Cara Memutar Google Slide

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Google Slides adalah alat penting untuk bisnis dan pendidikan baik online maupun offline. Berkat program ini, kami mendapatkan akses gratis ke berbagai fitur presentasi tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan.

Google Slide terus ditingkatkan; hari ini, Anda dapat membuat slide Anda maju secara otomatis dan mengulang presentasi yang paling halus. Bagaimana Anda mengaktifkan opsi ini? Baca terus untuk mengetahuinya.

Saat menampilkan Google Slide, Anda dapat menggunakan tombol panah keyboard untuk beralih ke layar berikutnya. Anda juga dapat menekan nomor slide dan menekan Enter untuk membuka slide tertentu. Meskipun ini tentu saja memberi Anda kontrol yang hebat, ini bisa menjadi sedikit merepotkan ketika Anda hanya ingin slide Anda berputar di latar belakang saat Anda memberikan presentasi. Tanpa mengaktifkan opsi loop, Anda perlu menekan angka 1 pada keyboard Anda dan kemudian Enter untuk kembali ke awal presentasi.

Kemampuan untuk mengulang slideshow Anda disertakan dalam fungsi putar otomatis Google Slides, yang diperkenalkan di 2019. Fitur ini memungkinkan Anda menyetel durasi slide dan mengaktifkan tayangan slide untuk diputar berulang kali hingga Anda menjeda atau menghentikannya secara manual. Anda dapat menggunakannya untuk menampilkan informasi atau materi promosi di pameran dagang atau menyempurnakan presentasi lisan dengan beberapa gambar. Oleh karena itu, mempelajari cara menggunakannya dapat berguna. Baca panduan di bawah ini untuk mempelajari cara mengulang Google Slide di beberapa platform.

Cara Mengulang Google Slide di PC

Anda harus membuka presentasi dan masuk ke mode Slideshow untuk mengaktifkan looping. Berikut cara melakukannya di PC.
Luncurkan Google Chrome dan buka aplikasi web Slides.Pilih presentasi yang ingin Anda edit.Tekan tombol “Slideshow” di sudut kanan atas layar.Pindahkan kursor ke sudut kiri bawah dari slide. Klik menu tiga titik di sebelah nomor slide. Gerakkan kursor Anda ke opsi “Putar otomatis”. Pilih berapa lama Anda ingin slide Anda ditampilkan. Aktifkan “Loop” di bagian bawah menu tarik-turun. Saat Anda siap untuk memulai presentasi Anda, klik “Mainkan” di bagian atas menu tarik-turun yang sama.
Slide akan berputar tanpa batas. Jika Anda perlu menjeda presentasi untuk menjawab beberapa pertanyaan atau sejenisnya, temukan tombol jeda dengan cara berikut:
Pindahkan kursor Anda ke sudut kiri bawah layar. Tekan tiga titik di bilah alat. Arahkan kursor ke “Putar otomatis”. Tekan “Jeda” di bagian atas menu.
Anda harus mengaktifkan perulangan setiap kali Anda melakukan presentasi dari Google Slide, semampu Anda’ t menyimpan preferensi ini di dalam aplikasi itu sendiri. Namun demikian, Anda dapat mempublikasikan slideshow Anda dengan putar otomatis dan loop diaktifkan dengan cara berikut:
Setelah selesai dengan presentasi Anda, klik “File.” Pilih “Publikasikan ke web.” Pilih seberapa cepat Anda ingin slide Anda otomatis -advance.Pastikan “Mulai ulang tayangan slide setelah slide terakhir” dicentang. Anda mungkin juga ingin mengaktifkan opsi “Mulai tayangan slide segera setelah pemutar dimuat”. Jika tidak, pemirsa harus mengeklik “Mainkan” agar presentasi dapat dimulai. Bagikan presentasi dengan cara yang Anda inginkan atau salin tautannya yang dapat dibagikan.
Setiap kali Anda membuka tayangan slide melalui tautan yang dapat dibagikan, kemajuan otomatis dan putaran akan diaktifkan secara default .

Cara Memutar Google Slide di iPhone

Google Slide tidak dapat disangkal lebih terbatas pada platform seluler daripada di PC. Namun, memiliki aplikasi ini di saku Anda terkadang masih berguna. Anda dapat melakukan berbagai pengeditan pada presentasi Anda, menerbitkan atau membagikan tayangan slide Anda, dan mempresentasikan slide Anda langsung dari iPhone Anda. Salah satu fitur yang mungkin sulit Anda temukan adalah mengulang presentasi Anda.

Mode peragaan slide memberikan sedikit fleksibilitas kepada pengguna Google Slide seluler. Jika Anda ingin mengulang slide saat mempresentasikan dari iPhone, Anda harus mempublikasikan presentasi Anda dengan opsi ini diaktifkan dari PC dan membuka tautan yang dapat dibagikan di ponsel Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyelesaikannya.
Buka Google Slides dan kemudian presentasi yang ingin Anda edit menggunakan PC Anda. Klik “File,” lalu “Publikasikan ke web.” Aktifkan “Mulai ulang tayangan slide setelah slide terakhir” untuk mengulang presentasi .Buka tautan di Iphone Anda.Tekan tiga titik vertikal di bilah alat bawah.Klik “Mainkan” di bawah opsi “Putar otomatis” untuk memulai presentasi perulangan Anda.
Anda selalu dapat mengedit pengaturan putar otomatis dari presentasi Anda yang dipublikasikan di menu tiga titik yang sama.

Cara Memutar Google Slide di iPad

Google Slide lebih ramah pengguna di layar besar iPad daripada di iPhone. Konon, fitur yang tersedia di platform ini masih lebih terbatas dibandingkan versi PC. Jika Anda ingin menyajikan tayangan slide berulang dari iPad Anda, Anda harus mempublikasikan presentasi di PC Anda dengan pengaturan yang sesuai terlebih dahulu.
Buka Google Slides di PC Anda dan temukan presentasi yang Anda butuhkan.Tekan “File” dan pilih “ Publikasikan ke web.”Klik kotak centang di samping “Mulai ulang tayangan slide setelah slide terakhir.” Bagikan tautan dengan iPad Anda dan ikuti instruksi yang sama dengan langkah-langkah yang tercantum di atas, sama dengan iPhone.
Cara Mengulang Google Slide di Android

Seperti yang kami sebutkan, Google Slides memiliki fitur terbatas pada platform seluler. Jika Anda berencana untuk menampilkan slide perulangan dari perangkat Android Anda dengan berbagi atau Chromecasting layar Anda, Anda harus mengambil langkah ekstra di PC Anda terlebih dahulu.
Buka Google Slides di browser PC Anda.Pilih presentasi yang ingin Anda ulangi.Sekali dimuat, klik “File” di bilah menu, lalu “Publikasikan ke web.” Pilih opsi maju otomatis dan pastikan “Mulai ulang tayangan slide setelah slide terakhir” diaktifkan. Bagikan file dengan diri Anda sendiri atau cukup kirim file yang dapat dibagikan tautan ke perangkat Android Anda.Buka tautan di email Anda.Ketuk tiga titik vertikal di sudut kiri bawah layar Anda.Pilih “Putar otomatis” dan tekan opsi “Mainkan” untuk memulai presentasi.
Slide akan maju di kecepatan yang Anda pilih saat mengekspor presentasi, tetapi Anda dapat mengubahnya kapan saja di menu “Putar otomatis” yang sama.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Dapatkah saya mengulang slide tanpa maju otomatis?

Google Slide dapat membuat Anda yakin bahwa Anda dapat mengulang slide tanpa mengaktifkan maju otomatis. Lagi pula, Anda dapat menghapus centang pada interval waktu maju otomatis sambil tetap mengaktifkan “Loop” dalam pengaturan putar otomatis. Namun, loop tidak benar-benar berfungsi tanpa kemajuan otomatis. Ini bisa sedikit merepotkan, terutama karena kemajuan otomatis tidak menawarkan interval waktu khusus. Namun demikian, Anda masih dapat kembali ke awal presentasi tanpa mengulang dengan menekan tombol nomor 1 dan menekan Enter.
Bagaimana cara mengulang video di Google Slide? juga dapat melakukannya dalam mode Slideshow.

1. Saat Anda membuka slide video selama presentasi, klik kanan video.

2. Aktifkan “Loop” di menu tarik-turun. Video akan berulang hingga Anda berpindah ke slide berikut secara manual.

Sama seperti loop slide, Anda harus mengaktifkan fitur ini pada video Anda setiap kali Anda melakukan presentasi.
Dapatkah saya menyetel preferensi putaran dan lanjutan otomatis sebelum presentasi?

At saat menulis artikel ini, pra-pengaturan preferensi slideshow Anda bukanlah pilihan di Google Slides. Namun, memublikasikan tayangan slide Anda ke web dengan pengaturan yang sesuai akan memastikan bahwa presentasi Anda diputar secara otomatis dan berulang setiap kali dibuka. Ikuti petunjuk di atas untuk memublikasikan presentasi Anda dengan cara ini.

Round and Round

Fitur loop membuat Google Slide sempurna untuk slideshow latar belakang, tetapi opsi ini dapat berguna dalam banyak situasi berbeda. Anda dapat mengulang presentasi Anda di Google Slides di PC atau mempublikasikan slideshow untuk mempresentasikannya di platform lain dengan loop sudah diaktifkan.

Apakah Anda berhasil menemukan opsi loop di Google Slides? Menurut Anda, bagaimana fitur ini dapat ditingkatkan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.