Cara Memutar Video di Windows Media Player

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memutar video di Windows Media Player, jawaban singkatnya adalah – Anda tidak bisa. Sayangnya, pemutar media bawaan tidak memiliki fitur unik yang memungkinkan Anda melakukannya.

Namun, pengguna Windows harus tahu bahwa ada banyak solusi lain yang tersedia di Microsoft Store. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang program pengeditan video terbaik dengan alat yang paling mudah digunakan.

Cara Memutar Video di Windows Media Player?

Ketika berbicara tentang pemutar media bawaan, Windows Media Player cukup solid. Ini mendukung berbagai format, termasuk MP4 dan MOV. Sayangnya, ia tidak memiliki beberapa alat pengeditan yang lebih canggih. Itu berarti Anda tidak dapat memutar video di Windows Media Player secara langsung.

Namun, Windows 10 memiliki perangkat lunak pengeditan bawaan yang dapat mengubah orientasi video Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi Foto di PC Anda. Berikut cara memutar video di Editor Video:
Buka menu Start dengan mengklik ikon Windows kecil di sudut kiri bawah layar. Sekarang, gulir ke bawah dan klik aplikasi Foto. Klik panah kecil ke bawah di sebelah tab Lainnya. Pilih Editor Video dari menu tarik-turun. Anda juga dapat menggunakan Fungsi Pencarian untuk mengakses Editor Video. Klik pada kotak Proyek video baru. Sebuah jendela pop-up kecil akan terbuka meminta Anda untuk menamai video tersebut. Tekan Lewati. Klik tombol + Tambah di bawah Pustaka proyek untuk membuka menu tarik-turun. Jika Anda ingin mengunggah file dari drive lokal Anda, pilih Dari PC ini. Temukan folder yang berisi video dan klik Buka. Anda juga dapat menarik dan melepas video ke dalam kotak Pustaka Proyek. Pilih video yang diunggah, lalu klik Tempatkan di papan cerita. Seret dan lepas juga berfungsi. Anda akan melihat bilah alat di bawah video. Klik pada ikon putar di sisi kanan. Ketuk hingga Anda mengatur rotasi yang diinginkan. Cara lebih cepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pintasan keyboard Ctrl + R. Setelah selesai memutar, klik tombol Selesai Video di sudut kanan atas. Sebuah video pop-up kecil akan muncul. Atur kualitas video dengan memilih salah satu opsi dari menu tarik-turun.Klik Ekspor untuk menyelesaikan proses.
Bagaimana Memutar Video dengan VLC?

Jika dibandingkan dengan Windows Media Player, VLC memiliki beberapa fitur yang lebih canggih. Ini bertindak sebagai pemutar media dan konverter video. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dan menggunakannya untuk mengedit video. Berikut cara mengubah orientasi dengan VLC:
Buka video Anda di pemutar VLC. Klik pada tab Alat pada menu di atas. Pilih Efek dan Filter dari daftar drop-down. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + E. Jendela pop-up kecil akan muncul. Klik pada bagian Video Effects dan kemudian sub-tab Geometry. Centang kotak kecil di sebelah Transform. Ubah rotasi video Anda dengan memilih salah satu opsi dari daftar. Jika Anda ingin mengubah rotasi ke sudut tetap, pilih pengaturan yang sesuai. Ada tiga opsi yang tersedia di menu tarik-turun: 270 derajat, 180 derajat, dan 90 derajat. Untuk membalik video, pilih balik horizontal atau vertikal dari menu tarik-turun. Anda juga dapat membalik dan memutar video secara bersamaan. video. Klik Transpose untuk membalik video secara horizontal dan memutar 270 derajat ke kanan. Klik Anti-transpose untuk membalik secara vertikal dan memutar 90 derajat ke kanan. Jika Anda ingin mengubah orientasi ke sudut tertentu, centang kotak Rotate di bawah. Pindahkan dialer dengan kursor Anda untuk memutar video.Klik Tutup setelah selesai.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana Cara Memutar Video Secara Permanen?

Jika Anda ingin mempertahankan orientasi bahkan saat video tidak diputar, ada beberapa langkah tambahan. Berikut cara menyimpan pengaturan rotasi secara permanen di VLC:

1. Buka pemutar VLC dan klik tab Media.

2. Klik Konversi/Simpan atau gunakan pintasan Ctrl + R.

3. Sebuah jendela pop-up kecil akan muncul. Pilih tombol + Tambahkan untuk mengunggah video Anda.

4. Klik Konversi/Simpan untuk membuka jendela baru.

5. Di bawah Konversi, klik ikon Pengaturan kecil.

6. Buka tab Video Codec, pilih Filter, dan centang kotak di sebelah Filter transformasi video. Juga, aktifkan Rotate video Filter untuk mengatur orientasi ke sudut tetap.

7. Buka bagian yang bertuliskan Audio codec. Dalam dialog Parameter pengkodean, buka menu tarik-turun Codec dan pilih MP3 dari daftar opsi.

8. Klik Simpan.

9. Pilih folder pilihan untuk file dari bagian Convert dan klik Start.

10. Untuk menyelesaikan prosesnya, klik Play.
Mengapa Video Saya Sideways di Windows Media Player?

Ada beberapa alasan mengapa video Anda sideways di Windows Media Player. Misalnya, versi aplikasi yang lebih lama tidak dapat mendukung video yang direkam dalam mode lanskap. Anda dapat mencoba menginstal ulang Windows Media Player untuk mendapatkan pembaruan terbaru. Berikut cara melakukannya:

1. Ketik “Fitur” di kotak dialog pencarian. Klik Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows.

2. Sebuah jendela pop-up kecil akan muncul. Temukan Fitur Media dan centang kotak untuk membuka daftar tarik-turun.

3. Hapus tanda centang dari kotak di sebelah Windows Media Player.

4. Kembali ke Mulai dan mulai ulang komputer Anda.

5. Buka kembali panel kontrol Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows, buka Fitur Media dan perluas. Kali ini, centang kotak Windows Media Player dan klik OK.

7. Nyalakan kembali PC Anda untuk terakhir kalinya.

Namun, terkadang masalah ini disebabkan oleh pembaruan Windows terbaru. Berikut cara memeriksa apakah itu masalahnya:

1. Tulis “pemulihan sistem” di kotak dialog pencarian. Klik Buat titik pemulihan untuk membuka jendela System Properties.

2. Kemudian, klik Pemulihan Sistem.

3. Jendela pop-up baru akan muncul. Klik Berikutnya untuk membuka daftar titik pemulihan. Pilih pembaruan yang menurut Anda menyebabkan masalah dan klik Berikutnya.

4. Tunggu hingga pemulihan sistem selesai. Ini bisa memakan waktu beberapa menit.

5. Setelah selesai, buka kembali Windows Movie Player untuk memeriksa apakah video berfungsi dengan baik.
Apa Cara Terbaik untuk Memutar Video?

Ketika datang ke Windows 10, program pengeditan yang paling kompatibel adalah Movie Maker. Ini menawarkan berbagai alat pengeditan lanjutan yang tidak memerlukan banyak keterampilan. Berikut cara memutar video di Movie Maker 10:

1. Buka Movie Maker dan buka bagian Alat Cepat.

2. Klik alat Putar Video.

3. Unggah file dari komputer Anda.

4. Pilih Rotate Left untuk memutar video 90 derajat searah jarum jam. Pilih Rotate Right untuk memutar berlawanan arah jarum jam sebesar 90 derajat.

5. Anda juga dapat membalik video secara vertikal (Balik vertikal) atau horizontal (Balik horizontal).

6. Sebelum Anda menyimpan perubahan, klik Pratinjau untuk melihat sekilas.

7. Jika Anda puas, klik ikon Simpan video di pojok kanan bawah.

8. Jendela opsi encoding Video kecil akan muncul, centang kotak untuk memilih format, resolusi, dan encoder.

9. Pilih folder tujuan untuk video Anda dan klik Save.

Tidak seperti Windows Media Player, pemutar video bawaan untuk macOS memiliki alat untuk memutar. Berikut cara melakukannya:

1. Klik ikon kaca pembesar di bagian atas layar untuk mengakses Spotlight.

2. Ketik “QuickTime” di kotak dialog untuk menemukan pemutar media. Ketuk dua kali untuk memulai.

3. Buka File > Buka File. Jelajahi drive lokal Anda dan temukan file video yang ingin Anda edit.

4. Buka bagian Edit pada bilah menu di atas.

5. Pilih Rotate Left dari menu drop-down untuk memutar searah jarum jam. Untuk rotasi berlawanan arah jarum jam, klik Rotate Right. Setiap kali Anda mengklik, orientasi akan berubah 90 derajat.

6. Untuk menyimpan video, kembali ke bagian File. Pilih Ekspor dari menu tarik-turun.

7. Atur kualitas video lalu klik Simpan.

Anda juga dapat memutar video di perangkat iPhone atau Android Anda. Baik Google Play dan App Store memiliki berbagai program pengeditan video yang dapat Anda unduh secara gratis. Berikut daftar aplikasi yang memiliki fitur putar video:

· Putar Video FX (Android).

· Putar dan Balik Video Cerdas – Rotator dan Flipper (Android).

· Video Rotate: Video Flip (Android).

· Video Rotate and Flip (iOS).

· Video Rotate + Flip Video Easy (untuk iPad).
Bagaimana Cara Memutar Video di Windows?

Windows Movie Maker, alat pengeditan asli untuk Windows, secara resmi dihentikan pada tahun 2012. Namun, yang baru Fitur aplikasi Foto adalah pengganti yang cocok. Anda dapat menggunakannya untuk memutar video, menyesuaikan pengaturan kualitas video, dan banyak lagi.

Solusi lain adalah mengunduh aplikasi pengeditan video. Salah satu yang lebih populer untuk Windows 10 adalah Movie Maker 10. Anda bisa mendapatkannya dari aplikasi Microsoft Store di PC Anda.

Namun, jika Anda tidak memiliki Windows 10, Anda tidak akan dapat menggunakan Movie Maker atau Editor video. Untungnya, ada alat pihak ketiga lain yang tersedia untuk versi Windows yang lebih lama. Beberapa bahkan mirip dengan Windows Movie Maker dengan antarmuka dan alat pengeditannya.

Berikut adalah daftar program pihak ketiga yang dapat Anda gunakan di Windows 7 dan 8:

· VideoLAN Movie Creator

· Shotcut

· VSDC Editor Video Gratis

hhhPad2 Video Editor Seebs You
·Avidemuxn di Flip Side

Sementara Windows Media Player sesuai dengan namanya, itu tidak berguna untuk apa pun selain pemutaran. Jika Anda ingin mengubah orientasi video, Anda harus menggunakan aplikasi lain. Meskipun Windows Movie Maker tidak lagi tersedia, alat pengeditan internal yang baru bekerja lebih baik lagi.

Anda juga dapat mengunduh program pengeditan video untuk penyetelan yang lebih baik. Movie Maker 10 mungkin yang paling kompatibel dengan Windows 10. Namun, jika Anda memiliki versi Windows yang lebih lama, Anda dapat menggunakan VLC player untuk mengubah video Anda.

Mana yang Anda sukai – VLC atau Windows Media Player? Apa alat pengeditan favorit Anda? Beri komentar di bawah dan beri tahu kami jika ada cara lain untuk memutar video di Windows Media Player.