Cara Menambahkan Google Drive Bersama ke Windows File Explorer

Jika Anda dan tim atau rekan kerja Anda menggunakan Google Drive bersama, Anda mungkin ingin mengaksesnya dengan cepat dan mudah. Hanya dalam beberapa menit, Anda dapat menambahkan drive bersama ini ke File Explorer di Windows.

Ini adalah opsi yang nyaman karena menghilangkan kebutuhan untuk membuka browser Anda, masuk ke Google Drive, dan menavigasi ke item di drive bersama yang Anda membutuhkan. Cukup buka File Explorer dan go.

Catatan: Mulai Mei 2022, drive bersama tersedia untuk akun Google Workspace termasuk Business Standard dan Plus, Enterprise, Education Fundamentals, Teaching & Learning Upgrade, Standard, and Plus, Nonprofits, dan G Suite Business ; Essentials.Download dan Instal Google Drive untuk Desktop

Langkah pertama dalam mengakses drive bersama Anda di Windows adalah mengunduh aplikasi. Kunjungi situs Google Drive untuk Desktop dan klik “Unduh Drive untuk Desktop” yang akan secara otomatis mendeteksi platform Anda.

Akses unduhan Anda melalui folder atau bilah alat untuk browser yang Anda gunakan dan buka file GoogleDriveSetup.exe.

Saat diminta, klik “ Ya” untuk mengizinkan Windows menjalankan penginstal untuk Google Drive di komputer Anda.

Anda kemudian akan ditanya apakah ingin menambahkan pintasan aplikasi ke desktop atau pintasan untuk Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Centang kotak sesuai preferensi Anda dan klik “Instal.”

Ketika proses selesai, Anda akan melihat permintaan untuk masuk. Ini diperlukan untuk menghubungkan akun Google Anda ke aplikasi. Klik “Masuk Dengan Browser.”

Pilih dan masuk ke akun Google yang ingin Anda gunakan atau tambahkan akun lain jika Anda tidak melihat akun yang benar dalam daftar.

Selanjutnya, Anda akan menerima pesan dengan tiga pernyataan yang harus Anda konfirmasi untuk keselamatan Anda. Saat Anda siap, klik “Masuk.”

Setelah berhasil masuk ke akun Anda, Anda akan melihat pesan seperti itu di browser Anda. Anda kemudian dapat menutup tab atau jendela browser tersebut.

Anda juga akan melihat pesan konfirmasi pop-up dari aplikasi Google Drive. Klik “Tutup” untuk mengakui dan melanjutkan.

Selain itu, Anda mungkin melihat peringatan yang lebih kecil bahwa Google Drive sedang memuat file Anda. Jika demikian, Anda dapat mengklik “OK” untuk mengakui dan menutup notifikasi.

Buka Google Drive di File Explorer

Anda kemudian dapat membuka File Explorer di Windows seperti biasa. Anda akan melihat Google Drive terdaftar di sebelah kiri di bawah PC ini secara default. Anda dapat memperluas Google Drive untuk menampilkan Drive Saya dan Drive Bersama. Pilih “Drive Bersama” untuk melihat item Anda.

Jika Anda memilih untuk menempatkan ikon Google Drive di desktop, Anda dapat mengklik dua kali sebagai alternatif. Ini akan membuka File Explorer dengan Google Drive yang dipilih untuk Anda.

Sesuaikan Preferensi Google Drive Anda

Setelah Anda menginstal Google Drive untuk desktop, Anda dapat membuat penyesuaian preferensi jika Anda mau. Ini termasuk mengubah drive, mencerminkan file versus streaming, meluncurkan pada startup sistem, menambahkan akun Google lain, dan banyak lagi.

Buka System Tray Anda dan pilih ikon Google Drive. Klik ikon roda gigi dan pilih “Preferensi.”

Pilih “Google Drive” di sebelah kiri untuk melihat set pengaturan pertama. Untuk lebih lanjut, klik ikon roda gigi di kanan atas.

Buat perubahan yang Anda inginkan dan klik “Selesai.”

Izinkan Akses Offline ke File Drive Bersama

Jika Anda memiliki file tertentu di Google Drive bersama yang Anda inginkan tersedia untuk akses offline, hanya perlu beberapa klik.

Buka Google Drive di File Explorer dan pilih “Drive Bersama” untuk melihat item Anda. Klik kanan item, pindahkan kursor ke Akses Offline, dan pilih “Tersedia Offline” di menu pop-out untuk memberi tanda centang di sebelahnya.

Memiliki Google Drive langsung di desktop berguna bagi mereka yang menggunakannya secara teratur. Jadi, dapat melihat drive itu di File Explorer membuatnya lebih baik.

Itulah berita seputar Cara Menambahkan Google Drive Bersama ke Windows File Explorer, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.