Prompt. Terkadang ini adalah masalah perangkat keras, dan Anda harus memeriksa port USB, kabel, dan bahkan memformat disk untuk menghapus file yang rusak.

Pernahkah Anda mengalami kesalahan saat menginstal Windows? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.