Cara Mendapatkan Widget Layar Kunci di Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Zachary Wander

Apple memperkenalkan widget layar kunci untuk iPhone di iOS 16. Android dikenal sangat dapat disesuaikan, tetapi tidak memiliki fitur yang sama. Yah, tidak secara resmi—tapi itu tidak harus menghentikan kami.

Android sebenarnya mendukung widget layar kunci jauh sebelum iPhone melakukannya. Ini secara resmi ditambahkan pada tahun 2012 dengan Android 4.2 Jelly Bean. Namun, fitur tersebut dihapus dua versi kemudian dengan Android 5.0 Lollipop. Jadi mari kita kembalikan.

TERKAIT:10 Versi Android Terhebat, Peringkat

Widget Layar Kunci untuk Android

Karena Android tidak secara resmi mendukung widget layar kunci, kami memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Perlu diingat bahwa ini adalah sedikit metode hacky, jadi mungkin tidak bekerja dengan sempurna. Aplikasi yang akan kami gunakan disebut “Widget Layar Kunci”, dan biayanya $1,49.

Setelah menginstal aplikasi, Anda akan disambut dengan beberapa halaman pengantar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan akses aksesibilitas aplikasi untuk ditampilkan di layar kunci. Ketuk “Info Lebih Lanjut” dan kemudian “Berikan” untuk membuka menu Aksesibilitas Android dan mengaktifkannya.

Kembali di aplikasi, izin berikutnya adalah untuk mendengarkan notifikasi. Ini memungkinkan Widget Layar Kunci untuk menyembunyikan widget saat Anda memiliki notifikasi di layar kunci. Ketuk “Grant” dan kemudian aktifkan Lockscreen Widgets di pengaturan. Ini opsional.

Advertisement

Izin berikutnya adalah untuk mengakses media di perangkat Anda. Ini digunakan untuk mendeteksi wallpaper Anda dan membuat “topeng” di belakang widget. Anda tidak perlu menggunakan fitur ini jika tidak mau.

Terakhir, jika Anda ingin memastikan Widget Layar Kunci tidak tertutup di latar belakang, Anda dapat mengetuk tombol “Info Lebih Lanjut” untuk detail tentang cara mengecualikan aplikasi dari “optimasi baterai.”

Sekarang kita dapat mulai menambahkan widget ke layar kunci! Pertama, aktifkan sakelar “Diaktifkan” dan ketuk “Tambah Widget.”

Gulir daftar widget dan ketuk yang ingin Anda tambahkan. Ulangi ini untuk menambahkan beberapa widget ke layar kunci.

Ketuk “Pratinjau” untuk melihat tampilan widget di layar kunci. Ketuk widget dengan dua jari untuk menampilkan opsi pengeditan—ketuk lagi dengan dua jari untuk menyembunyikannya.

Jika Anda menambahkan beberapa widget, Anda dapat menggeser secara horizontal ke halaman melaluinya. Tekan lama widget untuk mengetuk ikon minus merah untuk menghapusnya.

Selanjutnya, kita akan mengintip “Pengaturan”. Kami akan menyoroti beberapa hal yang mungkin ingin Anda lakukan. Pertama, di bawah bagian “Penampilan” adalah “Mode Bertopeng.” Ini bagus jika Anda ingin widget menutupi elemen di layar kunci, seperti jam.

Di bawah bagian “Visibilitas”, Anda mungkin ingin mengaktifkan “Sembunyikan Saat Menampilkan Pemberitahuan” dan “Sembunyikan di Input Keamanan.” Anda juga dapat menyembunyikan widget saat bayangan notifikasi diperluas.

Sekali lagi, setiap layar kunci sedikit berbeda, jadi Anda perlu meluangkan waktu untuk menyesuaikan berbagai hal agar terlihat bagus dengan milik Anda. Anda dapat menggunakan gerakan dua jari untuk membuka kontrol pengeditan dari layar kunci juga.

Itu sudah cukup untuk membantu Anda memulai! Karena ini bukan metode resmi, Anda mungkin akan mengalami beberapa kejanggalan di sana-sini, tetapi ini adalah solusi yang cukup bagus. Apple dan Google senang “berbagi” ide, mungkin Google akan segera mengingat widget layar kunci.

TERKAIT: OS Wear Google Akhirnya Mendapat Fitur Apple Watch yang Penting

Itulah berita seputar Cara Mendapatkan Widget Layar Kunci di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.