Cara Menemukan Siapa yang Berhenti Mengikuti Anda di Instagram

Meskipun Instagram memberi tahu Anda setiap kali pengguna lain mengikuti Anda, Anda tidak akan tahu apakah seseorang berhenti mengikuti Anda kecuali Anda memeriksa profil Anda. Meskipun tidak ada cara langsung untuk mengetahui siapa yang berhenti mengikuti akun Anda, karena kebijakan privasi Instagram, ada beberapa solusi yang dapat membantu Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengetahui siapa yang berhenti mengikuti akun Instagram Anda.

Caranya Cari Tahu Siapa yang Berhenti Mengikuti Anda di Instagram

Anda mengunjungi profil Instagram Anda, dan Anda menyadari bahwa Anda memiliki satu pengikut lebih sedikit dibandingkan terakhir kali Anda memeriksanya. Dengan kata lain, seseorang berhenti mengikuti Anda.

Meskipun pengguna Instagram dengan ratusan ribu pengikut mungkin tidak peduli jika seseorang berhenti mengikuti mereka, orang dengan akun yang tidak terkenal dan hanya memiliki seratus pengikut mungkin penasaran. Jenis informasi ini juga penting bagi manajer media sosial, influencer, dan bisnis online kecil. Dalam kasus ini, rasio berikut-untuk-pengikut dapat mengatakan banyak tentang akun Anda. Bagi orang lain, tidak mengetahui siapa yang berhenti mengikuti Anda dapat membuat Anda frustrasi.

Ketika seseorang mengikuti akun Instagram Anda, Anda akan segera menerima pemberitahuan. Jika Anda memiliki profil Instagram pribadi, Anda akan mendapatkan permintaan mengikuti yang dapat Anda terima atau tolak. Namun, setiap kali seseorang berhenti mengikuti akun Anda, Instagram tidak mengirimi Anda jenis pemberitahuan apa pun untuk melindungi privasi online pengguna tersebut. Aturan yang sama berlaku untuk aktivitas Anda. Jika Anda berhenti mengikuti seseorang, mereka tidak akan tahu kecuali mereka mencari Anda di daftar “Pengikut” mereka dan tidak menemukan Anda.

Salah satu fitur terbaru Instagram adalah kategori “Akun yang Tidak Anda Ikuti Kembali” di daftar pengikut Anda . Anda juga dapat melihat akun mana yang paling sedikit berinteraksi dengan Anda. Namun, tidak ada kategori untuk orang yang tidak mengikuti Anda kembali.

Ada dua cara untuk mengetahui siapa yang berhenti mengikuti Anda di Instagram. Yang pertama dilakukan secara manual, dan yang kedua melalui aplikasi pihak ketiga. Kedua metode ini juga dapat digunakan untuk memeriksa siapa yang tidak pernah mengikuti Anda kembali.

Cara Mengetahui Secara Manual Siapa yang Berhenti Mengikuti Anda di Instagram

Metode ini adalah pilihan yang baik untuk akun Instagram yang tidak memiliki banyak pengikut. Jika Anda memiliki lebih dari seribu pengikut, Anda akan membutuhkan waktu lama untuk menelusuri seluruh daftar “Pengikut” Anda. Jika ada perbedaan besar antara jumlah akun yang Anda ikuti dan jumlah akun yang mengikuti Anda, ini mungkin bukan solusi terbaik untuk Anda.

Pada dasarnya, Anda dapat memeriksa siapa yang berhenti mengikuti Anda dengan membandingkan daftar “Pengikut” dan “Mengikuti” Anda . Pertama, buka daftar “Mengikuti”, pilih satu akun, lalu cari di daftar “Pengikut”.

Jika Anda ingin memeriksa apakah seseorang secara khusus berhenti mengikuti akun Instagram Anda, inilah yang harus Anda lakukan.
Buka aplikasi Instagram Anda di perangkat seluler Anda. Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan bawah layar Anda. Buka “Pengikut” di sudut kanan atas profil Anda. Ketuk bilah “Cari” di bagian atas halaman. Masuk nama pengguna orang yang Anda curigai berhenti mengikuti Anda.
Jika mereka tidak ada dalam daftar “Pengikut”, itu berarti mereka berhenti mengikuti Anda atau mereka tidak pernah mengikuti Anda kembali.

Cara Mengetahui Siapa yang Berhenti Mengikuti Anda di Instagram Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Karena metode manual mungkin memakan waktu, terutama jika Anda memiliki banyak pengikut, jauh lebih efisien untuk menginstal aplikasi pihak ketiga.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa siapa yang berhenti mengikuti Anda , dan kebanyakan gratis. Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi ini dapat diandalkan atau aman digunakan, karena mungkin menawarkan informasi yang salah. Belum lagi banyak aplikasi ini tidak dapat melacak API baru Instagram. Jadi, penting untuk mengunduh yang akan memberikan hasil yang akurat.

Setelah mengunduh aplikasi pelacakan pengikut, Anda harus masuk ke akun Instagram Anda melalui aplikasi dan memberinya izin untuk mengakses data terkait Instagram Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman memberikan data Anda, sebaiknya lewati metode ini.

Aplikasi semacam ini melacak aktivitas profil Anda, bukan hanya siapa yang berhenti mengikuti Anda. Misalnya, beberapa aplikasi akan memberi tahu Anda siapa yang tidak mengikuti Anda kembali, siapa yang tidak Anda ikuti kembali, siapa yang memblokir Anda, siapa yang baru saja mengikuti Anda, dan seterusnya. Beberapa fitur ini memerlukan pembelian dalam aplikasi atau peningkatan ke versi premium aplikasi.

Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat diandalkan yang dapat Anda gunakan untuk melihat siapa yang berhenti mengikuti Instagram Anda.
Laporan: Pelacak Pengikut Aplikasi ini tidak hanya berguna untuk melacak siapa berhenti mengikuti Anda, tetapi juga untuk berbagai statistik keterlibatan lainnya. Ini bisa sangat berguna bagi manajer media sosial dan influencer. Aplikasi ini mudah digunakan, tetapi dilengkapi dengan beberapa pembelian dalam aplikasi.

Laporan: Pelacak Pengikut memungkinkan Anda melihat siapa yang mengikuti dan berhenti mengikuti Anda, profil mana yang berinteraksi dengan akun Anda, profil yang tidak mengikuti Anda kembali, dll. Bahkan memungkinkan Anda menggunakan beberapa akun Instagram sekaligus. Anda akan menerima pemberitahuan tentang aktivitas akun apa pun. Anda bahkan dapat berhenti mengikuti siapa pun yang Anda inginkan langsung dari aplikasi.
Follower Track for Instagram
Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat siapa yang mengikuti dan berhenti mengikuti Anda, serta akun yang tidak Anda ikuti kembali atau yang tidak mengikuti Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Instagram, Anda dapat menggunakan aplikasi pengikut ini untuk memantau semuanya sekaligus. Ia bahkan mengungkapkan pengikut mana yang terlibat dengan profil Anda dan mana yang tidak.

Aplikasi Track Pengikut hanya tersedia untuk perangkat iOS. Muncul dengan versi premium yang memberi Anda akses ke fitur eksklusif. Wawasan Pengikut
: Profil +
Jika Anda ingin mengetahui siapa yang berhenti mengikuti profil Instagram Anda, aplikasi ini dapat membantu Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk melihat siapa yang tidak mengikuti Anda kembali dan siapa yang memblokir Anda. Ini mengungkapkan jenis informasi lain, seperti siapa yang melihat Instagram Stories Anda dan paling sering mengunjungi profil Anda, dan siapa yang mengikuti Anda tetapi tidak berinteraksi dengan akun Anda.

Followers Insights: Profile + tersedia untuk iPhone dan perangkat Android, dan dilengkapi dengan pembelian dalam aplikasi.
FollowMeter
FollowMeter tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Ini memiliki dasbor sederhana, dan mudah digunakan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melacak siapa yang berhenti mengikuti Anda dan siapa yang tidak mengikuti Anda kembali, siapa yang paling banyak melihat Instagram Stories Anda, akun yang paling menyukai postingan Anda, pengguna yang memblokir Anda, dan banyak lagi. Namun, beberapa fitur ini hanya tersedia untuk Langganan Plus.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melacak pengikut “hantu”—Akun Instagram yang mengikuti Anda tetapi tidak berinteraksi dengan profil Anda dengan cara apa pun.
Followers
Aplikasi Pengikut tersedia di App Store dan Google Play. Ini memungkinkan Anda melihat siapa yang berhenti mengikuti Anda, siapa yang mengikuti Anda baru-baru ini, siapa yang tidak Anda ikuti kembali, dan siapa yang tidak mengikuti Anda kembali.

Perhatikan bahwa aplikasi ini tidak akan memberi tahu Anda ketika seseorang berhenti mengikuti Anda. Anda perlu membuka aplikasi dan menyegarkannya, dan itu akan mengungkapkan pengguna mana yang berhenti mengikuti Anda. Jika Anda ingin berhenti mengikuti orang yang berhenti mengikuti Anda, Anda tidak akan dapat melakukannya langsung dari aplikasi. Sebagai gantinya, Anda harus mencarinya di Instagram dan berhenti mengikutinya di sana.

Jika Anda mendaftar untuk versi premium, Anda akan mendapatkan akses ke fitur eksklusif, seperti laporan harian, kemampuan untuk mengelola banyak akun, suka dan komentar yang dihapus, pengguna yang memblokir Anda, dan banyak lagi.

Pantau “Berhenti Mengikuti” Anda

Meskipun Anda selalu dapat memeriksa siapa yang mengikuti Anda di Instagram, mencari tahu siapa yang berhenti mengikuti Anda agak rumit. Salah satu opsi adalah memeriksa daftar “Pengikut” Anda secara manual, dan yang lainnya adalah menginstal aplikasi pelacakan pengikut pihak ketiga. Apa pun opsi yang Anda pilih, Anda akan dapat mengetahui siapa yang berhenti mengikuti Anda dengan satu atau lain cara.

Pernahkah Anda mencoba mencari tahu siapa yang berhenti mengikuti Anda di Instagram sebelumnya? Bagaimana Anda mengetahuinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.