Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Bluetooth di

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda menggunakan Bluetooth dengan Windows 11, Anda mungkin ingin tahu cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Mungkin perangkat Anda tidak sinkron dengan speaker baru Anda, atau mungkin Anda tidak ingin lagi memasangkan dengan headphone lama Anda. Untungnya, ini adalah proses yang relatif mudah.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth di Windows 11. Plus, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang topik tersebut.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 11

Bluetooth harus dihidupkan di Windows 11 untuk mendeteksi perangkat berkemampuan Bluetooth apa pun. Ada dua cara di Windows 11 untuk mengaktifkan Bluetooth komputer Anda.

Pengaturan Cepat

Jika Anda memiliki perangkat berkemampuan Bluetooth di dekat Anda dan perangkat tersebut dihidupkan, komputer Anda akan secara otomatis mendeteksinya. Ketika ini terjadi, Anda dapat mengaktifkan Bluetooth melalui pengaturan cepat. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Di bilah tugas, temukan dan pilih menu “Pengaturan Cepat”. Ini adalah rangkaian ikon di sebelah kiri tanggal dan waktu di sudut kanan bawah layar. Menu pop-up akan muncul. Temukan dan pilih “B” bergaya di menu ini. Ini adalah simbol universal untuk Bluetooth. Jika Anda tidak dapat menemukan simbol Bluetooth, klik ikon pensil kecil di sudut kanan bawah. Kemudian klik “Tambah” dan kemudian Bluetooth. Ini akan menambahkan simbol Bluetooth ke menu pop-up, dan Anda dapat mengkliknya. Setelah Anda mengklik simbol Bluetooth, simbol itu akan berubah menjadi biru, menunjukkan bahwa itu telah dihidupkan.
Setelah Bluetooth dihidupkan, Anda akan dapat membuat sambungan dengan perangkat berkemampuan Bluetooth.

Setelan Windows

Jika komputer tidak secara otomatis mendaftarkan bahwa ada perangkat berkemampuan Bluetooth di sekitar, Anda tidak akan dapat mengaktifkan Bluetooth di setelan cepat. Anda harus mengaktifkannya melalui pengaturan Windows. Begini cara melakukannya:
Luncurkan “Pengaturan.” Anda dapat melakukan ini dengan menekan “Windows” + “i” pada keyboard Anda atau dengan mencari “Pengaturan” di bilah pencarian. Setelah Anda meluncurkan aplikasi pengaturan, klik “Bluetooth & perangkat”. Balikkan sakelar di sebelah ” Bluetooth” ke posisi aktif.Jika sakelar berubah menjadi biru, Bluetooth telah berhasil dinyalakan.
Sekarang Anda dapat menghubungkan perangkat ke komputer melalui Bluetooth.

Cara Mematikan Bluetooth di Windows 11

Apakah Anda ingin mengaktifkan Bluetooth dimatikan untuk membantu keamanan atau menghemat masa pakai baterai, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Sederhananya, mematikan Bluetooth di Windows 11 adalah proses yang sama dengan menyalakannya.
Luncurkan “Pengaturan.” Anda dapat melakukan ini dengan menekan “Windows” + “i” pada keyboard Anda atau dengan mencari “Pengaturan” di bilah pencarian. Setelah Anda meluncurkan aplikasi pengaturan, klik “Bluetooth & perangkat”. Balikkan sakelar di sebelah ” Bluetooth” ke posisi mati.Jika sakelar berubah menjadi abu-abu, Bluetooth telah berhasil dimatikan.
Setelah dimatikan, perangkat apa pun yang terhubung ke komputer Anda melalui Bluetooth akan terputus.

FAQ tambahan
Bagaimana cara menambahkan perangkat setelah Bluetooth dihidupkan?

Hanya mengaktifkan Bluetooth adalah setengah dari perjuangan. Anda masih harus menghubungkan perangkat. Untuk menghubungkan perangkat melalui Bluetooth di Windows 11, lakukan hal berikut:

1. Buka “Pengaturan” dan kemudian “Bluetooth & perangkat.”

2. Klik tombol “Tambahkan perangkat” di bagian atas jendela.

3. Sebuah jendela akan muncul yang disebut “Tambahkan perangkat.” Klik pada “Bluetooth.”

4. Perangkat apa pun yang dapat dilihat komputer akan otomatis muncul di sini. Pilih yang ingin Anda sambungkan.

5. Anda akan melihat pesan yang berbunyi, “Device is ready to go!”

6. Klik “Selesai” di sudut kanan bawah.

Perangkat Anda harus terhubung dan siap digunakan.
Mengapa saya tidak dapat melihat perangkat yang ingin saya sambungkan?

Jika Anda telah mengaktifkan Bluetooth di Windows 11 dan tidak dapat melihat perangkat yang ingin Anda sambungkan, Anda dapat mengambil beberapa langkah pemecahan masalah. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa perangkat Anda tidak dapat ditemukan di komputer Windows 11 Anda:

• Perangkat tidak dihidupkan, atau baterai sangat lemah.

• Perangkat tidak “dapat ditemukan” di komputer. Beberapa perangkat perlu diaktifkan agar dapat ditemukan. Perangkat lain memerlukan penekanan lama pada tombol tertentu atau metode lain. Periksa petunjuk yang disertakan dengan perangkat.

• Putuskan sambungan perangkat ke perangkat Bluetooth lain yang mungkin dipasangkan dengan selain komputer Anda.

• Ada kesalahan lain. Matikan perangkat dan hidupkan kembali. Juga, nyalakan ulang komputer Anda.

Jika tidak ada alasan umum ini yang berlaku, Anda harus mempertimbangkan untuk menghubungi dukungan teknis.

Kabel Tak Terlihat dari Bluetooth

Bluetooth adalah alat yang ampuh dalam teknologi nirkabel. Jutaan orang menggunakan perangkat berkemampuan Bluetooth setiap hari. Baik Anda ingin menggunakan keyboard, mouse, speaker, atau perangkat lain dengan komputer Anda, Bluetooth adalah cara yang aman dan andal untuk terhubung.

Perangkat Bluetooth apa yang Anda rencanakan untuk digunakan dengan komputer Windows 11 Anda? Pernahkah Anda harus mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.