Cara Menambahkan Instagram ke Google Authenticator

Google Authenticator adalah aplikasi hebat yang meningkatkan keamanan online Anda dengan memberikan kode verifikasi dua langkah. Setiap kali Anda masuk ke suatu aplikasi, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi dan kode yang dibuat oleh aplikasi tersebut. Ini mencegah penyusup potensial mengakses akun Anda. Instagram adalah salah satu dari banyak aplikasi yang memungkinkan Anda menggunakan aplikasi Google Authenticator untuk melindungi akun Anda.

Jika Anda ingin tahu cara menambahkan Instagram ke Google Authenticator, Anda datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan apa yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan Google Authenticator di Instagram menggunakan perangkat Android atau iPhone Anda.

Menambahkan Instagram ke Google Authenticator

Google Authenticator didasarkan pada otentikasi dua faktor (2FA). Ini adalah lapisan keamanan tambahan yang memverifikasi identitas seseorang. Bagaimana cara kerjanya? Pertama, pengguna mengetikkan nama pengguna dan kata sandi mereka untuk mengakses jejaring sosial atau aplikasi. Alih-alih mendapatkan akses secara otomatis, pengguna diharuskan memasukkan “faktor kedua.” Biasanya, faktor tersebut mewakili kombinasi unik dari huruf dan angka atau jawaban untuk pertanyaan “rahasia”. Opsi lanjutan lainnya adalah pola sidik jari dan pemindaian suara.

Dengan 2FA, seseorang perlu mengetahui kedua faktor tersebut untuk mengakses akun. Jadi, bahkan jika seseorang mengetahui kata sandi Anda, mereka tidak akan dapat masuk ke akun Anda tanpa faktor kedua.

Google Authenticator adalah aplikasi hebat yang memungkinkan Anda mengatur 2FA untuk berbagai aplikasi dan program, termasuk Instagram. Ini sepenuhnya gratis dan mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang tidak paham teknologi.

Menambahkan Instagram ke Google Authenticator di iPhone

Aplikasi Google Authenticator dapat diunduh dari App Store. Ingatlah bahwa Anda perlu mengakses aplikasi Instagram untuk menambahkan Google Authenticator ke dalamnya.

Berikut cara menambahkan Google Authenticator ke Instagram Anda:
Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda jika diminta. Pilih gambar profil Anda di kanan bawah pojok.Tekan tiga garis di sudut kanan atas.Buka “Pengaturan.”Pilih “Keamanan.”Ketuk “Otentikasi dua faktor.”Tekan “Mulai.” Di sini, Anda akan melihat tiga opsi: Aplikasi Otentikasi, WhatsApp, dan Pesan teks. Pilih “Aplikasi Otentikasi.” Setelah Anda mengganti tombol sakelar, Instagram akan memeriksa apakah Anda telah menginstal aplikasi Google Authenticator. Jika tidak, mereka akan merekomendasikan instalasi. Ingatlah bahwa Instagram akan mengarahkan Anda ke “Duo Mobile.” Dalam hal ini, gunakan tombol pencarian untuk menemukan Google Authenticator. Setelah Anda menginstal aplikasi, kembali ke Instagram dan ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan 2FA.
Menambahkan Instagram ke Google Authenticator di Android

Pengguna Android dapat meningkatkan akun Instagram mereka keamanan menggunakan aplikasi Google Authenticator. Ikuti petunjuk di bawah untuk mengaturnya:
Luncurkan aplikasi Instagram di ponsel Anda dan masuk ke akun Anda jika perlu. Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan bawah. Pilih tiga baris di sudut kanan atas. Pilih “Pengaturan .”Ketuk “Keamanan.” Tekan “Otentikasi dua faktor.” Ketuk “Mulai. Dari tiga opsi, pilih yang pertama (Aplikasi Otentikasi) dengan mengganti tombol sakelar. Setelah Anda melakukannya, Instagram akan secara otomatis memeriksa apakah Anda memiliki aplikasi autentikator yang terpasang di Android Anda. Jika Anda tidak memilikinya, aplikasi akan merekomendasikan “Duo Mobile.” Tekan tombol pencarian di pojok kanan atas untuk menemukan dan menginstal Google Authenticator. Setelah menginstal aplikasi, kembali ke Instagram dan ikuti petunjuk untuk menyiapkan 2FA.
FAQs
Cara mentransfer kode Google Authenticator ke perangkat baru

Jika Anda menggunakan Google Authenticator untuk banyak akun, Anda mungkin berpikir beralih ke perangkat baru itu rumit. Untungnya, aplikasi ini membuat transfer kode ke perangkat baru menjadi mudah dan cepat. Anda memerlukan perangkat lama Anda dengan kode Google Authenticator dan yang baru untuk melakukannya. Berikut cara mentransfer kode:

1. Instal Google Authenticator di ponsel baru Anda. Bergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan, unduh aplikasi dari Play Store atau App Store.

2. Luncurkan aplikasi dan pilih “Memulai.”

3. Pilih “Impor akun yang ada?” pilihan di bagian bawah.

4. Ambil ponsel lama Anda, buka aplikasi Google Authenticator, dan tekan tiga titik.

5. Pilih “Transfer akun” dan pilih “Ekspor akun.”

6. Tandai akun yang ingin Anda pindahkan ke perangkat baru Anda dan tekan “Next.” Ponsel lama Anda sekarang akan membuat kode QR yang harus Anda pindai dengan ponsel baru Anda. Jika Anda memilih lebih dari satu akun, Anda mungkin perlu memindai beberapa kode QR.

7. Ambil ponsel baru Anda dan pilih “Pindai Kode QR”.

Setelah memindai kode, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa akun Anda telah ditransfer ke perangkat baru.
Kode saya salah. Apa yang harus saya lakukan?

Mendapatkan kode yang salah bukanlah masalah yang tidak biasa di Google Authenticator. Untungnya, menyelesaikan masalah ini tidak rumit. Sebelum melanjutkan ke langkah-langkahnya, konfirmasikan bahwa Anda memasukkan kode yang benar sebelum kedaluwarsa. Anda juga harus memastikan waktu di perangkat Anda sesuai dengan zona waktu Anda. Jika Anda masih mendapatkan pemberitahuan bahwa kode Anda salah, Anda dapat mencoba menyinkronkan perangkat Anda:

1. Luncurkan aplikasi Google Authenticator dan tekan tiga titik.

2. Pilih “Koreksi waktu untuk kode.”

3. Tekan “Sinkronkan sekarang.”

Jaga Akun Instagram Anda Aman dan Terjamin

Sayangnya, memiliki kata sandi yang kuat tidak selalu menjadi jaminan bahwa akun Anda terlindungi. Google Authenticator memungkinkan Anda menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Instagram Anda dan mencegah penyusup potensial mengaksesnya. Karena berfungsi sebagai hub untuk semua akun online Anda, Anda dapat menggunakannya untuk jejaring sosial dan aplikasi lainnya. Meskipun beberapa orang mungkin menganggap langkah ekstra terlalu banyak, kami akan mengatakan bahwa selalu lebih baik aman daripada menyesal.

Kami harap artikel ini menjelaskan cara menggunakan Google Authenticator untuk akun Instagram Anda dan bahwa Anda sekarang menikmati keamanan yang ditingkatkan.

Apakah Anda menggunakan 2FA untuk melindungi akun Anda? Apakah Anda pernah memiliki masalah dengan itu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.