Cara Menambahkan Catatan Kaki Ke Google Doc

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Catatan kaki di Google Documents adalah cara yang bagus untuk menambahkan komentar, mengutip referensi, atau bahkan memberikan tautan ke sumber dalam teks Anda dengan cara yang tidak mencolok. Mereka lebih baik daripada menyisipkan notasi superskrip atau penjelasan di footer karena memungkinkan Anda memasukkan informasi tambahan dengan cara yang tidak mencolok.

Tetapi bagaimana Anda menambahkan catatan kaki di Google Documents pada perangkat yang berbeda? Baca terus untuk mempelajari tentang menambahkan catatan kaki di Google Documents dan kiat lain seperti cara menghapus atau mengekspornya.

Cara Menambahkan Catatan Kaki di Google Documents di PC

Anda dapat menambahkan catatan kaki ke Google Documents Anda dengan beberapa klik dengan mengikuti langkah-langkah berikut di desktop Anda:
Buka dokumen Anda di aplikasi browser Google Documents.Temukan tempat di teks Anda di mana Anda ingin menambahkan catatan kaki dan letakkan kursor Anda di sana.Klik “Sisipkan” di menu atas. Jika Anda tidak dapat melihat menu, tekan ikon panah yang mengarah ke bawah di sudut kanan atas layar Anda. Di menu tarik-turun, temukan “Catatan Kaki”. Ini akan menempatkan nomor superskrip dalam teks Anda dan Anda dapat mulai mengetik catatan kaki Anda.
Cara lain untuk menambahkan catatan kaki adalah dengan menggunakan pintasan.
Tempatkan kursor Anda di tempat yang diinginkan dalam teks.Tekan tombol Ctrl, Alt, dan F pada Windows atau tombol Command, Option, dan F di Mac, semuanya secara bersamaan.Ketik catatan kaki Anda.
Cara Menambahkan Catatan Kaki di Google Documents di iPad

Anda juga dapat mengelola catatan kaki di Google Documents di iPad Anda.
Luncurkan Google Documents Aplikasi iOS dan pilih dokumen Anda. Aktifkan pengeditan dengan ikon pensil. Letakkan kursor di tempat Anda ingin menambahkan catatan kaki. Ketuk ikon “+” di sudut kanan atas, lalu pilih “Catatan kaki.” Anda dapat mengetikkan catatan kaki Anda now.
Cara Menambahkan Catatan Kaki di Google Documents di iPhone

Menambahkan catatan kaki ke Google Documents di iPhone adalah proses yang serupa:
Buka aplikasi Google Documents iOS lalu dokumen yang Anda inginkan. Ketuk ikon pensil dan tempatkan kursor di tempat catatan kaki Anda akan be.Temukan tanda “+” di bagian atas lalu p ress “Catatan kaki.” Ketik catatan kaki Anda.
Cara Menambahkan Catatan Kaki di Google Documents pada Perangkat Android

Untuk menambahkan catatan kaki ke dokumen Anda di aplikasi Android, ikuti langkah-langkah berikut:
Luncurkan aplikasi Android Google Documents Anda dan buka dokumen Anda.Tekan pensil ikon di sudut kanan bawah untuk mulai mengedit. Letakkan kursor Anda di tempat yang sesuai. Ketuk tanda “+” di bilah alat atas. Jika Anda tidak dapat melihat bilah alat, gulir ke atas di dokumen Anda dan itu akan muncul. Pilih “Catatan Kaki” di menu popup. Dokumen Anda akan beralih ke Tata Letak Cetak.Mulai ketik catatan kaki Anda.
Anda tidak akan dapat melihat catatan kaki saat Anda mematikan Tata Letak Cetak, namun dokumen akan tetap menyimpannya.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Bagaimana cara menghapus catatan kaki di Google Documents?

Jika Anda ingin menghapus catatan kaki, menekan spasi di bagian bawah halaman tidak akan berhasil. Alih-alih menghapus catatan yang ditambahkan, Anda harus menemukan nomor catatan kaki di teks isi dan menghapusnya dari sana. Ini akan secara otomatis menghapus catatan terkait di bagian bawah halaman.
Bagaimana cara mengekspor dokumen dengan catatan kaki?

Anda tidak perlu melakukan langkah ekstra untuk mengekspor dokumen dengan catatan kaki Anda. Jika Anda membuat catatan kaki di dokumen Anda dengan salah satu cara yang dijelaskan di atas, dokumen Anda akan menyimpannya saat Anda mengekspornya. Ekspor dokumen Anda dengan cara berikut:

1. Klik “File” di bilah menu.

2. Arahkan kursor ke “Unduh” dan pilih jenis dokumen Anda, mis. DOCX.

3. Buka dokumen yang diunduh. Anda akan melihat catatan kaki Anda ditampilkan dengan benar di bagian bawah halaman.
Bagaimana cara melihat catatan kaki di aplikasi seluler?

Aplikasi seluler Google Documents tidak menampilkan catatan kaki secara default. Untuk melihat catatan kaki di dokumen Anda, Anda harus beralih ke Tata Letak Cetak di aplikasi Anda. Catatan: Anda juga tidak akan melihat catatan kaki jika dokumen Anda “Tanpa halaman.” Ubah pengaturan ini dengan mengklik “File” dan “Page Setup” pada PC atau tiga titik vertikal dan “Page Setup” pada perangkat seluler.
Mengapa saya tidak dapat menggunakan superskrip untuk menambahkan catatan kaki saya?

Sementara catatan kaki dan superskrip mungkin terlihat identik di Google Documents, mereka memiliki perbedaan mendasar. Misalnya, nomor catatan kaki akan secara otomatis bergeser saat Anda menambahkan yang baru sebelumnya di dokumen, menjaga dokumen Anda tetap teratur. Memindahkan bagian dokumen juga tidak akan menjadi masalah.

Perbedaan antara catatan kaki dan superskrip juga akan terlihat saat Anda mengunduh dokumen. Mengarahkan kursor Anda di atas superskrip catatan kaki akan menampilkan catatan yang sesuai, berbeda dengan nomor superskrip biasa.
Bagaimana cara menambahkan catatan akhir di Google Documents?

Jika Anda ingin menampilkan catatan kaki Anda di akhir dokumen alih-alih halaman masing-masing, Anda dapat menggunakan catatan akhir Google Documents juga menawarkan catatan akhir, tetapi Anda harus menambahkan ekstensi terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh alat Endnote Generator dengan mengeklik tab “Ekstensi” di bilah menu, lalu memilih “Dapatkan add-on.” Setelah terinstal, Anda hanya perlu menjalankan Endnote Generator untuk mengumpulkan semua catatan Anda di akhir dokumen.

Sempurnakan Dokumen Anda Dengan Catatan Kaki

Sumber dan referensi sering kali merupakan bagian penting dari sebuah dokumen. Fitur catatan kaki di Google Documents memungkinkan Anda untuk menyisipkannya dengan mudah, baik saat Anda mengetik di desktop, iPad, atau perangkat seluler. Tambahkan catatan untuk meningkatkan keandalan tulisan Anda atau berikan informasi tambahan kepada pembaca Anda.

Di platform mana Anda menggunakan Google Documents? Seberapa mudah menurut Anda menambahkan catatan kaki pada platform itu? Beri tahu kami tentang pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.