Cara Mencerminkan atau Membalik Teks di Microsoft Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda menjadi kreatif di Microsoft Word dengan sesuatu seperti tanda, pengumuman, atau pamflet, Anda mungkin ingin melakukan sesuatu yang unik dengan teks Anda. Anda dapat mencerminkan teks untuk membuatnya mencerminkan, atau membalik teks terbalik.

Meskipun Anda tidak dapat memanipulasi string teks dalam bentuk normalnya untuk menyelesaikan pencerminan atau membalik, Anda dapat menggunakan kotak teks sebagai gantinya. Ini juga memberi Anda kebebasan untuk menempatkan teks di mana pun Anda suka dengan tampilan yang tepat.

Menambahkan Kotak Teks di Word

Anda dapat menambahkan kotak teks di Word hanya dalam beberapa langkah sederhana. Buka dokumen Anda, pilih halaman tempat Anda menginginkan kotak teks, lalu buka tab Sisipkan.

Buka menu tarik-turun Kotak Teks di bagian Teks pada pita dan pilih “Gambar Kotak Teks.” Anda akan melihat bahwa Anda juga dapat menggunakan salah satu kotak teks yang sudah jadi di menu. Jika Anda menginginkan yang memiliki sedikit pemformatan atau warna, Anda dapat memilih salah satunya dan kotak itu akan langsung muncul ke dalam dokumen Anda.

Untuk menggambar kotak teks, klik dan seret ke ukuran yang Anda inginkan saat kursor berubah menjadi simbol crosshair. Anda juga dapat mengubah ukurannya setelah menggambar dengan menyeret sudut atau tepi.

Kemudian, cukup masukkan teks Anda ke dalam kotak.

Mirror Text di Word

Setelah Anda memiliki teks di kotak yang ingin Anda cerminkan, klik kanan kotak teks dan pilih “Format Bentuk.”

Ketika bilah sisi terbuka, pilih “Opsi Teks” di bagian atas dan kemudian buka Efek Teks.

Pilih teks di dalam kotak dan kemudian perluas bagian Refleksi di bilah sisi.

Gunakan menu tarik-turun Preset untuk pilih jenis refleksi yang Anda inginkan. Anda akan melihat opsi berbeda untuk refleksi ketat, setengah, dan penuh. Apa pun yang Anda pilih, Anda dapat menyesuaikan tampilannya.

Kemudian, gunakan pengaturan Transparansi, Ukuran, Kabur, dan Jarak untuk mencerminkan teks persis seperti yang Anda inginkan.

Jika Anda membuat penyesuaian pada teks seperti warna, gaya, atau pemformatan , teks yang dicerminkan diperbarui secara otomatis.

Setelah selesai, Anda dapat menutup bilah sisi menggunakan X di kanan atas.

Anda dapat memformat kotak teks untuk mengakomodasi teks Anda juga jika Anda mau. Pilih kotak, buka tab Format Bentuk dan gunakan alat di pita untuk menghapus batas, menambahkan gaya, atau meratakan teks, tergantung pada bagaimana Anda ingin kotak teks muncul.

Membalik Teks di Word

Jika Anda ingin membalik teks di dokumen Word, Anda dapat melakukannya setelah menambahkan kotak teks. Pilih kotak teks untuk menampilkan gagang putar (panah melingkar di atas).

Kemudian, seret gagang putar ke kanan atau kiri hingga kotak teks terbalik beserta teks di dalamnya.

Seperti di atas untuk mirroring teks, Anda kemudian dapat memilih kotak teks dan menggunakan alat pada tab Format Bentuk untuk membuat perubahan pada tampilan kotak.

Ketika Anda ingin melakukan sesuatu yang berbeda dengan teks di dokumen Word Anda dan berpikir bahwa mirroring atau membaliknya adalah yang Anda butuhkan , hanya perlu beberapa menit.

Untuk selengkapnya, lihat cara menautkan kotak teks atau cara memberi batas di sekitar teks di Word.

Itulah berita seputar Cara Mencerminkan atau Membalik Teks di Microsoft Word, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.