Cara Memperbarui

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Windows 11 adalah rilis sistem operasi terbaru dari Microsoft dan berjanji untuk mengungguli pendahulunya tercinta. Seperti versi sebelumnya, ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui sistem mereka untuk meningkatkan kinerja dan keandalan.

Artikel ini akan membahas pembaruan manual dan otomatis di Windows 11 dan memandu Anda melalui pembaruan driver. Kami juga akan membahas peralihan dari Windows 11 Home ke edisi Pro. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Memperbarui Windows 11

Seperti produk Windows lainnya, sistem operasi ini secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan perangkat lunak. Anda mungkin tidak melihat perubahan sampai Anda me-restart PC Anda karena semua pembaruan memerlukan sistem reboot untuk menerapkannya.

Jika Anda menduga PC Anda gagal mendeteksi pembaruan baru, Anda dapat mengakses Pusat Keamanan Windows dan menjadwalkan pembaruan. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk melakukannya.
Klik kanan “Mulai” dan ketuk “Jalankan.” Ketik “wscui.cpl” di bidang yang sesuai dan klik tombol “OK”. Pilih “Pemeliharaan Otomatis.” Tindakan akan menghasilkan yang berikut ini opsi:OtomatisIni adalah opsi yang disarankan yang memungkinkan pengguna memilih tanggal dan waktu program akan mengunduh dan menginstal pembaruan. Unduh pembaruan untuk sayaOpsi ini memungkinkan perangkat lunak mengunduh pembaruan. Namun, ini memerlukan izin pengguna untuk menginstalnya. Beri tahu saya Memilih opsi ini memungkinkan sistem untuk mengingatkan Anda ketika pembaruan baru tersedia. Interaksi pengguna diperlukan untuk mengunduh dan menginstalnya. Matikan Pembaruan Otomatis Opsi terakhir menonaktifkan Pembaruan Otomatis. Anda akan menerima tautan yang mengarahkan Anda ke halaman Web Pembaruan Windows. Di sini Anda dapat memilih dan menginstal pembaruan secara manual. Setelah memeriksa opsi, klik “Otomatis.” Saat menjadwalkan pembaruan otomatis, pastikan Anda telah memilih waktu ketika Anda tidak perlu menggunakan perangkat Anda.
Anda dapat menerapkan pembaruan melalui Pengaturan aplikasi jika Anda tidak ingin mengotak-atik Pusat Keamanan Windows. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.
Tekan pintasan “Windows + I” untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan. Buka bilah sisi kiri dan temukan “Pembaruan Windows.” Ketuk opsi “Periksa Pembaruan”. Program akan secara otomatis mendeteksi dan mengunduh pembaruan yang tersedia. Tekan “Instal sekarang.” Setelah aplikasi menginstal pembaruan, Anda akan diminta untuk me-reboot PC.
Mulai ulang komputer untuk mengaktifkan pembaruan secara instan.

Cara lain untuk menginstal pembaruan secara manual di Windows 11 adalah dengan mengunduh dan menjalankan file MSU. File pembaruan ini berfungsi seperti kebanyakan program EXE dan berguna untuk menyelesaikan kesalahan “Membatalkan perubahan”. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Ketuk “Windows + I” untuk membuka Pengaturan dan arahkan ke “Pembaruan Windows.” Anda harus menemukan nomor paket pembaruan di bawah bagian “Terjadi kesalahan”. Luncurkan browser web pilihan Anda dan buka katalog. perbarui .microsoft.com.Ketik nomor paket pembaruan ke dalam bilah pencarian dan tekan “Enter.” Halaman akan menampilkan semua pembaruan yang tersedia yang kompatibel dengan paket pembaruan Anda. Unduh pembaruan yang didukung sistem Anda. (Sebagian besar pengguna memiliki sistem x64.)Setelah mengunduh pembaruan yang diperlukan, ketuk dua kali file MSU untuk memulai penginstalan.
Setelah proses selesai, mulai ulang PC Anda untuk menikmati build Windows 11 terbaru.

Anda mungkin ingin memanfaatkan Asisten Instalasi untuk memperbarui sistem Anda ke versi terbaru tanpa menunggu pembaruan otomatis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan tugas.
Kunjungi halaman ini untuk mengunduh Asisten Instalasi.Ketuk file yang diunduh untuk menjalankan aplikasi dan izinkan untuk mendeteksi pembaruan.Jendela program akan menghasilkan petunjuk di layar untuk membantu Anda mengunduh pembaruan.Setelah menyelesaikan unduhan , reboot komputer untuk menerapkan perubahan.
Jika PC Anda tidak memiliki chip TPM, Anda dapat melewati masalah dan memperbarui Windows menggunakan utilitas Rufus. Perhatikan bahwa metode ini memerlukan instalasi Windows yang bersih. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Unduh gambar ISO Windows 11 dari halaman ini.Kunjungi halaman ini untuk mengunduh dan menginstal utilitas Rufus.Luncurkan program dan masukkan thumb drive ke komputer Anda.Setelah Rufus mendeteksi thumb drive, ketuk “Pilih . “Pilih gambar ISO Windows 11. Kepala di bawah bagian “Opsi Gambar” dan tekan menu tarik-turun. Pilih “Instalasi Windows 11 yang Diperpanjang” dari daftar opsi. Ketuk tombol “Mulai” di kanan bawah jendela.Setelah proses selesai, keluar dari Rufus dan nyalakan ulang komputer. Saat Windows memulai ulang, ketuk tombol boot berulang kali.
Perhatikan bahwa Anda perlu menekan tombol “Esc” pada laptop HP untuk mengakses menu Startup. Untuk laptop lain, Anda harus dapat menggunakan salah satu tombol boot berikut: F9, F10, atau F12.

Sekarang Anda melakukan instalasi bersih Windows 11.
Pilih thumb drive tempat Anda menyimpan citra ISO dan tekan “Enter.” Pilih partisi tempat Anda ingin menginstal Windows dari jendela “Windows Installer”. Tunggu beberapa menit hingga penginstalan selesai. Nyalakan ulang komputer Anda.
Cara Memperbarui Driver Windows 11

Memperbarui driver memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak Anda terhubung dengan baik. Cara termudah untuk memperbarui driver di Windows 11 adalah melalui Settings app.
Launch Settings dan arahkan ke panel kiri. Buka tab “Windows Update” dan tekan “Check for Updates.” Setelah komputer selesai mengunduh pembaruan, ketuk ” Instal Sekarang.” Reboot PC Anda.
Alat lain yang berguna untuk pembaruan driver di Windows 11 adalah Device Manager. Berikut cara melakukannya:
Arahkan kursor ke tombol “Start” dan klik kanan. Buka menu Konteks dan pilih “Device Manager.” Jendela baru akan menampilkan semua driver yang diinstal. Temukan komponen yang ingin Anda perbarui dan kanan -klik.Pilih “Perbarui Driver” dari daftar opsi.Kecuali Anda memiliki versi driver terbaru, tekan “Cari secara otomatis untuk driver.”
Pembaruan akan aktif setelah Anda me-restart PC Anda.

Anda juga dapat memperbarui driver secara manual. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman web produsen dan mengunduh versi terbaru.

Cara Memperbarui Windows 11 ke Pro

Windows 11 hadir dalam dua edisi. Yang pertama adalah Home Edition, yang melayani sebagian besar pengguna, dari pekerja kantoran hingga gamer, dan berisi semua fitur Windows yang penting.

Yang lainnya, edisi Pro menawarkan fitur yang lebih canggih seperti BitLocker, Remote Desktop, Group Policy, dukungan Active Directory, dan banyak lagi. Ini lebih cocok untuk usaha kecil. Tetapi jika Anda penasaran dengan apa yang ditawarkan versi Pro, ada dua cara untuk mengaktifkannya.

Metode pertama melibatkan aplikasi Pengaturan.
Luncurkan “Pengaturan” dan tekan “Sistem.” Ketuk bagian “Aktivasi”. Navigasi ke “Ubah kunci produk” dan tekan tombol “Ubah”. Konfirmasikan kunci produk Anda untuk meningkatkan ke Windows 11 Pro. Klik “Berikutnya” dan tekan “Mulai.”
Anda juga dapat meningkatkan versi Home dengan membeli Windows 11 Pro dari Microsoft Store.
Buka Pengaturan dan pilih halaman “Aktivasi”. Arahkan ke “Tingkatkan di aplikasi Microsoft ini” dan tekan “Buka Toko.” Klik “Beli” dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses peningkatan.
Apakah Anda telah menggunakan kunci produk atau Microsoft Store, Anda harus menunggu sekitar 30 menit hingga sistem Anda beralih ke Windows 11 Pro.

Memperbarui Windows 11

dengan mulus Mengubah perangkat lunak dapat menjadi hal yang menakutkan, terutama jika Anda tidak yakin dengan keterampilan teknologi Anda. Untungnya, Windows 11 adalah salah satu program Microsoft yang paling ramah pengguna, dan Anda seharusnya dapat menangani pembaruan otomatis dan manual tanpa kesulitan. Saat menginstal pembaruan baru, periksa driver Anda dan lihat apakah versi baru tersedia. Menginstalnya hanya membutuhkan beberapa klik. Dan jika Anda tidak puas dengan pengalaman Windows 11 Home, Anda dapat beralih ke edisi Pro dalam waktu kurang dari 30 menit.

Apakah Anda mengandalkan pembaruan otomatis, atau lebih suka menginstalnya secara manual? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk beralih ke Windows 11 Pro? Manakah dari fitur-fiturnya yang paling Anda sukai? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.