Cara Mengakses BIOS di

Basic Input/Output System, atau BIOS, adalah program bawaan yang mem-boot Windows saat Anda menghidupkan komputer. Ini juga mengelola komunikasi antara sistem operasi Anda dan perangkat lain seperti mouse atau keyboard. Akhirnya, ini memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah dan mengonfigurasi pengaturan yang berbeda. Namun, mengakses BIOS tidak sesederhana mengakses folder atau file.

Jika Anda tertarik mempelajari cara mengakses BIOS di Windows 11, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan memberi tahu Anda berbagai cara untuk melakukannya, sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda.

Cara Mengakses BIOS di Windows 11

Mengakses BIOS dapat membantu Anda memecahkan masalah dan menyelesaikan banyak masalah di Windows 11. Tetapi BIOS bukanlah folder Anda dapat mengakses dari File Explorer. Ada beberapa cara untuk masuk ke pengaturan:

Cara Mengakses BIOS di Windows 11 saat Startup

Cara paling umum untuk mengakses menu BIOS di Windows 11 adalah saat startup. Pengguna perlu menekan tombol yang ditetapkan untuk masuk ke BIOS. Berikut cara melakukannya:
Nyalakan komputer Anda. Segera setelah komputer mulai boot, tekan tombol yang ditetapkan hingga menu muncul di layar.
BIOS akan muncul di layar Anda. Navigasikan dan buat perubahan yang Anda inginkan.

Catatan: Tidak semua produsen komputer menetapkan kunci yang sama untuk mengakses BIOS. Tergantung pada merek komputer Anda, kuncinya mungkin F2, F10, F1, atau F12. Jika Anda tidak tahu kunci mana yang harus digunakan, kami sarankan untuk merujuk ke situs web produsen atau memeriksa instruksi manual Anda. Anda juga dapat menemukan informasi ini di layar splash pertama yang muncul saat Anda menghidupkan komputer. Perlu diingat tidak semua model komputer dan laptop menampilkan informasi ini.

Meskipun metode ini paling sederhana, namun memerlukan kecepatan. Ini bisa menjadi masalah jika komputer Anda cepat dan boot hanya dalam beberapa detik, sehingga Anda tidak punya waktu untuk menekan tombol yang relevan. Untungnya, ada metode lain untuk mengakses BIOS.

Cara Mengakses BIOS di Windows 11 Dari Pengaturan

Jika Anda tidak cukup cepat untuk menekan tombol BIOS yang ditetapkan saat startup tepat waktu, atau Anda tidak tahu kunci apa yang digunakan, Anda dapat mengakses BIOS melalui Pengaturan. Ikuti petunjuk di bawah untuk melakukannya:
Buka menu Start dan tekan ikon roda gigi untuk mengakses Pengaturan. Pilih “Sistem” di menu di sebelah kiri. Tekan “Pemulihan” di sisi kanan. Pilih “Mulai ulang sekarang” di sebelah “Lanjutan startup.” Pesan “Kami akan memulai ulang perangkat Anda, jadi simpan pekerjaan Anda” akan muncul di layar. Jika Anda telah menyimpan pekerjaan Anda, tekan “Mulai ulang sekarang.” Menu dengan tiga opsi akan muncul. Pilih “Troubleshoot.” Tekan “Advanced options.” Pilih “UEFI Firmware Settings” dan pilih “Restart.” Masuk ke “BIOS Setup.”
Meskipun mengakses BIOS menggunakan metode ini membutuhkan waktu lebih lama daripada melakukannya saat startup, ini adalah cara yang pasti yang tidak memerlukan kecepatan.

Cara Mengakses BIOS di Windows 11 Dengan Command

Anda dapat menggunakan program otomatisasi tugas dan manajemen konfigurasi yang berbeda seperti PowerShell atau Terminal untuk mengakses BIOS. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Buka program pilihan Anda. Ketik “shutdown /r /o /f /t 00” atau“shutdown.exe /r /o” dan pilih “Enter.” Banyak opsi akan muncul di layar. Pilih “Troubleshoot.” Tekan “Advanced options.” Buka “UEFI Firmware Settings.” Pilih “Restart.”
Komputer Anda akan restart dan masuk ke BIOS secara otomatis.

Cara Mengakses BIOS di Windows 11 Dengan Pintasan

Jika Anda perlu sering mengakses BIOS, Anda dapat membuat pintasan yang memungkinkan Anda masuk ke BIOS hanya dengan beberapa klik. Berikut cara melakukannya:
Klik kanan pada desktop Anda, arahkan kursor ke “Baru”, dan pilih “Pintasan”. Di bawah “Ketik lokasi item”, masukkan “shutdown /r /o /f /t 00”.Tekan “Berikutnya” dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.
Setelah Anda membuat pintasan, berikut cara menggunakannya untuk mengakses BIOS:
Klik dua kali pada pintasan.Tekan “Pemecahan masalah.” Buka “Opsi lanjutan. ”Pilih “UEFI Firmware Settings.” Tekan “Restart.”
Komputer akan masuk ke BIOS secara otomatis.

Cara Mengakses BIOS di Windows 11 Dengan Shift + Restart

Jika Anda ingin mengakses BIOS di Windows 11 tanpa login, inilah yang dapat Anda lakukan:
Sementara pada layar kunci atau masuk, tekan dan tahan “Shift”, klik ikon “Power”, dan pilih “Restart”. Anda akan dibawa ke layar Advanced Startup. Pilih “Troubleshoot.” Tekan “Advanced options.” Pilih “UEFI Firmware Settings.” Pilih “Restart.”
Anda dapat melakukan hal yang sama jika Anda masuk:
Tekan dan tahan tombol “Shift” dan buka menu Start.Pilih ikon “Power”. Pilih “Restart.” Pilih opsi “Troubleshoot” dari layar Advanced Startup. Pilih “Advanced options.” Klik “UEFI Firmware Settings.” Tekan “Restart.”
Cara Mengakses BIOS di Windows 11 Dengan Jalankan Window

Cara lain untuk mengakses BIOS di Windows 11 adalah menggunakan jendela Run. Ikuti petunjuk di bawah untuk melakukannya:
Tekan “Windows + R” untuk membuka jendela Run. Ketik “shutdown /r /o /f /t 00” dan klik “Ok” atau pilih “Enter.” Atau, Anda dapat menggunakan perintah “shutdown.exe /r /o”, tetapi tidak secepat itu. Arahkan ke “Troubleshoot.” Pilih “Advanced options.” Klik “UEFI Firmware Settings.” Pilih “Restart.”
How to Mengakses BIOS di Windows 11 pada Surface Pro

Banyak perangkat Surface Pro telah hadir dengan Windows 11, sementara perangkat lain dapat ditingkatkan. Jika Anda memiliki perangkat Surface Pro, berikut cara mudah untuk mengakses BIOS:
Matikan perangkat Anda. Tekan dan tahan tombol Volume Naik (tanda plus). Tahan dan lepaskan tombol Daya sambil tetap menahan tombol Volume Naik. Saat Anda melihat logo Microsoft atau Surface, lepaskan tombol Volume Naik. Anda sekarang harus masuk ke BIOS untuk perangkat Surface Pro Anda.
UEFI vs. BIOS

Banyak pengguna tidak yakin apakah Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) sama dengan BIOS. Seperti yang mungkin Anda perhatikan, sebagian besar instruksi untuk mengakses BIOS di Windows 11 sebenarnya melibatkan pengaksesan UEFI, jadi wajar untuk bertanya-tanya apakah kedua istilah tersebut dapat dipertukarkan.

Sementara UEFI dan BIOS adalah antarmuka yang memulai sistem operasi dan bertindak sebagai mediator antara sistem operasi dan firmware, mereka tidak sama. BIOS menggunakan Master Boot Record (MBR), sedangkan UEFI menggunakan GUID Partition Table (GPT). MBR terletak di sektor pertama hard disk, yang meningkatkan risiko korupsi. UEFI menggunakan GPT yang melakukan pemeriksaan redundansi reguler yang meminimalkan kemungkinan masalah korupsi.

UEFI dikembangkan pada 2007, dan saat ini dianggap standar untuk antarmuka modern. Ini adalah antarmuka yang lebih baru dan lebih canggih yang memperbaiki beberapa kekurangan teknis BIOS dan memiliki fitur yang tidak ditawarkan BIOS. Banyak ahli memproyeksikan bahwa UEFI akan menggantikan BIOS dalam waktu dekat.

BIOS hanya beroperasi dalam mode 16-bit, sementara UEFI beroperasi dalam 64-bit. Ini berarti UEFI memiliki lebih banyak memori, membuat proses booting menjadi lebih cepat.

Motherboard modern dikirimkan dengan UEFI daripada BIOS karena menawarkan lebih banyak opsi dan lebih mumpuni.

FAQs
Apa fungsi dasar BIOS?

BIOS memiliki empat fungsi utama:

• Power-on self-test (POST) – BIOS menguji perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda dan memastikan tidak ada kesalahan sebelum memuat sistem operasi.

• Bootstrap loader – BIOS menemukan sistem operasi Anda. Ketika (dan jika) menemukan sistem, BIOS akan memberikan kontrol padanya.

• Driver dan perangkat lunak – BIOS mengidentifikasi driver dan perangkat lunak yang berinteraksi dengan sistem operasi setelah dimuat.

• Complementary metal-oxide-semiconductor (CMOS) setup – CMOS adalah memori non-volatile BIOS yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan sistem dan perangkat keras.
Bagaimana cara memeriksa versi BIOS?

Jika Anda ingin memeriksa versi BIOS yang Anda miliki di komputer, inilah yang perlu Anda lakukan:

1 . Buka menu Mulai dan ketik “cmd” di bilah pencarian.

2. Luncurkan “Prompt Perintah.”

3. Ketik “wmic bios get smbiosbiosversion”, Anda akan melihat nomor versi BIOS.

Atau, Anda dapat menggunakan metode ini:

1. Tekan “Win + R” untuk mengakses jendela perintah Jalankan.

2. Ketik “msinfo32” di bilah pencarian dan pilih “Ok” atau tekan “Enter.”

3. Temukan “Versi/Tanggal BIOS” dan periksa angkanya.
Haruskah saya memperbarui BIOS di komputer saya?

Memperbarui sistem operasi kami memastikan kinerja yang lancar dan memungkinkan kami menggunakan fitur-fitur baru. Namun, ini tidak terjadi dengan BIOS. Tidak seperti pembaruan sistem operasi, pembaruan BIOS tidak melibatkan fitur baru, peningkatan kinerja, atau patch keamanan. Mereka biasanya memperbaiki bug kecil atau menambahkan dukungan ke CPU baru.

Jika komputer Anda berfungsi dengan baik, tidak perlu memperbarui BIOS. Faktanya, memperbarui BIOS sering kali lebih berbahaya daripada manfaatnya, dan Anda dapat mengalami bug atau bahkan merusak komputer Anda. Pembaruan BIOS bersifat spesifik perangkat keras, dan jika Anda mendapatkan versi yang salah, komputer Anda dapat menjadi tidak dapat di-boot.

Jika Anda mengalami bug yang diperbaiki dalam versi BIOS baru atau ingin meningkatkan CPU, Anda mungkin harus memperbarui BIOS. Sebaiknya biarkan seorang profesional menanganinya untuk meminimalkan risiko.

Mengakses BIOS Anda Belum Pernah Lebih Mudah

Berlawanan dengan kepercayaan populer, mengakses BIOS saat startup bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkannya. Windows 11 yang baru memungkinkan Anda untuk masuk ke BIOS dengan berbagai cara untuk memecahkan masalah sistem Anda atau memperbaiki masalah. Berhati-hatilah saat bekerja di BIOS dan ubah pengaturan hanya jika Anda tahu untuk apa pengaturan itu. Jika tidak, Anda dapat membahayakan kinerja komputer Anda.

Apakah Anda mengalami kesulitan mengakses BIOS? Tahukah Anda ada banyak cara untuk mengakses BIOS? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.