Cara Menampilkan Perubahan di Microsoft Excel di Desktop

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Luncurkan alat “Tampilkan Perubahan” dari tab Tinjau pada pita untuk melihat daftar perubahan beserta pengguna yang membuatnya. Anda juga dapat memfilter perubahan ini untuk mencari perubahan tertentu saja.

Apakah Anda melihat sesuatu yang tidak biasa di spreadsheet Excel Anda? Ingin tahu bagaimana perubahan itu bisa terjadi? Baik Anda bekerja dengan orang lain atau sendirian di lembar Excel, ada cara sederhana untuk melihat perubahan yang terjadi.

Dengan mengklik tombol, Anda dapat melihat perubahan dalam buku kerja untuk setiap lembar. Anda dapat melihat siapa yang mengedit, kapan mereka membuatnya, dan apa yang berubah.

Fitur ini pertama kali tersedia di Excel untuk web, tetapi kemudian ditambahkan ke aplikasi desktop Excel di Windows dan Mac untuk pelanggan Microsoft 365.

Dengan fitur Tampilkan Perubahan, Anda dapat melihat hasil edit pada nilai sel dan rumus hingga 60 hari. Ini termasuk perubahan yang melibatkan pemindahan, pengurutan, penyisipan, dan penghapusan. Namun, Anda tidak dapat melihat perubahan pada bagan, bentuk, objek, operasi tabel pivot, pemformatan, sel tersembunyi, pemfilteran, atau lokasi yang dihapus.

Cara Menampilkan Perubahan di Excel

Buka buku kerja Excel Anda, buka tab Tinjau, lalu pilih “Tampilkan Perubahan” di bagian Perubahan pada pita.

Anda akan melihat panel terbuka di sisi kanan dengan daftar perubahan untuk buku kerja. Anda akan melihat orang yang membuat perubahan dengan tanggal dan waktu.

Anda kemudian dapat meninjau lembar, item, dan sel yang telah diedit.

Untuk melihat perubahan di lembar, pilih referensi sel, nama lembar, atau ikon edit (pensil) di kotak untuk perubahan di sidebar. Anda kemudian akan melihat item yang diubah disorot di sheet.

Gunakan Filter untuk Menampilkan Perubahan

Secara default, Anda akan melihat semua perubahan pada buku kerja saat Anda mengklik tombol Tampilkan Perubahan. Tetapi Anda juga dapat memfilter daftar untuk melihat lembar atau rentang sel tertentu.

Dengan bilah sisi Perlihatkan Perubahan terbuka, pilih panah tarik-turun filter di bagian atas. Anda dapat memindahkan kursor ke Spreadsheet dan kemudian memilih spreadsheet tertentu di menu pop-out untuk hanya melihat perubahan tersebut.

Anda juga dapat memilih “Rentang” untuk melihat perubahan pada sel tertentu.

Masukkan rentang sel (dengan nama sheet) di kotak di sebelah kanan atau pilih sel pada lembar untuk mengisi kotak Rentang. Kemudian, klik panah hijau untuk melihat perubahan tersebut.

Setelah Anda selesai menggunakan filter, pilih “Hapus Filter” di menu tarik-turun. Panel kemudian menampilkan seluruh daftar perubahan lagi.

Melihat perubahan yang Anda atau kolaborator Anda buat di Excel lebih mudah dari sebelumnya. Pastikan untuk menyimpan panduan ini di bookmark untuk penggunaan di masa mendatang.

Disadur dari HowToGeek.com.