Cara Mencetak Dari Perangkat Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mencetak dari perangkat Android sangatlah mudah jika Anda memiliki alat yang tepat. Printer nirkabel paling populer dapat terhubung dan mencetak dari perangkat Android. Namun, Anda perlu menghubungi produsen printer untuk memastikan Anda memiliki printer yang kompatibel.

Teruskan membaca untuk mempelajari cara mencetak dari perangkat Android.

Cara Mencetak Dari Ponsel Android ke Printer Nirkabel

Setiap printer nirkabel mungkin memiliki proses yang sedikit berbeda untuk menghubungkan ke perangkat Android Anda. Namun, jika Anda tidak yakin printer mana yang Anda miliki, mengikuti petunjuk pabrikan mungkin tidak dapat dilakukan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan pengaturan cetak nirkabel asli Android. Pengaturan ini akan bekerja dengan sebagian besar printer, meskipun Anda tidak akan memiliki akses ke fitur dan pengaturan lanjutan printer.

Cobalah langkah-langkah yang tercantum di bawah ini untuk menghubungkan dan mencetak ke printer nirkabel.

Menghubungkan Android ke Printer Nirkabel

Pertama, Anda harus menghubungkan Android Anda perangkat ke printer nirkabel.
Buka aplikasi Pengaturan. Di bilah pencarian, ketik “Mencetak” dan pilih dari hasil. Ketuk “Mencetak” lagi. Pilih “Layanan Cetak Default” dan alihkan sakelar “Aktif.” Daftar printer yang kompatibel akan muncul. Ketuk printer dan ikuti petunjuk untuk menghubungkannya ke perangkat Android Anda.
Mencetak Dari Android ke Printer Nirkabel

Setelah Android Anda terhubung, saatnya untuk mencetak.
Buka layar yang ingin Anda cetak dan ketuk tiga titik di atas- sudut kanan.Temukan dan ketuk tombol “Cetak”. Di bagian atas layar, ketuk menu tarik “Pilih printer.” Ketuk printer yang terhubung dan sesuaikan pengaturan Anda jika perlu.Pilih ikon printer saat siap.
Caranya Mencetak Dari Ponsel Android ke Printer Canon

Canon menawarkan beberapa cara untuk menghubungkan Android Anda dan printer Canon. Cara paling efisien adalah menghubungkan Android ke printer Canon melalui aplikasi. Anda kemudian dapat mencetak menggunakan aplikasi dan mengakses lebih banyak pengaturan printer.

Menghubungkan Printer Canon dan Ponsel Android

Pertama, Anda memerlukan aplikasi untuk membuat koneksi Android ke printer.
Download aplikasi Canon dari Google Play Store.Saat Anda membuka aplikasi untuk pertama kalinya, Anda akan menerima pemberitahuan tentang izin telepon. Klik “OK.” Anda kemudian akan diminta untuk mengizinkan aplikasi memiliki akses cetak. Ketuk “Izinkan.” Sebuah kotak akan muncul meminta untuk mencari printer yang tersedia. Pilih “Cari.” Ketuk “Tidak” ketika diminta untuk menambahkan printer melalui Bluetooth dan periksa pengaturan Bluetooth. Sebuah prompt akan muncul meminta untuk menyiapkan printer. Periksa apakah namanya cocok dengan printer Anda dan ketuk “OK.” Masukkan kata sandi untuk perute nirkabel Anda dan ketuk “OK.” Konfirmasi akan muncul. Ketuk “OK” lagi. Anda akan diminta lagi untuk mencari printer yang tersedia. Ketuk “Ya”, dan aplikasi akan menyelesaikan koneksi antara Android dan printer.
Gunakan Aplikasi Canon untuk Mencetak di Android

Setelah menyiapkan aplikasi, Anda siap mencetak dari perangkat Android.
Buka aplikasi Canon. Pilih jenis data yang ingin Anda cetak. Ketuk item yang ingin Anda cetak. Tanda centang akan muncul pada item yang Anda pilih. Pilih “Cetak” di bagian bawah layar. Layar cetak akan muncul. Anda dapat mengubah pengaturan cetak atau mengubah nomor salinan. Jika sudah siap, tekan “Cetak” di bagian bawah layar.
Cara Mencetak Dari Ponsel Android ke Printer HP

Anda dapat mencetak dari ponsel Android ke Printer HP menggunakan aplikasi HP Smart. Aplikasi ini akan memberi Anda akses ke lebih banyak pengaturan dan fitur printer daripada jika Anda terhubung menggunakan metode koneksi printer nirkabel umum yang tercantum di atas. Ingat bahwa tidak semua printer HP kompatibel dengan aplikasi HP Smart, jadi Anda harus memeriksa apakah milik Anda.

Hubungkan Android dan Printer HP Anda

Anda memerlukan aplikasi HP Smart untuk menghubungkan perangkat Anda ke printer terlebih dahulu. Lihat langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkan aplikasi jika Anda belum melakukannya. Jika sudah, Anda dapat melompat ke rangkaian langkah berikutnya.
Unduh aplikasi HP Smart dari Google Play Store. Pastikan perangkat Android dan printer Anda terhubung ke Wi-Fi yang sama. Buka aplikasi HP Smart dan ketuk ikon “Printer” atau tanda plus. Anda akan dibawa ke layar “Printer Saya”. Ketuk “Pengaturan Lanjut.” Pilih “Layanan Web.” Ketuk “Pengaturan” dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan pencetakan.
Cetak Dari Android ke Printer HP

Anda siap mencetak sekali Anda telah mengatur aplikasi HP.
Buka aplikasi HP Smart pada perangkat Anda dan ketuk ubin dengan jenis file yang ingin Anda cetak. Pilih file yang akan dicetak. Ini akan membuka pratinjau file dan opsi cetak. Atur opsi cetak Anda. Saat siap, ketuk “Cetak.”
Cara Mencetak Dari Ponsel Android ke Printer Brother

Printer Brother terhubung secara unik ke Android Anda dibandingkan dengan merek lain. Anda harus memulai pekerjaan cetak untuk menghubungkan printer Brother Anda untuk pertama kalinya. Sebaliknya, merek lain biasanya meminta Anda menghubungkan printer terlebih dahulu dan kemudian pergi ke print.

Hubungkan Printer Android dan Brother Anda

Untuk menghubungkan printer Android dan Brother Anda, pastikan Anda telah menyelesaikan prasyarat ini.
Download aplikasi Brother iPrint&Scan dari Google Play Store.Periksa bahwa printer Brother dan perangkat Android Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama.
Cetak Dari Printer Android ke Brother

Untuk menyelesaikan koneksi dan mencetak dari Android Anda ke Printer Brother, lihat proses di bawah ini.
Buka aplikasi Brother iPrint&Scan. Dari layar utama, pilih format file yang ingin Anda cetak dan ikuti petunjuknya. Ketuk “Pratinjau Cetak”. Di bagian bawah layar, pastikan printer yang benar telah dipasangkan. Jika tidak, ketuk “Pengaturan” dan kemudian “Printer.” Pilih printer dari daftar. Lalu ketuk “Kembali.” Ketuk “Cetak semua.”
Cara Mencetak Teks Dari Ponsel Android

Sebagian besar aplikasi perpesanan memiliki opsi berbagi yang tersedia untuk percakapan atau pesan individual. Namun, tidak ada cara langsung untuk mencetak percakapan atau pesan di sebagian besar aplikasi pesan teks asli atau aplikasi obrolan pihak ketiga.

Opsi terbaik Anda adalah mengambil tangkapan layar percakapan dan kemudian mencetak tangkapan layar. Untuk mencetak tangkapan layar teks dari ponsel Android:
Buka percakapan teks yang ingin Anda cetak.Ambil tangkapan layar percakapan dengan menekan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan.Buka “File” dan “Screenshot”. tangkapan layar dan kemudian tekan “Bagikan.” Ketuk “Cetak” dan pilih printer. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan pencetakan jika ada.
Jika Anda tidak melihat petunjuk apa pun, pencetakan akan dimulai secara otomatis.

Banyak Cara Mencetak Dari Android

Ada banyak opsi untuk mencetak dari perangkat Android. Baik Anda mencetak menggunakan pengaturan cetak asli Android atau melalui aplikasi, Anda harus dapat mencetak dokumen Anda dengan cepat. Pencetakan nirkabel adalah alat yang luar biasa untuk mencetak dokumen atau foto tanpa memerlukan komputer Anda.

Sudahkah Anda berhasil mencetak dari perangkat Android Anda? Merek dan aplikasi printer apa yang Anda gunakan? Mari kita semua tentang itu di komentar di bawah!