Cara Mendapatkan Start Menu Windows 10 di Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Windows 11 membuat sejumlah perubahan fungsional dan kosmetik pada antarmuka pengguna Windows. Salah satu yang paling kontroversial adalah Start Menu baru, yang memakan lebih banyak ruang sambil menampilkan lebih sedikit informasi. Begini cara mendapatkan Start Menu Windows 10 di Windows 11.

Yang Salah di Start Menu Windows 11

Pengguna Windows biasanya cukup tahan terhadap perubahan ketika datang ke antarmuka pengguna (UI), terutama ketika Microsoft mengubah hal-hal yang menonjol seperti Start Menu , menu konteks klik kanan, atau bilah tugas.

Menu Mulai Windows 11 telah terbukti menjadi salah satu perubahan kontroversial yang menyertai Windows 11— tidak menampilkan aplikasi yang Anda instal tanpa klik ekstra, Anda tidak dapat tampilkan aplikasi yang disematkan saat menampilkan aplikasi yang diinstal, Anda tidak dapat mengurutkan aplikasi yang disematkan ke dalam grup, Anda tidak dapat mengubah ukuran ikon aplikasi yang disematkan, dan seluruh bagian yang disarankan akan terisi secara otomatis.

Kelihatannya bagus, tapi ini merupakan penurunan signifikan dari Start Menu Windows 10 dalam hal utilitas dan kustomisasi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Start Menu Windows 10?

Untungnya, ada opsi: Start11 Stardock. Start11 memungkinkan Anda menyesuaikan bilah tugas dan Start Menu.

Catatan: Penting untuk diperhatikan bahwa Start11 adalah perangkat lunak berbayar. Mulai Juli 2022, biayanya $5,99.

Stardock menyediakan uji coba 30 hari gratis untuk Start11 sehingga Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini dan melihat apakah Anda menyukainya. Buka halaman unduhan, lalu klik “Coba Gratis selama 30 hari.” Tautan akan mengarahkan Anda ke halaman lain, dan unduhan Anda akan segera dimulai.

Jalankan file yang diunduh. Klik “Mulai Uji Coba 30 Hari” kecuali Anda ingin membeli kunci atau sudah melakukannya. Anda hanya perlu memasukkan email, dan kemudian Anda siap untuk pergi.

Taskbar Windows 11 tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki taskbar Windows 10 — prompt pertama yang Anda lihat akan terkait dengan fungsi tambahan tersebut. Klik “Ya.”

Anda juga akan diminta untuk memilih lokasi tombol Start Anda, meskipun prompt sebelumnya juga disebutkan memaksa tombol Start ke sisi kiri.

Pilih “Windows 10 Style” dari daftar dan Anda selesai . Ini akan segera berlaku.

Ada banyak opsi penyesuaian tambahan yang tersedia untuk Start Menu baru setelah diaktifkan. Anda harus meluangkan waktu untuk memeriksanya dan melihat apakah ada pengaturan tambahan yang menarik bagi Anda.

Apakah Start11 Aman Digunakan?

Ya. Stardock telah membuat perangkat lunak seperti ini untuk Windows sejak akhir 1990-an. Mereka juga membuat game, seperti seri strategi real-time populer “Peradaban Galaksi.” Anda tidak perlu khawatir tentang malware selama Anda mengunduhnya dari sumber resmi.

Start11 juga tidak akan membahayakan komputer Anda dengan cara lain — skenario terburuk mutlak adalah antarmuka pengguna Anda bermasalah karena Pembaruan Windows atau perangkat lunak lain mengganggu Start11. Tidak ada uninstall cepat dan kemudian restart komputer tidak akan memperbaiki sepenuhnya.

Pada catatan itu, Start11 telah terbukti sangat stabil. Selama beberapa bulan kami menggunakannya, itu tidak crash, hang, atau mengalami kesalahan, meskipun digunakan setiap hari. Jika Anda harus menggunakan PC Windows 11 dan Anda tidak menyukai beberapa perubahan pada antarmuka pengguna, Start11 pasti bernilai uang.

Itulah berita seputar Cara Mendapatkan Start Menu Windows 10 di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.