Cara Memulai & Menghentikan Service Windows melalui CLI

Windows Services digunakan untuk proses yang terus berjalan pada sistem operasi apa pun. Umumnya, ini digunakan untuk otomatisasi tugas, mendengarkan peristiwa tertentu pada sistem.

Setiap pengguna sistem Windows dapat menghentikan, memulai, atau memulai ulang Layanan dengan dua cara. Anda dapat dengan mudah mengelola status layanan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Dalam tutorial ini, kita akan membahas tentang opsi lain untuk mengelola layanan menggunakan antarmuka baris perintah.

Start, Stop & Restart Layanan Windows menggunakan Command Line

Anda dapat menggunakan utilitas baris perintah Windows Service Controller (sc) untuk mengelola layanan. Ini memberi Anda opsi untuk membuat/menghapus server Windows, atau mengelola status layanan. Anda juga dapat mengubah jenis awal service.

Gunakan salah satu perintah di bawah ini untuk memulai, menghentikan, atau memulai ulang Service
Start Service:

sc start ServiceName

Stop Service:

sc stop ServiceName

Restart Service:

sc restart ServiceName

Anda juga dapat mengubah jenis startup layanan Winodws menggunakan perintah sc. Contoh berikut akan membantu Anda mengubah startup layanan menjadi manual atau menonaktifkannya.
Set start type ke manual:

sc config ServiceName start=manual

Disable service:

sc config ServiceName start=disabled

Kesimpulan

Tutorial ini membantu Anda mengelola status layanan Windows menggunakan antarmuka baris perintah. Selain itu memberi Anda info tentang mengubah jenis status layanan di sistem Windows.

Referensi tecadmin.com