Cara Memulai Server Minecraft Anda Sendiri untuk Multiplayer Gaming

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda telah memainkan Minecraft, mudah untuk melihat betapa menyenangkannya itu. Menjalankan server Anda sendiri memungkinkan Anda membawa semua teman Anda ke dalam game yang sama, dan Anda dapat bermain dengan aturan yang Anda buat atau langgar. Ini yang terbaik dalam game yang sudah membuat ketagihan!

Kami telah menunjukkan kepada Anda Cara Memulai Minecraft, Game Geeks Love. Apa yang lebih baik dari pemain tunggal? Multipemain, tentu saja! Anda dapat bergabung dengan salah satu dari ratusan server di minecraftservers.net untuk memulai, atau mencari yang lebih eksklusif, tetapi pada akhirnya Anda terikat oleh aturan dan kebijaksanaan mereka. Menjalankan server Anda sendiri memungkinkan Anda dan teman Anda dapat bermain bersama dengan seperangkat aturan Anda sendiri, dan itu sangat mudah dilakukan. Apa yang Anda Butuhkan untuk Menjalankan Server Minecraft? PC, dan mungkin bahkan komputer lama yang telah duduk di lemari Anda dengan rajin mengumpulkan debu. Jika Anda tidak meminta terlalu banyak, Anda bahkan dapat menjalankan Server Minecraft di Raspberry Pi. Pada minimal yang Anda inginkan:

2 gigabytes (GB) CPU dual-core RAMA gratis yang berjalan pada 2 GHz atau lebih tinggiRuang penyimpanan kosong 10 GB — solid-state drive (SSD) sangat idealPenginstalan Java modern

Jika Anda berencana untuk menjalankan server modded atau menghosting server yang akan memiliki banyak pemain, Anda memerlukan sistem yang lebih kuat.

CPU hexacore RAMA

10+ GB gratis yang dapat berjalan pada 4 GHz atau lebih tinggiRuang penyimpanan SSD 50 GB untuk pencadangan jangka pendek, dan sebanyak mungkin ekstra mungkin untuk pencadangan jangka panjangInstalasi Java modern

Semakin banyak pemain yang Anda tambahkan, semakin banyak permintaan CPU, RAM, dan penyimpanan Anda. Persyaratan RAM cenderung tumbuh paling cepat dengan tambahan pemain — server besar dapat dengan mudah menggunakan lebih dari 20 GB RAM.

Permintaan CPU tidak cukup berskala dengan baik. Minecraft saat ini memiliki dukungan terbatas untuk multiprosesor, tetapi masih tidak dapat memanfaatkan semua inti (delapan atau lebih) yang Anda temukan di CPU kelas menengah pada tahun 2023.

Tip: Jika Anda membuat komputer untuk menjalankan komputer khusus Server Minecraft, ingat: kecepatan CPU lebih penting daripada memiliki sejuta inti. CPU octa-core baik-baik saja untuk Minecraft. Hanya dapatkan lebih banyak jika Anda berencana untuk menjalankan server tambahan atau mesin virtual. Persyaratan penyimpanan

agak sulit diprediksi, tetapi sebagian besar didasarkan pada ukuran dunia dan frekuensi pencadangan. Ada dua pertimbangan besar di sini.

Pemain tambahan (terutama jika Anda menjalankan server modded) meningkatkan kemungkinan Anda mengalami crash atau bug yang memaksa Anda untuk memutar kembali. Anda mungkin ingin pencadangan yang lebih sering untuk memperhitungkannya. Lebih banyak cadangan sama dengan lebih banyak ruang penyimpanan. Semakin banyak pemain juga cenderung menghasilkan lebih banyak dunia — jika setiap orang berlari ke arah yang berbeda selama satu jam, dunia saja (tidak termasuk data pemain) dapat dengan mudah menjadi beberapa gigabyte. Jika Anda membuat cadangan satu jam sekali saat pemain aktif, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan beberapa ratus gigabyte per bulan hanya dalam cadangan. Penting untuk mengawasi cadangan Anda dan ukuran kolektifnya. Jangan takut untuk menghapus cadangan terlama yang Anda miliki. Kemungkinan besar tidak ada yang akan melewatkannya.

Dapatkan Unduhan Server Minecraft

Buka ke halaman Unduhan Minecraft dan buka bagian “Perangkat Lunak Server”. Tutorial ini berfokus pada Edisi Java, jadi klik “Server Edisi Java”. Klik tautan “minecraft_server.1.19.3.jar dan tunggu hingga unduhan selesai.

Catatan: Pada saat penulisan, versi gim saat ini adalah 1.19.3, tetapi mungkin berbeda tergantung kapan Anda membaca ini. Jika Anda memerlukan Server Minecraft versi lama, kunjungi MCVersions.net.

Cara Membuat Server Minecraft

Buat folder Server Minecraft di tempat yang nyaman, seperti desktop Anda, lalu pindahkan “server.jar” ke folder itu.

Semuanya sudah siap untuk kita untuk meluncurkan server untuk pertama kalinya! Klik bilah alamat di bagian atas, hapus apa yang ada, ketik “powershell”, lalu tekan tombol Enter.

Tips: Mengapa kami melakukan itu? Anda dapat membuka beberapa program, seperti Command Prompt atau PowerShell, dengan mengetikkan namanya di bilah alamat File Explorer. Bagian yang nyaman adalah Command Prompt dan PowerShell juga terbuka dengan direktori mereka diatur ke folder tempat Anda berada saat menjalankan perintah. Itu penting untuk langkah selanjutnya.

Sekarang, salin dan tempel (atau tulis) perintah berikut di jendela PowerShell, lalu tekan Enter:

java -Xmx2G -Xms2G -jar server.jar

Jika Anda ingin mencurahkan lebih banyak (atau lebih sedikit) RAM ke server Anda, ubah 2G ke yang lain, seperti 4G. Angka pertama adalah jumlah maksimum RAM yang dapat digunakan (dalam gigabyte), dan angka kedua adalah minimum. Karena semuanya ada di Java, Anda harus memiliki setidaknya beberapa gigs RAM untuk dikhususkan untuk Minecraft. Berapa pun jumlah RAM yang Anda pilih, pertahankan kedua angka tersebut tetap sama. Hal-hal bisa menjadi sulit diatur dengan jumlah orang yang bermain, terutama ketika Anda mulai melakukan hal-hal gila seperti meledakkan gua besar dengan TNT dalam jumlah besar.

teks muncul saat server JAR mengambil file dan membukanya di jendela PowerShell. Dan kemudian, itu akan berhenti berjalan dan memberi Anda peringatan. Nbsp

Jangan khawatir, itu sepenuhnya normal. Anda harus menandatangani Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA) sebelum Anda dapat meluncurkan server Anda. Beberapa baris terakhir di jendela PowerShell menjelaskan sebanyak itu.

Server juga tidak menemukan file konfigurasi yang diperlukan, jadi server membuatnya. Saat membuka Folder Server Minecraft, Anda akan menemukan beberapa file dan folder baru.

Buka eula.txt di editor teks biasa, seperti Notepad. Ubah baris ketiga, eula=false menjadi eula=true, lalu simpan dan tutup dokumen.

Server Anda sekarang siap untuk memulai dengan semua setelan default. Namun, jika Anda ingin sedikit menyesuaikan server terlebih dahulu, baca bagian selanjutnya dengan saksama sebelum Anda menjalankan server lagi. Jika tidak, Anda dapat menjalankan kembali perintah Java yang kami berikan sebelumnya. Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Ada banyak hal yang dapat Anda sesuaikan, tetapi berikut beberapa opsi penting:

level-name: Ini adalah nama dunia Minecraft Anda. Jika Anda mengubah nama ini, server akan mencari folder dengan nama yang cocok, dan jika tidak ditemukan, itu akan menghasilkan level baru dengan nama ini.spawn-monsters: Jika disetel ke false, monster seperti zombie, kerangka, dan tanaman merambat tidak akan bertelur. Sering dimatikan untuk server “op” atau “kreatif”, di mana semua orang membangun dan kelangsungan hidup bukanlah fokus permainan.spawn-animals: Jika disetel ke false, hewan seperti serigala, sapi, domba, dan ayam tidak akan muncul.pvp : Jika disetel ke false, pemain tidak akan dapat melukai satu sama lain, meskipun Anda masih dapat menimbulkan kerusakan dengan mendorong pemain lain keluar dari ledges.white-list: Jika disetel ke true, server hanya akan mengizinkan nama pengguna di “putih -list.txt” agar berhasil terhubung dan bermain.

Untuk deskripsi lengkap semua opsi, lihat halaman Minecraft Wiki di server.properties. Setelah Anda selesai mengubah hal-hal yang Anda inginkan, simpan file tersebut.

Karena ini adalah server Anda, pastikan untuk menambahkan nama pengguna Minecraft Anda di file “ops.json” dengan Notepad. Dengan begitu, Anda akan menjadi “operator” dengan hak admin penuh. Anda dapat menghasilkan item apa pun yang Anda inginkan, mencekal pemain, membuat pemain lain beroperasi, dan mengubah waktu dalam game.

Saat Anda siap, mulai lagi server. Jendela baru akan muncul menampilkan pemain yang terhubung, obrolan server, dan penggunaan memori server.

Ketik stop di jendela Server Minecraft atau jendela PowerShell untuk menyimpan dan keluar dari server.

Catatan: Tambahkan nogui ke akhir Java perintah jika Anda ingin mencegah jendela Server Minecraft muncul. Ini akan menjadi: java -Xmx2G -Xms2G -jar server.jar nogui sebagai gantinya.

Bermain di Server Minecraft

Setelah Anda memulai Minecraft, klik “Multiplayer” untuk terhubung ke server multipemain.

Anda memiliki dua pilihan. Anda dapat langsung bergabung dengan server dengan memasukkan URL atau alamat IP, atau Anda dapat menambahkan server ke daftar Anda. Jika Anda berencana untuk bermain di server secara teratur, gunakan fungsi “Tambahkan Server” — ini akan menghemat waktu Anda.

Pertama, beri server nama panggilan yang mudah Anda ingat. Jika Anda bermain di komputer yang sama dengan server Anda, Anda cukup mengetik “localhost” (tanpa tanda kutip). Jika tidak, masukkan alamat IP server Anda dan klik “Selesai.”

Pilih server yang baru saja Anda tambahkan dari daftar dan klik “Bergabung dengan Server.”

Catatan: Anda mungkin perlu menekan “Refresh” agar muncul di daftar.

Hit T untuk membuka konsol obrolan.

Anda akan melihat semua pesan publik oleh pengguna, pesan sistem, dan perintah yang telah Anda jalankan. Perhatikan bilah teks abu-abu sempit yang muncul di sepanjang bagian bawah layar. Mengetik sesuatu dan menekan Enter akan mengirimkan pesan ke semua pemain lain dalam obrolan grup. Anda juga dapat menjalankan perintah di sini, dan perintah tersebut selalu dimulai dengan garis miring (/).

Sebagai operasi, Anda harus dapat mengetik “/list” dan menekan Enter untuk mencantumkan semua pemain yang terhubung. Anda juga dapat memberikan item kepada pemain mana pun (termasuk diri Anda sendiri), mencekal dan memaafkan pengguna tertentu, dan mengubah waktu sistem. Jika Anda tidak yakin dengan persyaratan perintah tertentu, Anda dapat mengetik “/help” untuk mendapatkan info lebih lanjut. Untuk daftar lengkap perintah server, lihat halaman Perintah Server Minecraft Wiki.

Cara Melakukan Port Forward Minecraft

Server apa pun yang Anda jalankan di PC lokal akan tersedia untuk komputer lain di jaringan area lokal Anda. Namun, itu tidak akan dapat diakses oleh pemain dari Internet. Untuk itu, Anda harus melakukan beberapa port forwarding.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan alamat IP statis ke PC Anda, atau PC yang menghosting server Minecraft. Saat Anda meneruskan port di router, aturan diterapkan ke perangkat tertentu di jaringan area lokal Anda — namun, terkadang, alamat IP yang ditetapkan ke perangkat Anda dapat berubah. Jika itu terjadi, aturan port forwarding yang Anda buat akan berhenti berlaku, dan Anda tiba-tiba akan menemukan server Anda tidak dapat diakses dari Internet. Anda lebih baik mencegah masalah ini sebelum terjadi karena pada akhirnya akan terjadi.

TERKAIT: Cara Mengatur DHCP Statis Agar Alamat IP Komputer Anda Tidak Berubah Anda gunakan untuk menghosting server Minecraft. Anda dapat menetapkan alamat IP statis dari dalam Windows, atau Anda dapat menetapkan alamat IP statis melalui router Anda. Dalam hal ini, lebih baik untuk menetapkan IP statis menggunakan router Anda, karena Anda tetap harus mengakses router untuk melakukan port forwarding.

Tip: Anda dapat mengakses sebagian besar router dengan memasukkan “192.168.0.1” atau “10.0. 0,1” ke bilah alamat browser. Jika tidak ada yang berfungsi, buka PowerShell, lalu jalankan “ipconfig” dan catat alamat “Default Gateway”. Itu adalah alamat IP perute Anda.

TERKAIT: Cara Menemukan Alamat IP Perute Anda di Komputer, Ponsel Cerdas, atau Tablet Apa Pun Setelah Anda menetapkan alamat IP statis pada komputer host, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat aturan penerusan port itu sendiri . Sayangnya, cara ini dilakukan sangat bervariasi antar router. Misalnya, Comcast’s XFi Gateways mengharuskan Anda menggunakan aplikasi Xfinity untuk meneruskan port. Dalam kebanyakan kasus lain, Anda dapat mengakses pengaturan perute dengan mengetikkan alamat IP perute ke bilah alamat peramban. Bagaimanapun Anda melakukannya, aturan firewall Anda harus memenuhi dua persyaratan dasar:

Terapkan ke komputer hostMeneruskan port 25565 melalui TCP dan UDP

Berikut adalah contoh tampilan port forward untuk Minecraft:

Anda dapat mengubah port yang digunakan Minecraft di server File .properties yang kami sebutkan sebelumnya. Anda biasanya tidak perlu melakukan itu kecuali jika Anda menghosting beberapa server Minecraft di satu perangkat atau sesuatu yang lain menggunakan port 25565. Tidak ada yang mengalahkan membangun struktur besar, menjelajahi lanskap yang luas, dan menambang ke pegunungan, kecuali melakukannya dengan sahabat Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.