Cara Memutar Video Secara Otomatis di Google Slide

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Saat Anda mencapai slide dengan video tersemat di Google Slide, terkadang Anda perlu beberapa detik ekstra untuk memulainya. Memindahkan kursor ke gambar mini video untuk menekan putar dapat membuat frustrasi dan menghabiskan waktu Anda yang berharga.

Untungnya, Google Slides memiliki opsi praktis yang memungkinkan video diputar secara otomatis setelah Anda mencapai slide tempat mereka berada. Yang diperlukan hanyalah beberapa klik sederhana, dan artikel ini akan menunjukkan caranya.

Membuat Google Slide Secara Otomatis Memutar Video

Untuk membuat video dimulai secara otomatis segera setelah Anda beralih ke slide, Anda perlu menyesuaikan beberapa opsi. Ikuti langkah-langkah berikut:
Buka ‘Tampilan Normal’ proyek Google Slides Anda.Klik kanan video.Pilih ‘Opsi Format’ dari menu tarik-turun.Pilih ‘Pemutaran Video.’Centang ‘Putar Otomatis saat menyajikan’.
Ada juga alternatif dan cara lebih cepat untuk mengaktifkan pemutaran otomatis.
Klik video di proyek Google Slides Anda.Pilih tombol ‘Opsi Format’ yang muncul di atas video. Menu samping baru akan muncul di sisi kanan layar. Centang kotak ‘Putar Otomatis’ saat mempresentasikan’.
Lain kali ketika Anda pindah ke bagian video slide Anda, itu akan otomatis dimulai.

Cara Membuat Google Slide Otomatis Maju Setelah Video

Jika Anda menginginkan presentasi yang mulus dengan video, Anda mungkin ingin membuat slide Anda maju secara otomatis setelah video diputar. Metode ini mengharuskan Anda mengetahui panjang video Anda.
Klik menu tarik-turun ‘File’ dan pilih ‘Publikasikan ke Web.’Ubah opsi untuk ‘Secara otomatis memajukan presentasi ke slide berikutnya’ dari default ke waktu yang diinginkan.
Anda mungkin harus membuat beberapa item, seperti bentuk dengan penundaan waktu, pada halaman dan menempatkannya di belakang video untuk mendapatkan fitur maju otomatis untuk mengubah slide saat diperlukan.

Cara Menyisipkan Video di Google Slide

Sebelum Anda mulai memutar video secara otomatis, Anda harus terlebih dahulu mempelajari cara memasukkannya dengan benar. Anda dapat menyisipkan video apa pun, baik dari Drive, YouTube, atau layanan streaming lainnya dengan beberapa klik mudah. Untuk melakukannya, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut.
Buka Google Slide dan presentasi Anda (atau buat yang baru). Buka slide tempat Anda ingin menyisipkan video. Pilih tab ‘Sisipkan’ di bagian atas layar. Pilih ‘Video’. Pilih sumber dari mana Anda akan mengupload video. Anda akan dapat memilih di antara tiga tab – YouTube, URL Lain, dan Google Drive. Katakanlah Anda menginginkan video dari YouTube.Ketik atau tempel URL video yang ingin Anda tampilkan di slide Anda.Klik pada video.Tekan ‘Pilih.’Video akan muncul di slide Anda.
Anda dapat menyeret video Anda berkeliling dan mengubah ukurannya. Ini bisa menjadi bagian yang lebih kecil dari slide yang lebih besar, atau dapat mengambil seluruh slide.

Cara Lain untuk Memformat Video

Selain putar otomatis, ada banyak cara lain untuk memformat video di menu ‘Opsi Format’. Anda dapat mengubah waktu awal dan akhir video yang tepat. Ini bisa sangat berguna jika Anda hanya membutuhkan bagian tertentu dari video yang sangat panjang.

Di bawah ‘Putar Otomatis saat menyajikan’ ada opsi ‘Bungkam video’. Jadi, jika audio tidak diperlukan (atau tidak sesuai), audiens Anda hanya dapat melihat gambarnya.

Di bawah opsi ‘Drop shadow’, Anda dapat menambahkan kedalaman ke thumbnail video Anda dengan memberikan bayangan dekat atau jauh ke latar belakang video. menggeser. Dengan cara ini video akan terasa seperti bagian dari slide dan bukannya terlihat tidak pada tempatnya.

Jika Tidak Nyaman – Matikan

Mungkin akan ada beberapa presentasi di mana pratinjau video harus tetap tidak bergerak sampai Anda menyelesaikan pidatonya.

Jadi, ketika Anda tidak membutuhkan video untuk segera memulai, sebaiknya nonaktifkan pemutaran otomatis. Dengan cara ini Anda akan mencegah ketidaknyamanan dan kebutuhan untuk menghentikannya secara manual.

Ketika Anda ingin video Anda tetap tidak bergerak, ikuti langkah yang sama dari bagian pertama artikel ini dan hapus centang pada opsi ‘Putar otomatis saat presentasi’.

Seberapa sering Anda melakukannya menggunakan opsi putar otomatis untuk video Anda di Google Slide? Apakah Anda perlu menonaktifkan fungsi ini? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.