Cara Menambahkan Aplikasi ke Taskbar di

Menambahkan aplikasi yang sering digunakan ke bilah tugas memberi Anda akses sekali klik dan menghemat waktu berharga. Windows 11 tidak hanya memungkinkan Anda untuk menyematkan aplikasi favorit ke bilah tugas, tetapi Anda juga dapat menambahkan folder, drive, file, dan bahkan situs web.

Baca terus untuk mempelajari cara menambahkan aplikasi dan item lain yang sering digunakan ke bilah tugas.

Menambahkan Aplikasi ke Taskbar

Taskbar memiliki menu “Start”, “Chat,” “Widgets,” “File Explorer,” “Task View,” “Microsoft Edge,” dan “Microsoft Store” disematkan secara default. Dan Anda dapat menyematkan lebih banyak. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyematkan aplikasi yang telah Anda buka ke bilah tugas:
Dari bilah tugas, klik kanan pada aplikasi. Pilih “Sematkan ke bilah tugas.”
Atau untuk menyematkan aplikasi dari menu “Mulai”:
Buka “Mulai.” Kanan -klik aplikasi, lalu pilih “Sematkan ke bilah tugas.”
Jika aplikasi yang ingin Anda tambahkan tidak ditampilkan di menu “Mulai”, Anda dapat membuka lebih banyak aplikasi dengan:
Mengklik tombol “Semua Aplikasi”.Dari menu ” Semua Aplikasi”, klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda tambahkan. Klik “Lainnya” lalu “Sematkan ke bilah tugas.”
Windows 11 Tambahkan Folder ke Bilah Tugas

Untuk akses cepat, Anda juga dapat menyematkan folder ke bilah tugas. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Klik kanan pada folder yang ingin Anda tambahkan ke taskbar. Pilih “Show more options,” “Send to,” lalu “Desktop (create shortcut).” Klik kanan shortcut folder di desktop Anda dan klik “Properti.” Di bawah opsi “Pintasan”, tambahkan kata “penjelajah”, lalu tambahkan spasi sebelum jalur “Target”. Misalnya, jika folder yang Anda tambahkan bernama “Screenshots”, maka jalurnya akan terlihat seperti ini: explorer C:UsersYour namePicturesScreenshotsKemudian “Apply.” Pilih tombol “Ubah ikon”. Di bidang “Cari ikon di file ini:”, ketik “imageres.dll” lalu tekan “Enter.” Pilih ikon folder yang Anda suka dari daftar. Klik “OK” lalu “OK” lagi dari properti folder. ikon pintasan folder sekarang menampilkan yang Anda pilih. Klik kanan, pilih “Show more options,” lalu “Pin to taskbar.” Folder Anda sekarang akan muncul di taskbar Anda.
Windows 11 Tambahkan File ke Taskbar

Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan file yang sering Anda gunakan ke taskbar Anda . Menambahkan file mencakup langkah yang sama seperti menambahkan folder. Ini dia lagi:
Temukan file yang ingin Anda sematkan ke bilah tugas dan klik kanan padanya. Pilih “Show more options,” “Send to,” lalu “Desktop (create shortcut).” Klik kanan pada pintasan file di desktop, lalu “Properties.” Dari tab “Shortcut”, ketik kata “explorer” diikuti dengan spasi di depan jalur “Target”. Misalnya, jika file yang Anda tambahkan disebut “File01,” maka jalurnya akan terlihat seperti ini: explorer C:UsersNama AndaDocumentsFile01Hit “Terapkan.” Klik opsi “Ubah ikon”. kolom teks “Cari ikon di file ini:”, ketik “imageres.dll” lalu tekan “Enter.” Pilih ikon folder yang Anda inginkan dari daftar. Klik “OK” lalu “OK” lagi. Ikon pintasan file Anda akan ditampilkan sebagai yang Anda pilih. Klik kanan, pilih “Show more options,” lalu “Pin to taskbar.” File Anda sekarang disematkan ke taskbar.
Windows 11 Tambahkan Drive ke Taskbar

Menambahkan drive ke taskbar Anda sangat membantu untuk akses cepat ketika Anda memiliki beberapa mendirikan. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyematkan drive ke bilah tugas Anda:
Dari “File Explorer,” buka “PC ini.” Klik kanan pada drive yang ingin Anda tambahkan dan pilih “Show more options,” lalu “Create shortcut.” Ucapkan “Ya ke prompt yang meminta untuk membuat pintasan di desktop. Klik kanan pada pintasan drive, lalu pilih “Properties.” Dari opsi “Pintasan”, ketik “explorer” diikuti dengan spasi di depan jalur “Target” . Misalnya, jika drive yang Anda tambahkan disebut “Drive01,” maka jalurnya akan terlihat seperti ini: explorer C:UsersNama AndaPerangkat dan driveDrive01Pilih “Terapkan” dan “Ubah ikon.” Ketik ” imageres.dll” di kolom teks “Cari ikon di file ini:”, lalu tekan “Enter.” Pilih ikon drive yang Anda suka, dan klik “OK” lalu “OK” lagi. Ikon pintasan drive akan ditampilkan sebagai satu yang Anda pilih. Klik kanan dan pilih “Show more options,” lalu “Pin to taskbar.” Drive Anda sekarang disematkan ke taskbar.
Windows 11 Tambahkan Situs Web ke Taskbar

Anda juga dapat menambahkan beberapa situs web favorit Anda ke bilah tugas. Ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan situs web melalui Microsoft Edge:
Luncurkan browser “Microsoft Edge”. Arahkan ke situs web yang ingin Anda tambahkan ke bilah tugas. Di kanan atas, klik ikon menu tiga titik. Klik “Pengaturan dan lainnya.”Buka “Alat lainnya,” lalu “Sematkan ke bilah tugas.”
Untuk menambahkan situs web atau halaman web dari Chrome, Anda dapat membuat pintasan untuk meluncurkan Chrome dan akun Gmail kapan pun Anda mengeklik ikonnya. Berikut langkah-langkahnya:
Navigasi ke Gmail di Google Chrome.Masukkan ID email Anda di halaman masuk, lalu “Selanjutnya.”Jangan masukkan kata sandi Anda; sebagai gantinya, klik ikon menu tiga titik di kanan atas. Klik “Pengaturan dan lainnya”, “Alat lainnya”, lalu “Buat pintasan”. Anda akan diminta untuk memberi nama pintasan. Pikirkan nama yang bagus untuk memudahkan identifikasi. Menggunakan contoh Gmail, Anda bisa menyebutnya “Gmail (nama Anda).” Kemudian klik “Buat.” Pintasan akan ditampilkan di desktop Anda. Klik kanan, pilih “Show more options,” lalu “Pin to taskbar.” Ikon akan ditampilkan seperti logo “G” Google di taskbar Anda.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana cara menghapus aplikasi dari taskbar?

Anda dapat melepas sebagian besar pin aplikasi dengan mengklik kanan ikon dan memilih “Lepas sematan dari bilah tugas.” Untuk aplikasi yang tidak dapat Anda hapus, Anda dapat menyembunyikannya. Begini caranya:

1. Klik kanan pada bilah tugas.

2. Pilih “Pengaturan bilah tugas,” “Personalisasi,” lalu “Bilah tugas.”

3. Di sini Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan empat ikon default untuk menampilkan atau menyembunyikannya.
Bagaimana cara memindahkan menu bilah tugas ke kiri?

Ikuti langkah-langkah ini jika Anda lebih suka menu bilah tugas di sebelah kiri:

1. Klik kanan menu bilah tugas dan pilih “Pengaturan bilah tugas.”

2. Klik “Perilaku bilah tugas.”

3. Temukan opsi “Penjajaran bilah tugas” dan klik tombol di sebelah kanan berlabel “Tengah”, dan ubah ke “Kiri.”

4. Tutup jendela pengaturan, dan bilah tugas akan ditampilkan di sebelah kiri bersama dengan ikon menu “Mulai”.

Akses Satu Pintu ke Aplikasi

Kemampuan untuk meluncurkan aplikasi yang paling sering Anda gunakan dengan sekali klik dua kali dapat menghemat waktu. Windows 11 juga menawarkan kenyamanan yang sama untuk file, drive, folder, situs web, dan halaman web yang sering Anda gunakan. Saat Anda membuat pintasan desktop ke item, Anda dapat menyematkannya ke bilah tugas. Item dapat dilepas pinnya kapan saja.

Apa pendapat Anda tentang desain bilah tugas baru di Windows 11? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.