Cara Menambahkan Donasi ke Twitch

Jika Anda seorang streamer Twitch, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan donasi dari streaming Anda. Untungnya, menyiapkan saluran Anda untuk menerima donasi bukanlah tugas yang sulit sama sekali.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menambahkan donasi ke saluran Twitch Anda menggunakan Streamlabs, Tombol Donasi PayPal, dan Bits.

Cara Menambahkan Donasi ke Anda Twitch Stream

Jika Anda ingin menerima donasi di aliran Twitch Anda, opsi yang bagus adalah Bits. Bits adalah bentuk mata uang yang asli dari platform Twitch. Mata uang memiliki nilai dunia nyata, seperti uang fiat.

Namun, untuk menerima donasi dalam bentuk Bit, Anda harus menjadi afiliasi atau mitra di platform. Untuk menjadi mitra, Anda harus memiliki beberapa bentuk keterlibatan dan konten berkualitas yang sesuai dengan komunitas Twitch.

Sebagai mitra, Anda secara otomatis memenuhi syarat untuk menerima Bit dari pemirsa melalui kotak pesan. Tidak diperlukan pengaturan dari pihak Anda. Selain itu, Anda dapat melangkah lebih tinggi dan menerima langganan dari pemirsa Anda.

Cara Menambahkan Donasi ke Twitch PayPal

Jika Anda memiliki akun PayPal, akan lebih mudah untuk menerima donasi dari pemirsa Twitch Anda. Pertama, Anda cukup membagikan alamat email akun dengan pemirsa Anda di obrolan atau di bawah bagian tentang dan meminta mereka untuk menyumbang. Anda juga dapat menggunakan PayPal.me, layanan PayPal populer yang memungkinkan Anda menerima pembayaran melalui tautan khusus alih-alih alamat email.

Namun, proses pembayaran yang membosankan dapat menjadi penghalang besar bagi mereka yang bersedia menyumbang ke aliran Anda. Di situlah tombol donasi PayPal masuk. Ini menyederhanakan seluruh proses donasi sehingga memudahkan penggemar Anda untuk menyumbang dengan mengklik tombol.

Berikut cara menyiapkannya:
Masuk ke akun PayPal Anda.Navigasi ke “Bayar & Dapatkan Bayaran>Terima pembayaran> Tombol pembayaran.” Sekarang Anda akan melihat jendela dengan banyak widget. Pilih “Tombol Donasi.” Di jendela baru, klik widget yang bertuliskan, “Letakkan tombol di situs web Anda.” Pilih preset penyesuaian untuk tombol PayPal Anda. Anda juga dapat memilih untuk memiliki tombol Anda sendiri dengan mengunggah gambar khusus yang mencerminkan Merek Twitch Anda. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan. Anda dapat mengunggah logo khusus yang sesuai dengan halaman donasi Anda. Terakhir, masukkan pesan yang menyentuh hati dan lanjutkan.Pada widget berikutnya, pilih mata uang Anda, dan prasetel pilihan lainnya untuk donasi Anda.Klik “Berikutnya” lalu “Selesai” untuk menyelesaikan penyiapan donasi.
Anda akan melihat tautan yang dapat dibagikan ke halaman donasi PayPal. Sekarang setelah Anda memiliki tautan ke halaman donasi Anda, saatnya untuk menambahkannya ke saluran Twitch Anda. Berikut cara melakukannya:
Kembali ke dasbor Twitch Anda. Klik avatar pengguna di pojok kanan atas. Pilih “Saluran” Di jendela baru, klik “Obrolan”. Jendela baru akan terbuka. Gulir ke bawah dan nyalakan sakelar sakelar “Edit Panel”. Anda akan melihat jendela baru dengan beberapa panel aktif Anda. Di bagian bawah, pilih widget kosong yang memiliki tanda plus di tengahnya. Klik “Tambahkan Panel teks atau gambar” untuk melanjutkan. Beri donasi Anda judul dan deskripsi yang sesuai. Yang terpenting, di bawah “Tautan Gambar Ke”, masukkan tautan yang dapat dibagikan yang Anda buat dari situs web PayPal. Kirim widget yang baru dibuat.
Sekarang pengguna Anda akan dapat melihat widget donasi kapan pun mereka menonton streaming Anda. Ketika mereka mengkliknya, mereka akan diarahkan ke halaman donasi PayPal Anda dan berhasil memberikan donasi.

Cara Menambahkan Donasi ke Twitch di Streamlabs

Streamlabs adalah salah satu platform paling populer yang digunakan streamer Twitch untuk menerima donasi dan tip. Plus, platform tidak memotong donasi Anda selain dari biaya transaksi dari sisi PayPal.

Berikut cara menyiapkan donasi untuk saluran Twitch Anda menggunakan platform:
Buka Streamlabs.com dan daftar akun. Saat melakukannya, gunakan opsi akun Twitch untuk mempermudah seluruh proses boarding. Meskipun, Anda dapat mendaftar menggunakan platform lain juga. Pada bilah pencarian di dasbor Anda, ketik “Pengaturan Donasi.” Jendela baru akan terbuka, menampilkan semua metode pembayaran yang didukung. Klik pada opsi PayPal karena ini adalah yang paling populer dalam daftar. Modal widget akan muncul yang merinci proses orientasi PayPal. Klik “Hubungkan”. Ini akan mengarahkan Anda ke situs web PayPal untuk otentikasi. Ikuti petunjuk pada wizard. Seluruh proses otomatis. Setelah proses orientasi PayPal, klik “Kembali ke Streamlabs.” Anda sekarang akan melihat bahwa PayPal terhubung. Klik “Pengaturan” untuk menyesuaikan pengaturan donasi Anda. Pilih prasetel pilihan untuk donasi Anda yang mencakup spanduk gambar, jumlah minimum, jumlah yang diinginkan, dll. Di bawah “Halaman Anda”, Anda akan melihat tautan ke halaman donasi Anda, yang sekarang dapat Anda bagikan dengan pemirsa Twitch Anda.
Voila! Anda sekarang dapat menerima donasi Twitch dengan Streamlabs. Anda juga dapat menggunakan metode pembayaran lain dan pengaturannya cukup mirip dengan yang dibahas di atas.

Namun, memiliki tautan ke halaman donasi saja tidak cukup. Pengguna Twitch Anda perlu tahu bahwa Anda memiliki halaman donasi, bukan? Jadi, lanjutkan dan tambahkan tautan ke saluran Twitch Anda. Silakan lihat langkah-langkah yang ditunjukkan di atas tentang cara menambahkan donasi Twitch ke PayPal Anda.

Cara Menambahkan Donasi ke Twitch di Perangkat Seluler

Menyiapkan donasi Twitch di ponsel adalah proses yang sedikit berbeda dari metode yang disebutkan di atas. Perbedaan kecil dengan ponsel bermuara pada antarmuka.

Juga, Streamlabs memiliki versi aplikasi seluler. Sayangnya, aplikasi tidak memiliki Pengaturan Donasi. Akibatnya, Anda harus menuju ke situs web Streamlabs untuk menyelesaikan penyiapan Donasi.

Berikut cara melakukannya:
Di ponsel Anda, masuk ke akun Streamlabs Anda menggunakan Twitch.Buka “Pengaturan” dan sambungkan ke Akun PayPal. Setelah itu, tahan dan salin tautan ke halaman tip Anda. Itu ada di bagian atas halaman dengan font emas. Anda tidak dapat melewatkannya. Buka Twitch.tv dan ketuk “aA” di bagian atas. Pilih opsi yang mengatakan, “Minta Situs Web Desktop.” Anda sekarang akan melihat antarmuka yang menyerupai versi desktop situs web. Klik avatar Anda di kanan atas dan navigasikan ke “Saluran.” Buka bagian “Tentang” atau “Obrolan” dan klik “Edit panel”. ”Klik widget kosong di bagian bawah dan lanjutkan untuk mengisi tautan ke halaman tip yang Anda salin dari situs web Streamlabs. Kirim formulir dan selesai.
Menyiapkan donasi di ponsel bukanlah salah satu tugas yang paling sederhana. Namun, itu bisa dilakukan.

Mulai Menerima Donasi untuk Aliran Twitch Anda

Menambahkan donasi ke aliran Twitch Anda tidak perlu repot. Dengan beberapa metode donasi yang tersedia untuk ruang Twitch, Anda pasti akan menemukan satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, penyiapannya hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Dari opsi donasi yang dibahas di atas, mana yang sudah Anda coba? Seperti apa pengalaman tersebut? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.