Cara Menerapkan Warna ke Baris Alternatif di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Salah satu cara untuk membuat data spreadsheet lebih mudah dibaca adalah dengan menerapkan warna pada baris bergantian. Microsoft Excel menawarkan beberapa cara untuk mengganti warna baris sehingga Anda dapat menggunakan metode mana yang paling sesuai untuk Anda.

Gunakan Tabel dan Gaya

Dengan menggunakan tabel dengan gaya warna baris bergantian, Anda dapat dengan mudah menerapkan bayangan ini dengan sedikit usaha. Anda dapat melakukannya dengan mengonversi data ke tabel atau memilih gaya untuk tabel yang ada.

Mengonversi dan Memberi Gaya Tabel

Jika Anda tidak memiliki data yang diformat sebagai tabel, Anda bisa mengubahnya dan menerapkan gaya pada saat yang sama. Pilih semua data yang ingin Anda format dan buka tab Beranda.

Klik panah tarik-turun Format sebagai Tabel dan pilih gaya baris bergantian.

Konfirmasi rentang sel untuk data tabel dan klik “OK.”

Anda akan memformat data Anda sebagai tabel dengan gaya baris bolak-balik.

Mengubah Gaya Tabel yang Ada

Jika Anda sudah memiliki tabel untuk data Anda, pilih sel mana saja di dalamnya dan buka tab Desain Tabel.

Untuk memperlihatkan gaya dengan warna baris bergantian, centang kotak untuk Baris Berpita di bagian Opsi Gaya Tabel pada pita.

Kemudian perluas kotak Gaya Tabel dan pilih gaya dengan warna baris bergantian dari warna Terang, Sedang, atau Gelap skema.

Gunakan Pemformatan Bersyarat

Mungkin Anda tidak ingin memformat data Anda sebagai tabel. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan pemformatan bersyarat untuk menerapkan warna baris bergantian.

Jika Anda hanya ingin menerapkan warna pada rentang sel tertentu, pilih sel tersebut. Untuk mewarnai semua baris bergantian di seluruh lembar, klik tombol Pilih Semua (segitiga) di kiri atas lembar.

Buka tab Beranda, pilih panah drop-down Pemformatan Bersyarat di bagian Gaya, dan pilih “Aturan Baru .”

Di bagian atas jendela pop-up di bawah Pilih Jenis Aturan, pilih “Gunakan Rumus untuk Menentukan Sel yang Akan Diformat.”

Di bagian bawah di bawah Edit Deskripsi Aturan, masukkan rumus berikut di “Format Nilai Di Mana Formula Ini Benar” box:

=MOD(ROW(),2)=0

Pilih “Format” dan pilih warna yang ingin Anda gunakan untuk baris bergantian pada tab Isi. Anda juga dapat menggunakan pola dengan atau tanpa warna jika Anda suka. Anda akan melihat pratinjau warna di bagian bawah. Jika Anda senang dengan itu, klik “OK.”

Anda kemudian akan kembali ke kotak Aturan Pemformatan Baru. Di sini sekali lagi, Anda dapat mengonfirmasi warna di Pratinjau di bagian bawah. Klik “OK” untuk menerapkan aturan.

Metode ini mewarnai baris genap bergantian.

Jika Anda juga ingin menerapkan warna pada baris ganjil, buat aturan bersyarat baru lainnya dan gunakan rumus ini:

=MOD(ROW(),2) =1

Ikuti langkah yang sama untuk memilih warna dan menerapkan aturan.

Anda dapat mengedit atau menghapus aturan pemformatan bersyarat kapan saja dengan membuka Beranda > Pemformatan Bersyarat > Kelola Aturan.

Menggunakan warna baris bolak-balik Anda spreadsheet memberi Anda dan audiens Anda cara yang jelas untuk membaca dan menganalisis data.

Untuk selengkapnya, lihat cara menambahkan batas sel setelah Anda mewarnai baris bergantian di Excel.

Itulah berita seputar Cara Menerapkan Warna ke Baris Alternatif di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.