Cara Menambahkan Emoji ke Teks di Notion

Menambahkan emoji ke halaman Notion Anda mungkin terdengar agak konyol. Tapi estetika memainkan peran penting dalam bagaimana Anda menyusun ruang kerja Anda.

Emoji sebenarnya banyak digunakan di Notion. Anda mungkin pernah melihatnya di halaman dan daftar yang disertakan dengan platform, secara default. Menambahkan emoji ke ruang kerja Anda dapat memecahkan kebosanan baris teks yang tak ada habisnya. Berikut cara menambahkan emoji di Notion dan lebih banyak lagi tentang emoji di platform, secara umum.

Menambahkan Emoji di Teks

Meskipun Notion bersifat progresif dan penuh fitur, Notion tidak memiliki fitur emoji bawaan. Tapi jangan khawatir. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi perangkat Windows dan macOS dapat menambahkan emoji jika didukung – dan Notion pasti mendukungnya.

Untuk melihat daftar emoji yang tersedia untuk ditambahkan ke teks Notion, pilih bagian teks yang ingin Anda tambahkan satu dan tekan Win + . kunci. Pastikan Anda tidak menggunakan “.” tombol yang terletak di Num pad pada keyboard Anda, tetapi “.” simbol di bagian utama keyboard. Untuk perangkat macOS, gunakan Cmd + Ctrl + Space.

Ini akan memunculkan daftar semua emoji yang tersedia. Dan itulah inti dari cara Anda menambahkan emoji ke teks di Notion dan di tempat lain.

Menambahkan/Mengubah Ikon

Saat pertama kali membuka Notion, Anda akan melihat banyak entri dalam daftar master di sebelah kiri fitur emoji di depannya. Terlebih lagi, setelah Anda mengklik salah satu entri ini, Anda akan melihat emoji yang tepat, hanya lebih besar dari teks biasa. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mencapai kustom, emoji besar yang juga muncul di daftar konten sebelah kiri, jangan khawatir. Ini sangat mudah dilakukan.

Setiap halaman atau subhalaman dalam Notion memiliki opsi Tambahkan ikon di atas judul pertama. Jika Anda tidak melihatnya, arahkan kursor ke nama halaman dan itu akan muncul. Mengklik di sini akan menambahkan ikon acak. Pada gilirannya, mengklik ikon acak yang baru ditambahkan akan membuka daftar semua emoji yang tersedia. Anda juga dapat mengunggah gambar pilihan Anda, atau menambahkannya melalui tautan. Either way, ikon yang dipilih akan muncul di daftar konten sebelah kiri.

Anda juga dapat memilih Acak di menu emoji dan ikon acak akan ditetapkan ke halaman/subhalaman yang dimaksud. Untuk menghapus ikon sama sekali, gunakan Hapus di sudut kanan atas menu emoji.

Menambahkan Sampul

Ketika Anda menemukan perintah Tambahkan ikon sebelumnya, Anda mungkin melihat opsi Tambahkan sampul. Yah, Anda mungkin sudah menebaknya – ini bekerja hampir sama dengan sampul Facebook – ini adalah gambar latar belakang yang akan menutupi area atas halaman Anda, membuatnya terlihat lebih profesional. Secara default, setelah Anda memilih fungsi Tambahkan sampul, gambar galeri stok Notion acak akan muncul di bagian atas halaman atau subhalaman. Arahkan kursor ke atasnya dan pilih Ubah sampul. Ini akan membuka menu serupa seperti menu emoji dari sebelumnya. Anda akan dapat memilih dari berbagai pilihan warna dan gradien, serta dari berbagai galeri, seperti NASA.

Namun, jika Anda ingin menggunakan foto Anda sendiri di sini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih Unggah di bagian atas dari menu. Kemudian, pilih Pilih gambar dan temukan gambar yang ingin Anda unggah. Ada juga opsi tautan, tempat Anda bisa menempelkan tautan luar ke gambar, dan Unsplash, tempat Anda dapat memilih dari berbagai gambar.

Setelah selesai menambahkan sampul, Anda dapat memposisikan ulang dengan mengarahkan kursor dan memilih Reposisi. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyeret gambar untuk menggunakannya di posisi pilihan Anda.

Sampul ini tidak akan muncul di depan halaman/subhalaman di menu konten. Satu-satunya hal yang dapat Anda lihat adalah ikon pilihan Anda emoji.

Menambahkan Gambar

Untuk membuat teks Anda terlihat lebih baik, Anda harus mengunggah atau menautkan gambar luar. Halaman Gagasan Anda bisa sederhana dan tidak memiliki apa-apa selain ikon emoji. Namun, mereka bisa lebih berorientasi profesional, ke titik di mana mereka bahkan tidak akan terlihat seperti halaman Notion, tetapi artikel profesional. Notion dapat memungkinkan mesin pencari untuk menampilkan artikel Anda sebagai hasil pencarian, dan membuatnya tersedia untuk umum.

Di sinilah penggunaan gambar dalam teks dimulai. Menambahkan gambar semudah mengklik ikon + di sebelah kotak konten kosong. Atau, cukup ketik “/”. Dalam kedua kasus, menu konten yang sama akan terbuka. Gulir ke bawah ke entri Gambar atau ketik “gambar” di kotak pencarian. Setelah Anda menambahkan entri Tambahkan gambar, Anda akan diminta untuk memilih gambar dari komputer Anda atau menempelkan tautan ke gambar di opsi Sematkan tautan.

Tempatkan gambar secara strategis dan gunakan semua opsi pemformatan di Notion untuk membuat apa pun dari Roadmap lanjutan hingga artikel profesional yang sah.

Bonus: Menambahkan Emoji dan Ikon di Seluler

Menambahkan emoji ke teks menggunakan perangkat seluler semudah menambahkan emoji saat mengirim pesan teks. Gunakan menu emoji ponsel/tablet Anda yang tersedia sebagai bagian dari keyboard perangkat Anda.

Ketika datang ke ikon dan sampul, setelah Anda menambahkan halaman atau subhalaman baru, ketuk bagian atas halaman dan opsi Tambahkan ikon akan muncul. Dari sini, Anda akan memiliki opsi yang sama dengan desktop. Hal yang sama berlaku untuk sampul. Cukup ketuk opsi Tambahkan sampul setelah itu terungkap dan lakukan apa yang Anda lakukan di komputer Anda.

Menambahkan Emoji dan Gambar ke Notion

Notion tidak ketat dalam hal emoji. Bahkan, ia memiliki beberapa ikon default yang sudah diatur dengan ikon emoji. Tetapi ada begitu banyak kemungkinan lain untuk membuat halaman Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Gunakan opsi emoji, ikon, dan sampul untuk menciptakan ruang kerja yang sempurna untuk diri Anda dan tim Anda.

Sudahkah Anda menambahkan emoji ke halaman Gagasan Anda? Atau apakah Anda lebih suka menjaga segala sesuatunya tetap profesional? Seperti apa ruang kerja Anda, secara estetis? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah. Dan jangan ragu untuk melampirkan gambar halaman Notion favorit Anda juga.