Cara Menambah RAM di Laptop

Apakah laptop anda semakin lemot? Jika demikian, kemungkinan besar ada masalah dengan RAM Anda (Memori Akses Acak.) Untungnya, Anda dapat meningkatkan RAM pada perangkat Anda dan memiliki komputer cepat yang dapat melakukan banyak tugas secara bersamaan.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara meningkatkan RAM pada laptop Anda. Tetap di sini untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Meningkatkan RAM di Laptop

Meningkatkan RAM adalah prosedur yang cukup murah dan mudah. Yang Anda perlukan hanyalah kartu RAM (yang seharusnya hanya membuat Anda kembali beberapa dolar) dan beberapa menit dari waktu Anda.

Berikut cara meningkatkan RAM laptop Anda.

Tentukan Spesifikasi Sistem Laptop Anda.

Harus Anda pertimbangkan meningkatkan RAM pada laptop Anda, Anda harus terlebih dahulu mempelajari spesifikasi sistemnya. Ini adalah properti laptop Anda yang menentukan berapa banyak RAM yang dapat ditampungnya.

Untuk mengetahui tentang spesifikasi sistem Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Tombol Windows + X.Anda akan melihat menu pop-up di sebelah kiri.Dari menu , pilih “Sistem”. Jendela baru akan terbuka dengan semua informasi yang terkait dengan spesifikasi perangkat Anda. Perhatikan “Jenis sistem” dan “jumlah RAM yang terpasang” di sistem Anda.
Sistem operasi 32-bit dapat mendukung hingga 4 GB RAM. Di sisi lain, tergantung pada versi Windows yang Anda jalankan, sistem operasi 64-bit mendukung hingga 2TB RAM. Namun, beberapa perangkat keras komputer hanya mendukung hingga 32 GB RAM. Akibatnya, Anda mungkin mengalami beberapa kendala perangkat keras saat mencoba meningkatkan RAM.

Atau, Anda dapat menggunakan pemindai RAM untuk menentukan jumlah RAM yang tersedia di laptop Anda dan jumlah yang disarankan. Salah satu alat tersebut adalahCrucial.

Pemindaian cepat dengan Crucial akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak slot RAM yang tersedia di perangkat Anda, RAM maksimum yang dapat ditangani, dan berapa jumlah RAM yang tersedia.

Beli Kartu RAM yang Kompatibel dengan Laptop Anda

Lanjutkan untuk membeli yang sesuai Kartu RAM untuk laptop Anda berdasarkan saran Krusial. Anda dapat membeli kartu RAM langsung dari Crucial atau toko online dan toko komputer lainnya. Kartu

RAM biasanya berharga antara $70-$200. Untuk modul yang solid, bersiaplah untuk menghabiskan spektrum yang tinggi dan sebaliknya.

Pemasangan RAM Baru

Untuk memasang RAM baru, ikuti langkah-langkah berikut:
Matikan laptop Anda dengan menavigasi ke “Windows > Power>Power Off.” Lepaskan semua kabel eksternal dari laptop Anda. Ini termasuk kabel pengisi daya, kabel USB, dan headphone. Kenakan gelang antistatis untuk menghindari kerusakan magnet pada beberapa bagian sensitif komputer Anda. Selain itu, mengenakan gelang ini melindungi Anda dari sengatan listrik. Lepaskan panel belakang laptop Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk di manual pengguna Anda untuk memastikan Anda membuka panel kanan. Lepaskan kartu RAM lama dari slot RAM masing-masing. Masukkan kartu RAM ke slot RAM masing-masing. Takik pada slot dan kartu akan membantu Anda melalui proses ini. Tutup panel belakang laptop Anda. Nyalakan komputer Anda. Ini akan secara otomatis mendeteksi RAM baru. Komputer Anda akan secara otomatis mulai menggunakan RAM baru, dan Anda tidak perlu melakukan tindakan tambahan apa pun.
Catatan: Sentuh kartu RAM di tepinya untuk menghindari gangguan pada sistem sirkuit.

Voila! Laptop Anda sekarang akan bekerja secepat mesin baru dengan peningkatan baru ini.

Yang Harus Anda Lakukan jika Laptop Anda Tidak Mengizinkan Peningkatan

Beberapa laptop memiliki panel belakang tertutup yang tidak memungkinkan Anda untuk memodifikasi RAM Anda. Jika Anda tidak memiliki kartu SSD dan RAM Anda di bawah 4GB, maka pilihan terbaik Anda adalah menggunakan drive USB eksternal sebagai RAM.

Untuk menggunakan drive USB eksternal sebagai RAM, pastikan drive tersebut bebas dari virus.
Colokkan USB eksternal Anda drive ke salah satu slot USB di laptop Anda.Buka file explorer Anda, klik kanan pada USB Anda, dan pilih properti.Anda akan melihat widget muncul. Di bilah navigasi, navigasikan ke “ReadyBoost.” Pilih tombol radio yang bertuliskan “gunakan perangkat ini.” Pilih jumlah memori yang ingin Anda gunakan dengan menyeret ikon biru kecil melintasi bilah. Klik “OK” dan terapkan perubahan.
Anda seharusnya sekarang dapat menggunakan ReadyBoost untuk meningkatkan RAM Anda dengan langkah-langkah di atas. Namun, pastikan untuk mengeluarkan drive USB dengan aman, untuk menghindari kerusakan data yang mungkin terjadi di sepanjang jalan.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Menambah RAM di Laptop Anda

Seperti yang disebutkan, jumlah RAM di laptop Anda secara langsung memengaruhi kinerjanya. Dengan RAM rendah, banyak aspek komputer Anda mungkin menjadi terlalu lambat. Secara alami, RAM yang cepat memberikan manfaat yang sempurna. Berikut adalah beberapa di antaranya.NbspSmooth Gaming Experience – Game modern menampilkan grafis yang lebih realistis dan intensif yang membutuhkan RAM yang cukup. Bahkan dengan laptop paling dasar sekalipun, Anda dapat memperoleh pengalaman bermain game yang sempurna selama Anda memiliki RAM yang cukup. Kecepatan Penjelajahan dan Jaringan Lebih Cepat – Jika Anda memiliki RAM rendah, Anda mungkin memperhatikan betapa lambatnya komputer Anda berjalan saat Anda membuka banyak tab browser . Dengan RAM yang cukup, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini. Selain itu, Anda akan melihat peningkatan luar biasa dalam kecepatan jaringan. Menjalankan Program Bersamaan dengan Sempurna – Apakah Anda merasa ngeri setiap kali komputer Anda bekerja dengan lambat hanya karena beberapa program sedang berjalan? Dengan lebih banyak RAM, Anda tidak perlu khawatir lagi. Peningkatan Umum dalam Aktivitas Intensif Grafis – Meningkatkan RAM Anda, akan sangat meningkatkan kinerja program Anda, baik Anda seorang ilustrator, editor video, desainer grafis, atau sekadar kreatif. Karena tindakan ini mengharuskan file sumber tetap terbuka dan merender ulang grafik di layar secara konstan, tindakan ini membutuhkan banyak RAM. Oleh karena itu, meningkatkan RAM di komputer Anda akan menyelesaikan masalah.
Nikmati Komputer Cepat Anda

Laptop yang lambat tidak banyak membantu, itu hanya akan memperlambat tugas sehari-hari Anda. Semoga sekarang Anda tahu bagaimana cara meningkatkan RAM di laptop Anda dan sekarang dapat menikmati kenyamanan perangkat yang jauh lebih cepat.

Pernahkah Anda mengalami laptop yang lemot? Apakah Anda pernah mempertimbangkan untuk meningkatkan RAM-nya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.