Cara Menambahkan Teks Dengan Rumus di Google Spreadsheet

Mengetik teks di sel Google Spreadsheet itu sederhana. Tetapi bagaimana jika Anda ingin mengedit teks itu untuk memasukkan lebih banyak dan menerapkannya ke banyak sel? Menggunakan beberapa metode berbeda, Anda dapat menambahkan teks menggunakan rumus.

Jika Anda menelusuri web, Anda akan menemukan bahwa ada beberapa cara untuk mengganti, mengubah, atau mengganti teks di Google Spreadsheet. Tetapi jika Anda hanya ingin menambahkan teks yang ada, ada beberapa rumus cepat dan mudah.

Menggabungkan Teks Dengan Fungsi CONCATENATE

Anda mungkin sudah familiar dengan fungsi CONCATENATE karena tersedia di Google Spreadsheet dan Microsoft Excel sebagai cara untuk menggabungkan teks. Fungsi ini memungkinkan Anda menambahkan teks dari beberapa sel atau string dalam urutan apa pun yang Anda suka.

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah CONCATENATE(string1, string2, …) di mana hanya argumen pertama adalah diperlukan.

Sebagai contoh, kami ingin menambahkan ID indikator- ke awal nomor pesanan kami di sel D2. Anda akan menggunakan rumus berikut:

=CONCATENATE("ID-",D2)

Perhatikan bahwa teks yang ingin Anda tambahkan harus ditempatkan dalam tanda kutip.

Setelah fungsi dan rumus melakukan tugasnya, Anda dapat menyalin rumus ke sel yang tersisa untuk mengubah sisa nomor pesanan. Seret gagang isian di sudut kanan bawah sel yang berisi rumus untuk menyalinnya ke bawah.

Fungsi ini cukup fleksibel untuk menambahkan teks di beberapa lokasi dalam string. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat menambahkan ID- ke awal dan -1 ke akhir nilai di sel D2. Kemudian lagi, gunakan gagang isian untuk sel yang tersisa.

=CONCATENATE("ID-",D2,"-1")

Untuk satu contoh lagi, CONCATENATE memungkinkan Anda menambahkan teks dari sel lain juga. Di sini, kami ingin menambahkan nomor telepon pelanggan kami di sel C2 ke akhir nomor pesanan mereka di sel D2 dengan spasi di antaranya. Kemudian gunakan gagang isian untuk menerapkan rumus yang sama ke sel lainnya.

=CONCATENATE(D2," ",C2)

Tambah Teks Dengan Fungsi Ampersand Operator

A bukan satu-satunya cara untuk menambahkan teks menggunakan rumus di Google Spreadsheet . Sebagai alternatif untuk CONCATENATE, Anda dapat menggunakan operator ampersand.

Kami akan menggunakan contoh yang sama di atas untuk menambahkan ID- ke awal nomor pesanan kami di sel D2. Anda akan menggunakan rumus ini:

="ID-"&D2Advertisement

Ampersand di tengah menggabungkan keduanya dengan cara yang sama seperti CONCATENATE, tetapi bagi banyak orang lebih mudah diingat dan lebih cepat dimasukkan.

Plus, Anda dapat menggunakan gagang isian persis seperti Anda akan dengan formula lain sehingga menyalinnya ke sel tambahan sangat mudah.

Mari kita gunakan operator ampersand untuk contoh kedua kita di atas di mana kita menambahkan ID- ke awal nomor urut di sel D2 dan -1 sampai akhir. Berikut rumusnya:

="ID-"&D2&"-1"

Jadi sekarang Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ampersand berfungsi dengan banyak referensi sel dan bahkan spasi? Jawabannya adalah Anda bertaruh! Kami akan menggunakan ampersand untuk menggabungkan nomor telepon pelanggan di sel C2, spasi, dan nomor pesanan di sel D2.

=D2&" "&C2

Seperti halnya dengan CONCATENATE, spasi ditempatkan dalam tanda kutip seolah-olah itu adalah kata atau khusus character.

Sisipkan Teks Menggunakan LEFT, MID, dan RIGHT

Jika Anda ingin menambahkan teks ke tengah string teks di dalam sel, Anda dapat melakukannya menggunakan fungsi REGEXREPLACE untuk mengganti teks. Namun, Anda memerlukan sedikit pengetahuan dengan ekspresi reguler, yang memiliki kurva belajar yang curam. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan fungsi KIRI, MID, dan KANAN dengan operator ampersand.

Sintaks untuk KIRI dan KANAN sama, KIRI(string, karakter) tempat Anda dapat menggunakan teks atau referensi sel untuk string dan angka untuk karakter.

Sintaks untuk MID adalah MID(string, start, length) di mana Anda dapat menggunakan teks atau referensi sel untuk string dan angka untuk karakter awal dan panjang yang akan diekstrak.

Untuk menambahkan tanda hubung setelah karakter pertama dalam nilai kita di sel D2 dan pertahankan nilai yang tersisa tetap sama, Anda dapat menggunakan rumus ini:

=LEFT(D2,1)&"-"&RIGHT(D2,5)

String kita panjangnya enam karakter . Jadi rumus KIRI mereferensikan sel dan kemudian karakter pertama, ampersand menambahkan tanda hubung dalam tanda kutip, ampersand lain menambahkan akhir string dengan referensi sel dan lima karakter yang tersisa menggunakan rumus KANAN.

Dengan rumus berikut ini, kita’ akan menggunakan ketiga fungsi untuk menambahkan tanda hubung setelah dua karakter pertama dan sebelum dua karakter terakhir dalam string yang sama. Anda akan menggunakan rumus ini:

=LEFT(D2,2)&"-"&MID(D2,3,2)&"-"&RIGHT(D2,2)

Dengan menyisipkan fungsi MID di antara dua lainnya, kita dapat mengembalikan segmen di tengah string. Bagian rumus untuk MID ini dipecah dengan referensi sel, jumlah karakter awal, dan jumlah karakter.

Seperti dengan rumus lainnya, Anda dapat menggunakan gagang isian untuk menyalin ke bawah. Namun, jika Anda memiliki jumlah karakter yang berbeda di setiap string, hasilnya akan miring. Jadi, ingatlah ini.

Dengan berbagai cara untuk menggabungkan atau mengedit teks dalam sel, ini adalah cara tercepat dan termudah untuk menambahkan teks baru ke teks yang ada di Google Sheets.

Untuk selengkapnya, lihat cara menggunakan DAN dan ATAU di Google Spreadsheet .

Itulah berita seputar Cara Menambahkan Teks Dengan Rumus di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.