Cara Mendapatkan Lebih Banyak Penyimpanan di Perangkat Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ponsel kami multifungsi. Kamera mengambil foto ulang tahun dan jam alarm membangunkan Anda di pagi hari. Lalu ada kalender yang membantu Anda merencanakan hari Anda, buku resep, rutinitas kebugaran, praktik mediasi, dan banyak lagi.

Jika perangkat Anda mulai mengalami kegagalan fungsi karena kehabisan ruang penyimpanan, ini dapat menyebabkan gangguan yang tak terhitung pada rutinitas Anda. Di sini kita akan melihat cara mendapatkan lebih banyak penyimpanan di perangkat Android Anda dan memulihkan kinerja puncak.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Penyimpanan di Ponsel Android

Kehabisan penyimpanan di ponsel Android Anda tidak menyenangkan. Ini akan mencegah Anda mengunduh video, mempersulit pengambilan foto, dan pada dasarnya menghentikan ponsel Anda berfungsi secara optimal. Jika Anda mengalami kesulitan ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Penyimpanan di Android Tanpa Kartu SD

Ponsel pintar modern hadir dengan banyak ruang penyimpanan, dengan banyak model yang memiliki memori hingga 128GB. Namun, kehabisan ruang masih memungkinkan, terutama jika Anda cenderung mengunduh video dan konten media lainnya. Meskipun ada ponsel di luar sana yang memungkinkan Anda memperluas penyimpanan menggunakan kartu microSD, yang lain tidak menawarkan opsi ini.

Berikut cara mengosongkan ruang di ponsel Android Anda jika tidak mendukung ekspansi.
Hapus WhatsApp Media
WhatsApp adalah platform hebat yang memungkinkan jutaan pengguna bertukar pesan dan berbagi konten. Meskipun menerima aliran meme yang tak ada habisnya dari sepupu favorit Anda memang menyenangkan, file-file ini dapat menghabiskan banyak ruang. Ada cara mudah untuk membatasi dampak WhatsApp pada penyimpanan Anda. Anda dapat mencegah aplikasi perpesanan mengunduh konten secara otomatis ke ponsel Anda.
Buka WhatsApp dan klik menu tiga titik di pojok kanan atas.Tekan “Pengaturan”, lalu buka “Penyimpanan & data”. Gulir ke “Media Otomatis -download.”Ketuk “Saat menggunakan data seluler.” Batalkan pilihan semua opsi yang dipilih di pop up.Ketuk “OK” untuk menerapkan perubahan. Sama dengan “Saat Terhubung ke Wi-Fi”, dan “Saat Menggunakan Data Seluler”.
Anda sekarang dapat melanjutkan untuk menangani konten lain yang dikirim melalui aplikasi perpesanan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengelola pesan Anda:
Luncurkan WhatsApp dan ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas. Buka “Pengaturan”, lalu “Penyimpanan dan data”. Klik “Kelola Penyimpanan”. Ketuk percakapan yang Anda ingin menghapus di bawah opsi “Obrolan”. Centang kotak pada opsi “Pilih Semua”. Setelah memilih semua pesan media yang menghabiskan paling banyak ruang, tekan ikon “Sampah” di sudut kanan atas untuk menghilangkannya.
Perhatikan bahwa Anda selalu dapat menyimpan konten yang tidak ingin Anda singkirkan dengan membatalkan pilihannya dari daftar.
Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan
Sangat umum untuk mengunduh aplikasi dan melupakannya. Ini bisa menjadi permainan yang tidak bisa Anda hentikan tetapi bosan setelah beberapa minggu. Atau mungkin itu adalah aplikasi tema yang hanya Anda gunakan sekali dan tidak pernah dibuka lagi. Apa pun masalahnya, banyak dari kita memiliki aplikasi tersembunyi di ponsel yang tidak kita gunakan lagi.

Berikut cara terbaik untuk menemukan dan menghapusnya:
Buka “Pengaturan” di ponsel Anda dan klik “Aplikasi”. aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus dan tekan tombol “Uninstall” di bagian bawah layar. Aplikasi yang tidak diinginkan di ponsel Anda sekarang akan dihapus, membuat lebih banyak ruang di perangkat Anda .
Delete Downloads
Downloads adalah file licik yang sering terlupakan di folder yang tidak jelas. Setelah Anda melihat dokumen yang diunduh, Anda akan menutupnya dan tidak pernah memikirkan tempat penyimpanannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuka folder Unduhan sesekali dan menghapus file yang tidak lagi Anda perlukan. Folder ini biasanya terletak di bagian “File Saya” perangkat Android Anda.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Penyimpanan di Android Tanpa Menghapus Apa pun

Penyimpanan Anda mungkin penuh karena banyaknya foto dan dokumen berharga yang tidak ingin Anda lepaskan. Oleh karena itu, menghapus item penting ini mungkin bukan pilihan. Untungnya, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengosongkan sebagian ruang di perangkat Anda tanpa harus menghapus foto liburan atau video langkah pertama bayi Anda. Pindahkan Foto dan Video ke Penyimpanan Cloud Foto dan video menghabiskan banyak ruang di perangkat. Yang memperburuk situasi adalah kita sering mengambil lebih dari satu foto dari hal yang sama untuk memastikan kita mendapatkan “uang yang diambil”. Oleh karena itu, ada banyak sekali gambar yang mungkin perlu dipangkas dari tumpukan.

Foto-foto ini dapat dengan cepat mengisi memori Anda jika Anda tidak memiliki kartu SD. Memindahkannya ke penyimpanan cloud seperti Foto Google akan menjadi cara terbaik untuk mengosongkan ruang yang berharga itu. Keuntungan lain menggunakan layanan cloud adalah tempat yang lebih aman untuk menyimpan kenangan berharga ini. Anda dapat mengunduh Foto Google dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka Google Foto dan arahkan ke ikon “Profil” Anda di pojok kanan atas. Ketuk “Pengaturan Foto”. Gulir ke “Cadangkan & Sinkronisasi”, dan ketuk. Pastikan toogle aktif.
Setelah gambar penting Anda tersimpan dengan aman di penyimpanan cloud, Anda dapat menghapusnya dari ponsel, mengosongkan ruang yang berharga.
Memindahkan File ke Google Drive
Perangkat Android Anda berjalan di OS milik Google. Oleh karena itu, masuk akal untuk menyimpan beberapa file Anda di Google Drive. Ini akan membebaskan ruang di ponsel Anda, meningkatkan penyimpanan yang tersedia. File mungkin tidak sebesar foto tetapi memindahkannya tetap membantu menyelesaikan situasi memori.
Buka Google Drive dan tekan tombol “Plus”. Ketuk “Unggah” dan klik file yang ingin Anda pindahkan.
File Anda sekarang akan diunggah ke Google Drive. Anda kemudian dapat menghapus dokumen dari ponsel Anda untuk membuat lebih banyak ruang.
Gunakan Alat Free-Up-Space Android
Untuk membantu pengguna mengelola ruang penyimpanan mereka dengan lebih baik, Android telah mengembangkan alat bawaan yang dikenal sebagai Free-Up-Space. Ini membantu menyingkirkan aplikasi yang tidak digunakan, file sampah, media yang dicadangkan, dan item lain yang tidak lagi berguna. Berikut cara menggunakannya:
Buka “Pengaturan” Anda dan buka “Tentang Perangkat” di ponsel Anda. Ketuk “Penyimpanan”. Tekan “Bersihkan” untuk membuang file.
File sampah Anda sekarang telah dihapus, menciptakan lebih banyak ruang di ponsel Anda.
Rekam Video dengan Resolusi Lebih Rendah
Ponsel kelas atas saat ini dapat merekam video dalam 4K. Dengan ledakan media sosial, dapat dimengerti mengapa orang ingin merekam video dengan kualitas terbaik. Mereka ingin tampil terbaik di Instagram atau TikTok. Namun, video ini menggunakan lebih banyak ruang daripada konten full HD sekalipun. Jika video 4K tidak benar-benar diperlukan untuk tujuan Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk merekam dengan resolusi yang lebih rendah untuk menghemat penyimpanan.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Penyimpanan di Ponsel Android Gratis

Ada banyak aplikasi fantastis di Google Play Store, masing-masing melayani tujuan yang berbeda. Anda dapat mengunduh beberapa di antaranya untuk menghibur Anda, mengajari Anda bahasa baru, melacak pengeluaran Anda, dan seterusnya. Meskipun banyak dari program ini gratis, program yang bagus sering kali berharga beberapa dolar. Meskipun langganan $5/bulan mungkin tidak terlihat banyak, biayanya dapat bertambah jika Anda memiliki beberapa aplikasi berbayar. Untuk menghemat uang, Anda mungkin mencari cara untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan Android secara gratis.

Berikut adalah contoh program yang memungkinkan Anda melakukannya.
Files Go
Aplikasi Google Files Go memungkinkan Anda menemukan dan mengosongkan ruang di perangkat dengan cepat. Ini akan menyarankan file mana yang harus dihapus sebelum mencapai batas penyimpanan Anda. Lihat cara menggunakannya.
Buka Google Play Store dan unduh aplikasi Files Go dan “Buka” aplikasi. Gulir untuk menemukan “Aplikasi” dan ketuk di atasnya. Temukan bagian “Aplikasi yang Tidak Digunakan”. Temukan aplikasi yang ingin Anda gunakan hapus.Pilih tiga titik pada aplikasi yang ingin Anda hapus.Kemudian tekan “Copot pemasangan”.
Files Go sekarang akan menghapus aplikasi dan mengosongkan sebagian ruang penyimpanan.

Manfaatkan Ponsel Anda

Membebaskan ruang di perangkat Android Anda akan memungkinkan Anda untuk menggunakan ponsel Anda lebih lama. Pada akhirnya, perangkat Anda akan berfungsi lebih efisien jika aplikasi yang tidak digunakan tidak membuatnya macet. Itu juga akan dapat menyimpan lebih banyak kenangan indah yang ingin Anda simpan untuk referensi di masa mendatang.

Pernahkah Anda mengosongkan ruang di perangkat Android Anda? Metode apa yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.