Cara Mengakses Menu Booting di Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menu Opsi Lanjutan, terkadang disebut Menu Booting, berisi alat dan opsi konfigurasi yang dapat Anda gunakan untuk memecahkan masalah atau memperbaiki PC Anda. Berikut cara menggunakannya di Windows 11.

Apa Fungsi Menu Opsi Lanjutan?

Menu Opsi Startup Lanjutan menawarkan beberapa utilitas. Beberapa di antaranya sesederhana mengklik kiri opsi dan Anda selesai, sementara yang lain memerlukan interaksi pengguna yang ekstensif. Berikut ini adalah ikhtisar singkat tentang utilitas dan fungsinya.

  • Startup Repair: Perbaikan Startup akan mencoba memperbaiki masalah yang mencegah Windows 11 melakukan booting dengan benar secara otomatis.
  • Pengaturan Startup: Pengaturan Startup memungkinkan Anda mengubah cara Windows 11 Boot. Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengaktifkan Safe Mode, debugging, atau boot logging, untuk beberapa nama.
  • Command Prompt: Opsi Command Prompt menampilkan jendela Command Prompt yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah diagnostik atau perbaikan.
  • Uninstall Updates: The Uninstall Updates opsi akan mengembalikan pembaruan terbaru yang diinstal, termasuk versi atau pembaruan Windows utama.
  • Pengaturan Firmware UEFI: Opsi ini memulai ulang komputer Anda dan membuka BIOS/UEFI. Pemulihan Sistem: Pemulihan Sistem memungkinkan Anda menggunakan titik pemulihan yang dibuat sebelumnya untuk mengembalikan Windows ke titik di mana ia bekerja dengan benar.
  • Pemulihan Citra Sistem: Pemulihan Citra Sistem mirip dengan Pemulihan Sistem, tetapi menggunakan citra sistem lengkap alih-alih titik pemulihan. Gambar sistem jauh lebih besar dan lebih lengkap daripada titik pemulihan dan mencakup semua file, program, dan pengaturan Anda.

Cara Mengakses Menu Opsi Lanjutan

Windows 11, tidak seperti Windows 10, tidak mendukung sistem yang menjalankan BIOS — mereka harus menggunakan UEFI. Persyaratan UEFI berarti bahwa menu pengaktifan lanjutan selalu dapat diakses dari dalam Windows.

Dalam Aplikasi Pengaturan

Buka Menu Mulai, ketik “Pengaturan” ke dalam bilah pencarian, lalu klik “Buka” atau tekan Enter.

Pastikan Anda berada di Sistem jendela. Jika tidak, klik “Sistem” di sudut kiri atas jendela Pengaturan. Kemudian gulir ke bawah dan klik “Pemulihan.”

Akan ada bagian berjudul “Opsi Pemulihan.” Cari bagian berjudul “Startup Lanjutan,” pastikan untuk menyimpan apa pun yang sedang Anda kerjakan, lalu klik “Mulai Ulang Sekarang.” Anda mungkin mendapatkan peringatan cepat tentang pekerjaan yang belum disimpan— jika Anda telah menyimpan semuanya, jangan khawatir tentang itu.

Komputer Anda akan restart setelah beberapa detik.

Dengan Mengklik Restart

Jika Anda tidak ingin masuk ke aplikasi Pengaturan dan navigasi melalui beberapa sub-menu, ada cara yang lebih efisien: Shift-klik opsi Restart. Klik tombol Start atau tekan tombol Windows, klik ikon power, lalu tahan Shift dan klik “Restart.”

Tempat paling jelas untuk menggunakan trik ini adalah dengan opsi Restart di menu Start, tetapi itu bukan satu-satunya tempat . Hampir di mana saja Anda melihat tombol “Mulai Ulang” akan berfungsi, termasuk layar kunci atau masuk.

Setelah Memulai Ulang Komputer Anda

Komputer Anda akan menampilkan layar biru dengan beberapa opsi di atasnya setelah Anda mengklik “Mulai Ulang Sekarang” di menu pemulihan, atau Shift-klik “Mulai ulang.” Pilih “Pemecahan Masalah” dari opsi yang terdaftar.

Catatan: Ada kemungkinan akan ada lebih banyak opsi yang tersedia untuk Anda daripada yang ditampilkan di sini. Misalnya, layar “Pilih opsi” mungkin juga menampilkan opsi “Gunakan Perangkat”.

Klik “Opsi Lanjutan” di layar berikutnya, dan Anda akan dibawa ke menu Opsi Lanjutan.

Itu saja — Anda berada di jendela Opsi Lanjutan.

Menu Opsi Lanjutan memiliki sejumlah utilitas berbeda yang tersedia. Beberapa di antaranya sepenuhnya otomatis, seperti Startup Repair, sedangkan yang lain memerlukan interaksi pengguna yang ekstensif, seperti Command Prompt. Yang Anda gunakan sangat bergantung pada apa yang salah dengan PC Anda.

Itulah berita seputar Cara Mengakses Menu Booting di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.