Cara Mencerminkan iPad ke Perangkat Roku

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Salah satu keuntungan terbesar memiliki iPad adalah menghubungkannya ke pemutar media Roku Anda. Anda dapat duduk dan bersantai sambil menonton video dan gambar di layar lebar dari iPad Anda. Atau tingkatkan presentasi kerja Anda dengan menghubungkan perangkat seluler Anda dengan cepat ke Roku, dengan percaya diri membawa perhatian ke konten penting.

Meskipun tidak mungkin untuk mencerminkan seluruh tampilan ke Roku, Anda masih dapat mencerminkan file gambar, video, dan musik yang disimpan di tablet. Ini berarti Anda tidak akan melihat video game dan aplikasi seperti Twitch. Namun, menghubungkan kedua perangkat menawarkan cara unik untuk menikmati konten Anda.

Terus membaca untuk mempelajari cara mencerminkan iPad Anda ke Roku sehingga Anda memanfaatkan file media Anda sebaik mungkin.

Cara Mencerminkan iPad Dengan Aplikasi Roku

Mencerminkan berbagai jenis konten adalah proses yang cukup mudah setelah Anda melakukan beberapa penyesuaian dan menyiapkan perangkat Roku.

Cara Mengatur Roku untuk Mencerminkan iPad

Anda harus mengunduh aplikasi Roku Remote Control ke tablet terlebih dahulu. Anda dapat menemukannya di Apple Store dan menginstalnya.

Karena aplikasi ini tidak sepenuhnya kompatibel dengan perangkat iPad, Anda harus menyesuaikan pengaturan agar dapat dijalankan dalam layar penuh. Untuk memperbesar tampilan, tekan ikon panah di bagian bawah layar.

Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa pengaturan pemutar Roku Anda memungkinkan Anda untuk mencerminkan iPad Anda. Berikut cara melakukannya:
Gunakan Remote Control Roku dan pilih “Pengaturan” di bilah alat di bagian kiri layar Roku Anda. Selanjutnya, temukan tab “Sistem” dan klik “Pencerminan Layar. “Saat Anda memasuki mode Screen Mirroring, Anda akan memiliki dua opsi. Anda dapat memilih “Prompt” atau “Selalu izinkan”. Jika Anda menggunakan “Prompt”, Roku Anda akan selalu meminta izin saat Anda mencoba untuk mencerminkan tablet.
Setelah Anda mengaktifkan pencerminan layar pada pemutar media Roku, Anda dapat melanjutkan untuk mencerminkan iPad Anda.

Cara Mencerminkan iPad Dengan Aplikasi Roku

Tablet Anda dan Roku harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, jadi periksa pengaturan koneksinya untuk memastikan itu masalahnya.
Luncurkan aplikasi Roku Remote Control di tablet Anda.Pilih bagian “Media” di bagian bawah layar Anda untuk mengaktifkan transfer gambar, video, dan musik dari tablet Anda ke pemutar Roku Anda. Jika Anda telah memilih “Prompt” dalam mode Screen Mirroring, aplikasi sekarang akan meminta Anda untuk menyambungkan ke perangkat Roku Anda. Pilih jenisnya konten yang ingin Anda transfer ke Roku Anda. Telusuri gambar, musik, dan video Anda hingga Anda menemukan konten yang diinginkan.
Setelah Anda mengeklik gambar atau video, Roku Anda akan menampilkannya di layar TV. Saat Anda memasukkan folder gambar, klik ikon “Mainkan”, dan semua gambar yang disimpan di sana akan muncul dalam tayangan slide. Gesek dengan jari Anda atau gunakan tombol kontrol di bawah gambar untuk bolak-balik melalui tayangan slide.

Cara Mencerminkan iPad Dengan Apple AirPlay

Menggunakan aplikasi Roku adalah cara paling populer untuk mencerminkan iPad Anda, tetapi ada opsi lain yang sangat baik untuk dilakukan ini. AirPlay juga memungkinkan Anda menggunakan layanan streaming Roku untuk mencerminkan perangkat iOS.

Cara Memeriksa apakah Perangkat Roku Anda Kompatibel Dengan AirPlay

Untuk memeriksa apakah AirPlay akan bekerja dengan baik dengan Roku, Anda harus mengetahui versi perangkat lunak dan model perangkat.

Berikut cara menentukannya:
Buka layar beranda Anda dan pilih “Pengaturan.” Pilih “Sistem.” Klik “Tentang.” Informasi perangkat kemudian akan muncul di layar.
Perangkat Roku Anda harus beroperasi pada Roku OS 9.4 dan lebih tinggi atau Roku OS 10.0 atau lebih tinggi untuk bekerja dengan AirPlay. Anda dapat menemukan daftar perangkat yang kompatibel di sini.

Tablet dengan OS 12.3 atau lebih baru mendukung streaming dengan Apple AirPlay.

Apa yang Harus Disesuaikan Sebelum Menghubungkan AirPlay ke Perangkat Roku Anda

Jika Anda menggunakan Roku Streambar atau Roku TV, sambungannya akan terputus dari jaringan Wi-Fi setelah Anda mematikannya. Untuk mencegah hal ini, Anda harus mengaktifkan fitur untuk mempertahankan koneksi yang stabil. Mengaktifkan fitur ini akan memperkuat koneksi nirkabel dan memungkinkan Anda untuk menautkan AirPlay ke perangkat Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:
Klik tombol “Beranda” pada remote control Roku Anda. Selanjutnya, gulir melalui opsi dan tekan “Pengaturan.” Pilih “Sistem,” lalu pilih “Daya.” Pilih “Mulai TV cepat” di TV Anda atau gunakan “Mulai cepat” di Streambar.
Pengaturan ini sekarang memungkinkan Anda mengirim gambar, video, dan musik dari tablet ke Perangkat Roku menggunakan AirPlay.

Cara Mencerminkan iPad Anda ke Roku Dengan AirPlay

Setelah Anda memeriksa bahwa tablet dan perangkat Roku Anda menggunakan koneksi Wi-Fi yang sama, Anda dapat mencerminkan iPad Anda dan mengalirkan konten di layar lebar menggunakan AirPlay.
Temukan file gambar, audio, atau video yang ingin Anda kirim ke perangkat Roku di tablet Anda. Jika Anda ingin mentransfer gambar atau video, buka aplikasi video dan pilih ikon “AirPlay video”. Buka musik dan aplikasi audio lainnya saat Anda ingin berbagi lagu, rekaman, atau podcast. Kemudian, pilih “AirPlay audio.” Menu AirPlay akan terbuka. Gulir dan pilih perangkat Roku.
Perhatikan bahwa Anda mungkin harus mengeklik tombol “Bagikan” sebelum ikon AirPlay muncul dalam beberapa kasus.

Ketika konten Anda mulai mengalir di layar Roku, Anda dapat menggunakan tablet atau remote control Roku Anda untuk menjeda, membalikkan, atau memutar media. Tekan ikon “Beranda” pada remote Roku untuk mengakhiri sesi pencerminan.

Apa yang Harus Dilakukan jika Perangkat Roku Anda Tidak Muncul di Menu AirPlay

Ada tiga alasan umum AirPlay tidak mendaftarkan perangkat Roku Anda saat Anda mencoba streaming konten dari iPad Anda:
Tablet atau perangkat Roku Anda mungkin tidak kompatibel dengan AirPlay.
Pastikan bahwa kedua perangkat mendukung AirPlay sebelum Anda mencoba untuk mencerminkan layar iPad Anda.
Perangkat dan tablet Roku Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang berbeda.
Anda hanya dapat gunakan AirPlay untuk melakukan streaming konten di Roku setelah kedua perangkat menggunakan koneksi nirkabel yang sama.
Anda telah mematikan AirPlay di perangkat Roku Anda.
Langkah-langkah berikut akan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan AirPlay:
Di perangkat Roku Anda, buka “Pengaturan.” Pilih “Apple AirPlay dan HomeKit.” Tekan “Aktif” untuk mengaktifkan AirPlay.
Cara Menggunakan Aplikasi Pencerminan Layar

Opsi terakhir yang akan kami sebutkan adalah meningkatkan pengalaman visual Anda dengan aplikasi pencerminan pihak ketiga. Aplikasi Pencerminan Layar adalah pilihan yang sangat baik, dan memungkinkan Anda mengirim film, video, gambar, dan dokumen yang telah Anda simpan ke perangkat Roku Anda.

Berikut cara menggunakannya:
Unduh aplikasi di tablet Anda dan luncurkan.Pastikan Perangkat iPad dan Roku berada di jaringan nirkabel yang sama. Temukan dan pilih file yang ingin Anda kirim ke TV Roku Anda. Klik ikon “Screen Cast” di sudut kanan atas. Pilih perangkat Roku untuk mencerminkan konten tablet Anda.
Mirroring Content Hanya dengan Beberapa Klik

Mencerminkan iPad Anda ke perangkat Roku tidak harus rumit. Anda berhak menemukan potensi penuh perangkat Anda. Saat Anda memiliki kendali penuh atas konten tablet, Anda dapat meningkatkan pengalaman menonton secara serius dan berhenti menyipitkan mata pada layar kecil di tangan Anda. Sekarang Anda dapat menikmati konten favorit Anda dari kenyamanan ruang tamu Anda saat diputar di layar TV.

Jenis file apa yang biasanya Anda mirror ke Roku? File foto, video, atau audio? Suarakan di komentar di bawah.