Cara memperbaiki ‘Windows tidak dapat mengakses komputer’ Kode Kesalahan 0x80004005

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Windows OS diposisikan sebagai sistem operasi ramah perusahaan dengan berbagai fitur untuk mendukung kelompok kerja dan berbagi file dan sumber daya fisik. Namun, terlepas dari fokus ini, sistem operasi unggulan ini tampaknya berusaha keras untuk menghasilkan pesan kesalahan samar dan memusuhi pengguna untuk masalah umum.

Pesan kesalahan ini selalu membuat pemecahan masalah menjadi lebih rumit daripada yang seharusnya. Selain itu, Microsoft cenderung menambahkan lapisan kebingungan dan frustrasi bagi pengguna yang cerdas tetapi tidak mendalami komputer—orang-orang yang mungkin dapat memperbaiki masalah jika mereka mengetahui sesuatu tentang penyebabnya.

Salah satu pelanggar yang lebih parah adalah kode kesalahan Windows 0x80004005. Kesalahan ini umumnya terjadi selama upaya gagal untuk menggunakan sumber daya bersama melalui jaringan, seperti hard drive jaringan bersama. Sintaks yang biasa untuk kesalahan ini adalah sesuatu di sepanjang baris “Windows tidak dapat mengakses Komputer1, Periksa ejaannya … Kode kesalahan 0x80004005 Kesalahan yang tidak ditentukan.”

Tentu saja, pesan yang sangat membantu di layar seseorang ini tidak memberi tahu mereka apa-apa. Akibatnya, mungkin sulit untuk memecahkan masalah kesalahan ini.

Namun, jangan khawatir. Beberapa metode digunakan untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini membahas mendiagnosis dan memecahkan masalah mendasar yang mungkin diwakili oleh kode kesalahan 0x80004005.

Apa Penyebab Kode kesalahan 0x80004005?

Sayangnya, mendiagnosis penyebabnya tidak sesederhana yang kita inginkan. Ada beberapa perilaku yang dapat memicu kode kesalahan 0x80004005. Namun, kami telah membuat daftar ini untuk membantu mempersempitnya:

Perbaikan Cepat untuk Kesalahan ‘Windows Tidak Dapat Mengakses Komputer’ 0x80004005

Ada beberapa “perbaikan cepat” yang patut dicoba untuk mengatasi kesalahan ini. Solusi khusus ini sering menyelesaikan masalah kode kesalahan 0x80004005.

Meskipun ini bukan daftar lengkap dari semua solusi yang mungkin, ada kemungkinan besar salah satu perbaikan ini akan berhasil untuk Anda.

Perbaikan Cepat 1: Perbarui Windows

Microsoft merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan menerapkan patch keamanan. Jika Anda melewatkan pembaruan, mari kita mulai dari sana. Inilah yang harus dilakukan:

Perbaikan Cepat 2: Nonaktifkan IPv6

Salah satu perbaikan untuk kode kesalahan 0x80004005 adalah menonaktifkan protokol IPv6 komputer Anda. Anda tidak memerlukan IPv6 sekarang, kecuali Anda menjalankan jaringan IPv6.

Cukup ikuti empat langkah berikut untuk mencoba perbaikan ini:
Klik kanan tombol Start Windows dan pilih “Network Connections.” Klik “Ubah opsi adaptor. ”Klik kanan adaptor jaringan Anda dan pilih “Properties.” Temukan “Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6)” di panel tengah dan hapus centang pada kotak.
Sebagian besar konfigurasi jaringan masih menggunakan IPv4 dan akan digunakan di masa mendatang, jadi Anda menang tidak memerlukan IPv6 untuk sementara kecuali Anda berada di jaringan perusahaan yang sudah menggunakan IPv6.

Jika ini tidak menyelesaikan kesalahan, lanjutkan ke solusi yang disarankan berikut.

Perbaikan Cepat 3: Periksa NetBIOS

Langkah berikutnya untuk mengatasi kode kesalahan 0x80004005 memastikan layanan NetBIOS berfungsi. NetBIOS memungkinkan komputer jaringan untuk berbagi sumber daya. Jika ini tidak berfungsi atau tidak diaktifkan, ini dapat menyebabkan kesalahan terjadi.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa apakah layanan NetBIOS diaktifkan:
Di jendela yang sama seperti di atas, sorot “IPv4” dan klik tombol “Properties” di bawahnya.Klik “Advanced”, lalu pilih tab “WINS”.Pastikan pengaturan NetBIOS berada di “Default.”
Jika NetBIOS berfungsi sebagaimana mestinya, lanjutkan ke solusi berikutnya yang memungkinkan.

Perbaikan Cepat 4: Periksa Pengaturan Berbagi

If pengaturan NetBIOS tidak menjadi masalah, lihat pengaturan berbagi lanjutan.
Arahkan ke “Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Advanced sharing settings.” Klik jaringan “Pribadi” dan pastikan bahwa “Turn pada penemuan jaringan” diaktifkan dan kotak centang “Aktifkan pengaturan otomatis …” diaktifkan. Pastikan “Aktifkan berbagi file dan printer” juga diaktifkan. Klik “Semua Jaringan” dan pastikan opsi “Matikan berbagi jaringan yang dilindungi kata sandi” diaktifkan. kesalahan 0x80004005. Jika perubahan tidak memperbaiki kode kesalahan, lanjutkan ke pemeriksaan izin.

Perbaikan Cepat 5: Periksa Izin
Klik kanan pada folder atau drive yang ingin Anda bagikan, lalu pilih “Properties.” Klik pada tab “Berbagi”, lalu pilih “Berbagi lanjutan.” Pastikan kotak yang ditemukan di sebelah “Bagikan folder ini” muncul dicentang, lalu klik “Izin.” Sorot grup “Semua Orang”, yang seharusnya ada di panel atas, dan izinkan “Kontrol Penuh.” Jika tidak ada grup “Semua Orang”, klik “Tambah” dan ketik “Semua Orang” di panel bawah, lalu pilih itu.
Jika izin tidak bekerja untuk Anda, lanjutkan untuk mengunduh ulang pembaruan Windows 10.

Perbaikan Cepat 6: Unduh ulang Pembaruan Windows 10

Jika Anda menerima pesan kesalahan dengan kode kesalahan 0x80004005 saat mencoba memperbarui Windows 10, masalahnya bisa disebabkan oleh file instalasi yang rusak.

Untuk memperbaikinya, coba unduh ulang penginstal Windows 10 dan mulai dari awal. Meskipun frustrasi, patut dicoba jika ini adalah sumber masalahnya.

Perbaikan Cepat 7: Aktifkan Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS

Seperti yang disarankan oleh TFI pembaca TechJunkie, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mengaktifkan Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS lakukan triknya.
Di kotak pencarian, ketik “panel kontrol,” lalu pilih “Program dan Fitur.” Di panel tugas sebelah kiri, klik “Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows.” Pada dialog yang muncul, gulir turun dan temukan “Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS.” Pastikan kotak centang di sebelah “Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS” ditampilkan sebagai dicentang. Klik “OK.”
Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah jawaban untuk lebih banyak pertanyaan Anda tentang kesalahan Windows .

Sebagai penutup, memecahkan masalah kesalahan Windows 10 dapat membuat frustasi dan sulit, dan pesan kesalahan jarang memberikan informasi yang berguna.

Semoga, salah satu proses di atas membantu Anda membuat mesin Windows 10 Anda bekerja dengan benar kembali. Punya saran lain untuk menangani masalah ini? Silakan bagikan dengan kami di bagian komentar di bawah!

Untuk kode kesalahan Windows lainnya, lihat memperbaiki kesalahan 0x80042405, perbaikan untuk kesalahan 0x80044004, cara menangani kesalahan 0xc000007b, dan lihat kode kesalahan kami 0x80240034.