Cara Menambahkan Catatan CNAME di NameCheap

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mengarahkan lalu lintas web dari subdomain ke alamat IP domain lain memerlukan penggunaan data CNAME. Setelah menyiapkan CNAME, Anda tidak perlu mengubah data DNS jika nama host tujuan berubah.

Jika Anda tidak yakin cara menyiapkan data CNAME menggunakan hosting Namecheap, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Teruslah membaca untuk mempelajari cara menambahkan CNAME menggunakan akun Namecheap Anda dan apa yang harus diperhatikan.

Cara Menambahkan CNAME di NameCheap

Berkat antarmuka Namecheap yang bersih dan intuitif, menambahkan data CNAME tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa menit.

If Anda belum melakukannya, masuk ke akun Namecheap Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini.
Klik tombol “Masuk” di sudut kiri atas header halaman.Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda.Tekan “Masuk.”
Setelah mengakses akun, saatnya membuat data CNAME untuk domain Anda.
Buka tab “Daftar Domain” di menu sebelah kiri.Temukan domain Anda di daftar.Tekan tombol “Kelola” di ujung kanan nama domain.Buka ke tab “Advanced DNS” di sudut kanan atas. Gulir ke bawah ke bagian “Host Records” dan ketuk tombol “Add New Record”. Pilih opsi “CNAME Record” di bawah menu “Type”. harus diterima dalam waktu sekitar 30 menit.

Ketika sampai pada langkah 7 dan 8, t berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
Sebuah host tunggal hanya boleh memiliki satu CNAME, Pengalihan URL, ALIAS, atau kumpulan catatan. Beberapa catatan yang ditetapkan untuk host yang sama dapat saling bertentangan. Untuk menghindari hal ini, hapus catatan duplikat. Saat memasuki subdomain host, Anda tidak boleh memasukkan domain itu sendiri. Misalnya, masukkan hanya “www.”Nilai target yang dimasukkan di bidang “Nilai” harus berupa nama domain yang valid. Jika tidak, Anda akan melihat kesalahan yang menyatakan: “Silakan masukkan nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat.” Hindari menyiapkan data CNAME untuk domain kosong, karena ini dapat memengaruhi data MX domain dan layanan email.
Jika Namecheap tidak mengizinkan Anda untuk mengubah bagian Catatan Host, Anda harus mengembalikan pengaturan DNS Anda ke pengaturan DNS default situs. Berikut cara melakukannya.
Ulangi langkah 1-3 dari atas.Ketuk tab “Domain” di bagian atas halaman Anda.Navigasikan ke bagian “Server Nama”.Pilih opsi “Namecheap BasicDNS” dari menu tarik-turun.Klik pada tanda centang di sebelah kanan untuk menyimpan perubahan.
Mungkin perlu waktu hingga 48 jam agar perubahan ini diterima secara global, jadi Anda harus bersabar.

Anda dapat menyiapkan data CNAME menggunakan akun Namecheap hanya jika domain Anda sedang menggunakan salah satu layanan ini.
FreeDNSBasicDNSPremiumDNS
Jika domain Anda menggunakan DNS Namecheap Web Hosting, Anda harus menambahkan CNAME melalui cPanel.

Cara Menambahkan CNAME melalui cPanel

Sebelum menyiapkan data CNAME melalui cPanel, Anda harus menghubungkan nama domain ke paket hosting bersama Anda dan masuk ke akun cPanel Anda. Begini caranya.
Masuk ke akun Namecheap Anda. Buka tab “Daftar Domain” di menu sebelah kiri. Ketuk tombol “Kelola” di sebelah nama domain Anda. Arahkan ke tab “Domain”. Temukan bagian “Server Nama” . Pilih opsi “Namecheap Web Hosting DNS” dari menu tarik-turun. Ketuk tanda centang di sebelah menu tarik-turun untuk menyimpan perubahan.
Setelah perubahan diterapkan, Anda dapat melanjutkan untuk menambahkan catatan CNAME.
Masuk ke akun cPanel Anda. Arahkan ke bagian “Domains” di menu utama cPanel. Klik ikon “Zone Editor”. Temukan domain Anda dan ketuk “Manage” di sebelah tombol “Mix Record”. Tekan tombol biru “Add Record” ” di sebelah kanan.Masukkan domain sumber ke dalam bidang “Nama”. Pilih “CNAME” dari menu tarik-turun “Jenis”. Ketik domain tujuan di bidang “Rekam”. Ketuk tombol “Tambahkan Catatan” pada right.
Data CNAME Anda akan tersedia untuk umum dalam waktu sekitar 30 menit.

CNAME Adalah Nama Game

Apakah Anda perlu memverifikasi domain untuk mendapatkan sertifikat SSL atau membuat domain Anda menampilkan konten domain lain, catatan CNAME adalah kuncinya. Menambahkan CNAME itu sederhana, terlepas dari apakah Anda menggunakan rute Namecheap atau cPanel. Hasilnya, Anda dapat menyiapkan catatan berharga ini hanya dalam beberapa klik.

Pernahkah Anda membuat catatan CNAME? Mengapa Anda membutuhkan CNAME? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.