Cara Mencerminkan Perangkat Android Anda ke Chromebook

Tautan Perangkats
AndroidChromebookPerangkat Hilang?
Dalam kebanyakan kasus, Android mempermudah pencerminan layar. Namun, tidak ada yang benar-benar mudah dalam hal perangkat Chromebook. Pada intinya, mereka tidak dibuat dengan berbagai fungsi – tujuan Chromebook adalah portabel, ringan dalam hal perangkat lunak, dan mampu melakukan tindakan online.

Namun, ada cara untuk mencerminkan layar Android Anda ke Chromebook Anda, jika melibatkan penggunaan aplikasi pihak ketiga. Untungnya, Android adalah raja dalam hal ini. Berikut cara mencerminkan Android ke Chromebook Anda.

Reflector 3

Aplikasi ini adalah iterasi ketiga dari salah satu aplikasi mirroring layar terbaik pihak ketiga untuk perangkat Android. Ini mendukung Google Cast, Miracast, serta AirPlay. Ya, aplikasi Reflektor 3 memungkinkan Anda untuk mencerminkan layar perangkat Android Anda ke perangkat Chromebook Anda. Berikut cara melakukannya.

Untuk memulai, unduh aplikasi di Chromebook dan perangkat Android Anda. Tunggu hingga aplikasi diunduh dan diinstal (Chromebook) atau izinkan untuk menginstal secara otomatis (Android). Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi di kedua perangkat. Pastikan mereka terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Ini sangat penting – jika perangkat terhubung ke jaringan yang berbeda, metode ini tidak akan berfungsi.

Pada perangkat Android, navigasikan ke sudut kiri atas layar dan buka Menu. Kemudian, pilih opsi Cast Screen/Audio. Anda akan melihat daftar perangkat yang tersedia dan Chromebook Anda seharusnya ada di dalamnya. Ketuk entri Chromebook di sini untuk mulai mirroring.

Vysor

Vysor adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengontrol perangkat Android menggunakan Chromebook. Ini akan menampilkan layar Android Anda di Chromebook, yang pada dasarnya mencerminkan apa pun yang Anda lakukan di layar ponsel/tablet. Untuk semua maksud dan tujuan, ini adalah aplikasi mirroring dengan twist – memungkinkan Anda untuk menggunakan komputer Anda untuk mengontrol telepon Anda.

Versi gratis dari aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencerminkan layar Android Anda, tetapi dengan pilihan resolusi terbatas. Versi berbayar memungkinkan opsi resolusi yang lebih tinggi. Begini caranya.

Pertama-tama, Anda memasang Vysor di Chromebook Anda, bukan perangkat Android Anda. Jadi, buka situs web mereka dan unduh instalasi. Setelah instalasi diunduh, instal aplikasi. Setelah proses selesai, jalankan aplikasi. Pastikan Anda telah mengizinkan USB debugging di Chromebook Anda. Chromebook perlu memiliki akses ke ponsel Android Anda.

Setelah berada di dalam aplikasi Vysor, ketuk tombol Lihat pada daftar perangkat yang tersedia. Tentu saja, pastikan Chromebook dan perangkat Android Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Tunggu semuanya dimuat. Setelah selesai, Anda telah berhasil mencerminkan Android di Chromebook Anda. Plus, sekarang Anda dapat mengontrol apa yang terjadi di ponsel Anda menggunakan mouse dan keyboard.

VMLite VNC Server

Alat ini bukan yang paling mewah atau paling intuitif untuk pencerminan layar. Namun, itu tidak memerlukan rooting, dan dapat digunakan pada model Android apa pun. Intinya di sini adalah bahwa VMLite VNC Server adalah alat pengontrol jarak jauh untuk perangkat Android. Anda tidak akan dapat menggunakannya secara gratis, karena hanya ada versi berbayar yang tersedia. Berikut cara menggunakan aplikasi ini untuk mencerminkan layar Android Anda di Chromebook.

Unduh aplikasi dari GooglePlay store. Kemudian, unduh dan instal aplikasi di Chromebook Anda dari situs web resmi mereka. Setelah terinstal di kedua perangkat, aktifkan USB debugging di ponsel Anda. Selanjutnya, sambungkan perangkat Android Anda ke Chromebook melalui kabel USB standar.

Alat di Chromebook Anda akan mengenali perangkat dan opsi server Mulai VMLite akan muncul. Klik itu. Itu saja, mirroring harus dimulai.

AirDroid

Pertama dan terpenting, esensi di balik aplikasi AirDroid adalah manajemen file. Ini cukup jelas saat Anda mengunjungi situs web mereka (yang sangat keren). Namun, versi terbaru alat ini telah menghadirkan berbagai fitur tambahan ke dalam gim. Salah satu fitur ini, tentu saja, fungsi pencerminan layar.

Mulai dengan membuat akun. Gunakan perangkat apa pun untuk ini. Sekarang, unduh aplikasi di ponsel Anda dari Google Play store. Anda juga dapat memindai kode QR di situs web AirDroid untuk menemukan aplikasi dengan cepat. Setelah mengunduh dan memasang di ponsel, pastikan Chromebook dan perangkat Android Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama.

Buka aplikasi di Chromebook. Kode QR akan muncul di layar Chromebook Anda. Pindai dengan perangkat Android Anda. Ikuti petunjuk di layar. Setelah Anda mengikuti semuanya, mirroring akan dimulai.

AllCast

AllCast sebenarnya bukan aplikasi mirroring. Itu tidak akan menampilkan seluruh OS Android Anda di layar Chromebook. Namun, ini memungkinkan Anda untuk melakukan streaming video, foto, dan musik dari ponsel/tablet Anda, langsung di perangkat Chromebook. Jika Anda ingin mencerminkan layar Android untuk tujuan ini, menggunakan casting alih-alih mirroring adalah ide yang jauh lebih baik, lebih cepat, dan lebih responsif.

Meskipun versi gratis dari alat ini memang ada, ini membatasi durasi video yang dapat Anda transmisikan dan lakukan iklan fitur. Versi berbayar tidak memiliki batasan ini. Berikut cara menggunakan AllCast untuk mentransmisikan konten dari ponsel Android Anda di Chromebook.

Pertama, buka Toko Web Chrome dan cari aplikasi AllCast. Setelah Anda menemukannya, unduh dan instal. Di perangkat Android Anda, buka Google Play store dan cari aplikasinya. Unduh dan izinkan untuk menginstal. Setelah berhasil dipasang di kedua perangkat, buka aplikasi di ponsel Anda dan pilih browser Chrome Chromebook sebagai penerima. Terakhir, mulailah mentransmisi konten di Chromebook.

Mirror atau Mentransmisikan Android ke Chromebook

Meskipun pencerminan layar dan transmisi bukan opsi Chromebook default, ada beberapa alat yang akan membantu Anda dalam upaya ini. Coba salah satu aplikasi dari daftar dan temukan yang paling cocok untuk Anda. Masing-masing memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri.

Aplikasi mana dari daftar yang sudah Anda coba? Apakah Anda tetap dengan yang tertentu? Mungkin Anda bahkan memutuskan untuk menggunakan versi berbayar? Silakan dan beri tahu kami di bagian komentar di bawah.