Cara Menambahkan Seni Album ke MP3

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsTanpa iTunesTanpa Windows Media PlayerPerangkat Hilang?
Beralih dari CD fisik ke format digital seperti MP3 secara mendasar telah mengubah cara kita mendengarkan musik. Namun, satu hal tampaknya tetap sama. Seperti pada CD, kami masih memiliki musik kami yang diatur berdasarkan album yang selalu memiliki sampul album.

Sampul ini terkait dengan album. Kita sebagai pendengar cenderung mengenali cover dan merasa lebih terikat pada album jika sampul album menarik bagi kita. Tetapi dengan MP3, terkadang tidak ada gambar yang dilampirkan padanya. Untungnya, ini dapat diubah, dan artikel ini akan memberi tahu Anda caranya.

Cara Menambahkan Seni Album ke MP3 di Windows 10

Ketika peralihan besar dari album fisik ke digital terjadi, platform yang paling banyak digunakan di antara pengguna Windows untuk memutar MP3 adalah Windows Pemutar Media. Program ini masih tersedia dan berfungsi dengan baik di Windows 10. Selain memberi Anda perasaan nostalgia, program ini juga memberi Anda opsi mudah untuk menambahkan sampul album ke MP3.
Temukan MP3 yang ingin Anda tambahkan sampul dan klik kanan pada itu. Daftar dengan opsi akan muncul. Pilih “Buka dengan.” Pilih “Windows Media Player.” Ketika musik mulai diputar, MP3 ditambahkan ke perpustakaan Windows Media Player. Temukan foto yang ingin Anda tambahkan dan klik kanan padanya. Klik kanan pada foto dan pilih “Salin.” Buka Windows Media Player lagi. Klik “Musik” di menu sebelah kiri. Klik kanan MP3 yang telah Anda tambahkan ke perpustakaan sebelumnya. Pilih “Tempel Album Art.”
Cara Menambahkan Seni Album ke sebuah MP3 di Mac

Sementara pengguna Windows mendengarkan musik digital di Windows Media Player, pengguna Mac melakukannya di iTunes. Dalam beberapa langkah mudah, Anda dapat mengubah artwork dari satu atau lebih lagu.
Buka iTunes.Klik “Songs” di sisi kiri.Pilih satu atau lebih lagu.Buka “Info” lalu “Artwork.” Klik “Add Artwork.” Pilih gambar dan klik “Open.”
Anda dapat melewati dua langkah terakhir hanya dengan menyeret gambar ke area artwork.

Cara Menambahkan Seni Album ke MP3 di Windows 7

Cara termudah untuk menambahkan sampul album untuk Windows 7 adalah sama seperti untuk Windows 10 – menggunakan Windows Media Player. Langkah-langkahnya adalah:
Klik kanan pada gambar yang ingin Anda tambahkan.Klik “Copy.”Buka Windows Media PlayerCari album atau lagu yang ingin Anda edit dan klik kanan di atasnyaPilih “Paste Album Art”
Cara Menambahkan Album Seni ke MP3 di Perangkat Android

Peralihan dari CD ke MP3 juga secara mendasar mengubah cara kita mendengarkan musik. Sekarang Anda dapat mendengarkan musik di mana saja dari perangkat yang berbeda. Dan sejak saat itu, kami mulai mendengarkan musik dari ponsel sambil berjalan, berlari, dan bepergian.

Tapi bagaimana cara menambahkan sampul album jika Anda menggunakan ponsel Android untuk memutar file MP3?

Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi gratis dari Google Play store bernama Album Art Grabber. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan sampul seni secara otomatis atau manual.
Buka Album Art Grabber.Impor MP3.Ketuk lagu.Menu “Pilih Gambar Dari” akan muncul. Pilih sumber impor gambar.Pilih gambar pilihan Anda.
Cara Menambahkan Seni Album ke MP3 di iPhone

Sayangnya, menambahkan Seni Album ke MP3 di iPhone tidak dapat dilakukan secepat ponsel Android. Anda harus meluncurkan aplikasi iTunes di Mac atau PC Anda untuk membuat perubahan apa pun. Untuk melakukannya:
Buka iTunes dari desktop Anda.Klik menu kiri atas.Buka “Musik.” Dan kemudian “Perpustakaan.” Klik kanan pada album atau lagu. Pilih “Info album.” Klik “Edit” lalu “Karya Seni.” Pilih opsi “Tambah Karya Seni”. Pilih gambar yang Anda inginkan dan klik “Buka,” dan kemudian “OK.” Sekarang hubungkan iPhone Anda melalui USB dan pilih ikon perangkat di sudut kiri atas aplikasi. Buka “Pengaturan” dan kemudian “Musik.” Pilih “Sinkronkan Musik” dan “Seluruh Perpustakaan Musik.” Klik pada “Terapkan” di kanan bawah.
Cara Menambahkan Seni Album ke MP3 Tanpa Windows Media Player

Selain Windows Media Player, ada beberapa opsi lain untuk menambahkan sampul album di Windows. Salah satunya adalah Groove Music yang merupakan pemutar musik default untuk Windows 10. Untuk menambahkan sampul album, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Groove Music. Klik kanan pada lagu untuk membuka daftar opsi. Pilih “Show Album.” Klik tiga titik di pojok kanan bawah. Pilih “Edit info.” Klik ikon pena. Pilih gambar yang Anda inginkan. Klik “Simpan.”
Cara lain untuk menambahkan sampul album adalah dengan menggunakan VLC Media Player. Ini gratis untuk diunduh dan salah satu pemutar media paling populer di kalangan pengguna Windows, Mac, dan Linux. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka VLC Media Player.Impor file MP3.Klik “Tools” di pojok kiri atas.Pilih “Media information.”Jika sudah ada cover, akan terlihat di kanan bawah; klik kanan padanya. Pilih “Tambahkan Seni Sampul dari file.” Pilih foto yang Anda inginkan. Klik “Tutup.”
Cara Menambahkan Seni Album ke MP3 Mac Tanpa iTunes

Seperti PC Windows, Anda juga dapat menambahkan sampul album dengan menggunakan VLC Pemutar Media. Langkah-langkahnya sama seperti untuk PC Windows.

Untuk VLC Media Player:
Buka VLC Media Player dan Impor file MP3. Klik “Tools” di sudut kiri atas dan pilih “Media information” dari menu. Jika ada penutup sudah, itu akan terlihat di kanan bawah. Klik kanan pada seni. Pilih “Tambahkan Sampul Seni dari file.” Pilih foto yang Anda inginkan dan klik “Tutup” untuk menyimpan perubahan.
Untuk alat online GetAlbumArt:
Buka https://getalbumart.net/.Seret dan jatuhkan atau telusuri MP3 yang ingin Anda unggah. Unggah fotonya. Anda akan diarahkan ke halaman unduhan. Pilih opsi “Unduh”.
Mengakhiri Catatan Tinggi

Menambahkan sampul album ke file MP3 dimungkinkan pada Windows dan Mac serta Android dan iPhone. Tidak hanya itu, tetapi dimungkinkan untuk melakukannya dengan beberapa cara yang berbeda tetapi masih relatif sederhana. Perlu diingat bahwa langkah-langkah dapat bervariasi tergantung pada ponsel Android, tetapi langkah-langkah dasarnya tetap sama. Sekarang Anda dapat membiarkan kreativitas Anda mengalir!

Apa cara favorit Anda untuk memutar file MP3? Sudahkah Anda berhenti menggunakannya? Cara mana untuk mengubah sampul album yang Anda sukai? Apa sampul album favoritmu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!