Cara Menambahkan Subdomain ke Domain di NameCheap

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda sudah memiliki domain dan ingin menambahkan fitur atau fungsi terpisah ke situs web Anda, Anda tidak perlu membeli nama domain lain. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat subdomain gratis. Dan jika Anda menggunakan Namecheap sebagai domain atau penyedia hosting Anda, kesepakatan menjadi lebih manis. Perusahaan ini terkenal dengan layanan berkualitas dan harga terjangkau.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menambahkan subdomain melalui akun Namecheap Anda. Anda juga akan belajar bagaimana melakukannya menggunakan akun cPanel Namecheap Anda. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Menambahkan Subdomain Melalui Akun Namecheap Anda

Jika server nama Anda mengarah ke “Namecheap BasicDNS”, Anda dapat menambahkan subdomain baru secara langsung melalui dasbor Namecheap Anda:

Berikut caranya:
Buka ke Akun Namecheap. Di bilah sisi kiri, klik “Daftar Domain.” Anda sekarang akan melihat daftar semua domain Anda. Silakan dan klik “KELOLA” di bawah domain yang ingin Anda tambahkan subdomainnya. Pada menu tarik-turun “NAMESERVERS”, pastikan “Namecheap BasicDNS” dipilih. Klik “DNS Lanjutan.” Klik “TAMBAHKAN REKAM BARU .”Dari opsi, pilih “A Record.” Isi Host (ini pada dasarnya adalah nama subdomain Anda) dan alamat IP server Anda. Untuk menemukan alamat IP Anda, buka cPanel dan periksa di sidebar kanan di bawah “INFORMASI UMUM.” Jika situs web domain Anda dimulai dengan “www,” Anda mungkin ingin mengulangi Langkah 7 untuk bagian www karena itu tidak akan disebarkan otomatis.Klik ikon tanda centang hijau untuk memperbarui perubahan.
Sekarang tidak sulit, bukan? Namun, perhatikan bahwa perubahan baru mungkin memerlukan waktu hingga setengah jam untuk diterapkan dan diterima secara global. Jadi, jangan panik jika subdomain baru Anda tidak segera muncul.

Cara Menambahkan Subdomain di Namecheap melalui cPanel

Jika nameserver Anda diarahkan ke “Namecheap Web Hosting DNS”, Anda mungkin ingin membuat subdomain baru menggunakan cPanel alih-alih proses yang disebutkan di atas.

Berikut ini cara menambahkan domain melalui Namecheap cPanel:
Anda Masuk ke akun Namecheap Anda. Arahkan ke “Daftar Hosting.” Klik “GO TO CPANEL” pada domain yang ingin Anda buat subdomain for.Di bilah pencarian, ketik “Subdomain” dan pilih hasil pertama yang muncul. Di bawah “Subdomain”, ketik nama subdomain Anda. Selanjutnya, tekan tombol “Enter”. cPanel akan secara otomatis mengisi jalur direktori default untuk subdomain Anda di bawah “Document Root.” Jika Anda lebih suka menggunakan jalur direktori yang berbeda untuk file subdomain Anda, edit detail yang secara otomatis diisi di kotak “Document Root”. Klik “Buat .”
Jika prosesnya berhasil, Anda akan melihat pesan peringatan di bagian atas layar yang memberi tahu Anda bahwa subdomain telah berhasil dibuat. Selain itu, beri waktu beberapa saat agar Namecheap secara otomatis menginstal sertifikat SSL gratis di domain yang baru Anda buat. Umumnya, menyiapkan subdomain melalui cPanel dapat memakan waktu hingga 40 menit agar perubahan menyebar secara global.

Mengapa Anda Ingin Membuat Subdomain

Ada beberapa alasan mengapa Anda ingin membuat subdomain. Berikut adalah beberapa yang paling umum:
Menguji Situs Web Baru – Jika Anda mencoba menerapkan fungsi atau desain baru di situs web Anda, akan lebih baik untuk mencobanya di subdomain terlebih dahulu sebelum menjadi arus utama dengan ide Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk ide yang belum Anda yakini. Membuka Toko Online – Jika Anda telah menjalankan situs web selama beberapa waktu sekarang dan ingin menambahkan toko online ke itu, akan lebih baik untuk membuat subdomain terpisah untuk itu daripada membeli domain baru.Membuka Bagian Blog – Bisnis sekarang lebih dari sebelumnya telah menyadari pentingnya memiliki blog di situs web utama mereka. Dan membuat subdomain terpisah untuk blog adalah tempat yang baik.
Ini hanya beberapa contoh mengapa Anda mungkin memerlukan subdomain. Sungguh, kemungkinannya tidak terbatas.

FAQ Tambahan
Berapa biaya subdomain?

Jika Anda sudah memiliki domain, membuat subdomain tidak dikenakan biaya tambahan untuk paket hosting Anda saat ini.
Berapa panjang nama subdomain?

Nama yang Anda berikan ke subdomain Anda tidak boleh lebih dari 60 karakter. Namun, seperti halnya domain, pilih nama yang lebih pendek, sebaiknya, 15 hingga 17 karakter.
Berapa jumlah maksimum subdomain yang dapat saya tambahkan ke domain Namecheap saya?

Jika saat ini Anda menggunakan paket Hosting Bersama Stellar, Anda dapat membuat maksimal 30 subdomain untuk setiap domain. Namun, jumlah ini tidak terbatas jika Anda menggunakan Stellar Plus atau Stellar Business plan.

Selain itu, jika domain Anda diarahkan ke server “Namecheap BasicDNS”, Anda dapat menambahkan hingga 150 subdomain, tetapi jumlah ini bervariasi di berbagai penyedia domain.

Mulai Membuat Subdomain Anda Sendiri

Subdomain adalah cara terbaik untuk menyusun situs web Anda tanpa merusak bank. Selain itu, Anda tidak perlu menjadi seorang jenius teknologi dan tidak akan menghabiskan banyak waktu Anda.

Sudahkah Anda mencoba membuat subdomain menggunakan langkah-langkah yang kami uraikan di atas? Apakah itu berhasil? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.