Cara Mencetak Dari iPad

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

iPads tidak kurang dari alat studi dan bisnis yang penting saat ini. Dengan semua fitur yang Anda perlukan dari komputer, cepat atau lambat, Anda mungkin menemukan banyak dokumen penting yang tersimpan di iPad Anda. Jadi, ketika Anda sangat membutuhkan salah satu dokumen di atas kertas, bagaimana cara mendapatkannya?

Karena iPad tidak mendukung pencetakan kabel, Anda mungkin bertanya-tanya tentang cara termudah untuk mencetak sesuatu. Sebelum Anda mulai repot mentransfer file ke PC, baca panduan ini untuk mempelajari cara mencetak langsung dari iPad Anda menggunakan beberapa metode berbeda.

Cara Mencetak Dari iPad Tanpa Wi-Fi

Cara termudah untuk memasukkan dokumen iPad Anda ke kertas adalah dengan menggunakan teknologi AirPrint Apple. Teknologi ini memungkinkan pencetakan tanpa driver – Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal apa pun di iPad seperti biasanya di PC. Namun, ada dua prasyarat agar AirPrint berfungsi:
Printer Anda harus mendukung teknologi AirPrint.Perangkat Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
Kecuali printer Anda adalah model lama, kemungkinan sudah terintegrasi dengan AirPrint. Teknologi ini dirilis pada tahun 2010, dan sebagian besar produsen printer mengikuti perkembangan zaman dan menambahkannya ke perangkat mereka. Jika Anda tidak yakin apakah printer Anda memiliki AirPrint, Anda dapat memeriksa daftar lengkap perangkat yang didukung Apple. Jika printer Anda terdaftar, lanjutkan dengan cara berikut:
Pastikan iPad dan printer Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Buka dokumen yang Anda inginkan dan temukan opsi cetak. Lokasinya akan tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan. Tekan “Cetak” dan pilih opsi “AirPrint”. Sesuaikan pengaturan cetak Anda di jendela sembulan. Pengaturan ini akan bervariasi tergantung pada aplikasinya juga. Berikut adalah opsi yang biasanya Anda lihat: Pilih printer Anda jika tidak dipilih secara otomatis. Pilih warna cetak di bawah “Preset”. Sesuaikan jumlah salinan, halaman yang ingin Anda cetak, ukuran kertas, dan kualitas media jika berlaku. Beralih apakah Anda ingin mencetak dua sisi dan pilih orientasi jika perlu. Tekan “Cetak” di sudut kanan atas setelah Anda selesai dengan pengaturan Anda. Printer Anda akan menerima sinyal dan memulai proses dalam beberapa detik .
Jika Anda tidak dapat menemukan opsi “Cetak” di aplikasi, cari “Bagikan”, yang sering ditandai dengan ikon panah. Di Safari, Anda akan menemukan opsi berbagi di bagian atas, sementara di email Anda, itu akan berada di sudut kanan bawah. Mencetak akan menjadi salah satu opsi berbagi.

AirPrint berfungsi dengan perangkat iOS apa pun yang menjalankan versi 4.2 atau lebih baru, jadi Anda dapat menggunakan metode ini bahkan dengan iPhone Anda.

Cara Mencetak Dari iPad Tanpa AirPrint

Meskipun fitur ini tersebar luas, tidak semua printer mendukung AirPrint . Masih ada beberapa cara Anda dapat mencetak dokumen Anda pada printer nirkabel tanpa opsi ini. Beberapa mengharuskan Anda menggunakan perantara – Mac Anda – sementara yang lain hanya bekerja melalui aplikasi. Lihat opsi di bawah ini jika salah satu dari metode ini memenuhi kebutuhan Anda.

Coba Printopia

Cara pertama untuk mencetak dari iPad Anda tanpa AirPrint adalah dengan menggunakan Printopia. Tidak seperti banyak solusi serupa, alat utilitas ini masih aktif dan berjalan pada tahun 2022. Alat ini menawarkan cara mudah untuk mencetak dokumen Anda seperti teknologi AirPrint, dengan satu perbedaan. Anda memerlukan Mac untuk “menerjemahkan” percakapan antara iPad dan printer Anda. Begini cara kerjanya:
Unduh dan instal Printopia di Mac Anda.Buka dokumen yang ingin Anda cetak di iPad Anda.Tekan “Cetak” dan pilih printer Anda atau “Kirim ke Mac” dari opsi untuk kontrol lebih lanjut.
Jika Anda mengalami kesalahan, Anda mungkin mengaktifkan berbagi printer. Pastikan Anda mematikannya dengan cara ini:
Buka System Preferences di Mac Anda.Buka “Printers & Scanners.” Hapus centang “Share this printer on the network.”
Namun, ada peringatan: Printopia bukan layanan gratis. Namun, Anda dapat mencobanya secara gratis dan memutuskan apakah kenyamanannya sepadan dengan uang yang Anda keluarkan.

Gunakan Aplikasi Printer Anda

Cara lain Anda dapat mencetak pada printer nirkabel tanpa AirPrint adalah dengan menggunakan aplikasi milik printer Anda. Banyak produsen printer, dari HP, Lexmark, Epson, dan Brother hingga Canon, menawarkan aplikasi iOS mereka sendiri yang dapat Anda unduh secara gratis. IPad dan printer Anda juga harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama untuk metode ini.

Selain menawarkan alternatif yang bagus, opsi ini mungkin juga memiliki manfaat lain. Jika Anda mencari kontrol lebih besar atas pengaturan cetak Anda, apa tempat yang lebih baik untuk melihat daripada aplikasi yang dikembangkan oleh produsen printer Anda?

Kirim Email

Tahukah Anda bahwa Anda mungkin dapat mengirim email ke printer Anda? Kedengarannya lucu, tetapi beberapa produsen menawarkan layanan pencetakan jarak jauh yang memberi printer Anda alamat email yang unik. Mengirim dokumen Anda ke alamat email ini akan meminta printer Anda untuk mencetaknya. Hal terbaik tentang itu adalah Anda bahkan tidak perlu berada di dekat printer Anda untuk ini. Periksa apakah pabrikan printer Anda memiliki solusi serupa.

Cara Mencetak Dari iPad ke Printer Jaringan

Anda juga dapat mencetak dari iPad ke printer jaringan secara nirkabel. Anda harus terhubung ke jaringan printer Anda untuk melakukannya.
Pastikan tombol Wi-Fi/jaringan printer Anda aktif.Buka pengaturan iPad Anda.Buka pengaturan Wi-Fi Anda dan temukan jaringan printer Anda di daftar jaringan yang tersedia.Sambungkan ke jaringan.
Gunakan aplikasi printer Anda untuk mencetak dokumen Anda.

Cara Mencetak Dari iPad Tanpa Wi-Fi

Sayangnya, Anda tidak akan dapat menggunakan sebagian besar solusi di atas tanpa Wi-Fi. Tidak semua hilang, meskipun. Printer tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan beberapa di antaranya memiliki fitur pencetakan Wi-Fi Direct atau Bluetooth.

Jika printer Anda menawarkan pencetakan Bluetooth, Anda harus memasangkan perangkat dan kemudian menggunakan aplikasi printer untuk menyelesaikan tugas. Proses penyandingan biasanya berjalan seperti ini:
Pastikan printer dan iPad Anda saling berdekatan.Nyalakan printer Anda dan pastikan Bluetooth-nya diaktifkan.Buka Pengaturan iPad Anda dan temukan “Umum”.Temukan opsi Bluetooth dan alihkan sakelar sehingga aktif.Tunggu hingga printer Anda muncul di daftar perangkat yang tersedia, lalu ketuk. Kedua perangkat akan menampilkan kode. Jika kodenya sesuai satu sama lain, tekan “OK.” Printer Anda sekarang dipasangkan dengan iPad Anda, dan Anda dapat mulai mencetak secara nirkabel.
Langkahnya sedikit berbeda untuk Wi-Fi Direct:
Nyalakan Wi-Fi Direct di printer Anda . Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakannya, itu akan mencetak petunjuk arah secara otomatis. Temukan nama printer dan kata sandi di kertas ini. Buka pengaturan Wi-Fi di iPad Anda. Jaringan Wi-Fi Direct printer Anda akan muncul di daftar. Masukkan kata sandi dan sambungkan ke jaringan. Buka halaman web atau dokumen yang ingin Anda cetak dan temukan opsi “Cetak”. Mungkin di bawah “Bagikan” di beberapa aplikasi. Sesuaikan pengaturan lalu pilih printer Anda. Tekan “Cetak” dan printer Anda akan segera bereaksi.
FAQs
Di mana saya dapat melihat status pencetakan saya saat menggunakan AirPrint?

Jika printer Anda macet atau Anda memiliki antrian banyak dokumen, Anda mungkin ingin memeriksa status pekerjaan cetak di sepanjang jalan. Anda akan menemukan berapa banyak dokumen yang menunggu untuk dicetak di Print Center. Cukup buka Pengalih Aplikasi dengan menggesek ke atas dan menjeda di tengah layar atau mengklik dua kali tombol beranda Anda. Anda juga dapat membatalkan pekerjaan cetak Anda di Pusat Cetak.
Bagaimana saya tahu jika printer saya mendukung AirPrint?

Printer paling populer memiliki teknologi ini, tetapi selalu ada pengecualian. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat mencetak dari iPad Anda menggunakan solusi ini, periksa daftar lengkap Perangkat AirPrint Apple. Jika model Anda ada dalam daftar, Anda siap melakukannya. Jika printer Anda tidak memiliki AirPrint, gunakan salah satu metode alternatif yang disebutkan di atas untuk mencetak dokumen Anda.

Dari Layar Sentuh ke Kertas

Meskipun menyebut ini era digital, kita masih jauh dari meninggalkan kertas sepenuhnya. Dan pentingnya metode pencetakan yang andal berlipat ganda ketika kami sangat membutuhkan dokumen di tangan kami. Dengan solusi berbasis cloud, hari-hari mentransfer dokumen bolak-balik sudah tidak ada lagi. Dengan printer AirPrint, Anda dapat mencetak langsung dari iPad Anda tanpa menginstal aplikasi tambahan apa pun. Meskipun printer Anda tidak mendukung teknologi ini, ada cara iPad dan printer Anda dapat berkomunikasi.

Manakah dari metode berikut yang Anda gunakan untuk mencetak dari iPad Anda? Apakah Anda memiliki tips tambahan untuk dibagikan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.