Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Teks Tertutup di TV Sony (2022)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jadi, Anda punya TV pintar Sony yang baru? Hebat, Anda akan dapat menikmati video favorit Anda di layar Ultra-HD yang sangat jernih! Salah satu hal terbaik tentang itu adalah ada lusinan pengaturan yang terkait dengan pemutaran video di TV Sony Anda, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengalaman Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel ini berfokus pada menghidupkan dan mematikan teks tertulis (CC) untuk mendapatkan subtitle untuk video Anda. Sony telah membuatnya sangat mudah untuk mengaktifkan/menonaktifkan CC. Namun, jika Anda hanya mengklik tombol CC pada remote, subtitle mungkin tidak dapat diputar. Inilah sebabnya mengapa perlu melihat lebih dekat semua opsi dan menu yang tersedia.

1. Periksa Sumber Video untuk Ketersediaan CC

Ketersediaan dan pengaturan Teks Tertutup bergantung pada perangkat yang Anda gunakan sebagai sumber video. Misalnya, TV Anda mungkin tersambung ke dekoder satelit, kotak kabel, Amazon Fire Stick/TV, atau Apple TV. Jika terhubung melalui kabel atau dekoder, Anda harus menggunakan menu perangkat (bukan TV Anda) untuk mengaktifkan/mengaktifkan CC. Berikut cara melakukannya:

Masuk ke menu perangkat, navigasikan ke “Pengaturan,” lalu pilih “Opsi.” Temukan “Preferensi” di bawah “Opsi,” dan klik “Opsi TV.” Menu berikut harus mencantumkan “Teks”. Klik dan pastikan sudah dinyalakan.

Mereka yang memiliki koneksi analog tipe RCA (kabel merah, putih, dan kuning) dapat mengaktifkan CC melalui menu Sony TV. Namun, tetap disarankan untuk melakukannya di dekoder dan kabel Anda, juga.

Tips ahli: Tetap aktifkan CC, terlepas dari perangkat streaming/pemutaran video yang Anda sambungkan ke Sony TV. Anda dapat dengan cepat mematikannya melalui remote saat pemutaran dimulai.

2. Periksa/Sesuaikan Pilihan Menu TV Sony

Sony TV mendukung CC digital dan analog, jika Anda tidak menggunakan dekoder atau kabel coax digital. Kedua opsi tersedia di dalam pengaturan TV. Tetapi garis besar dan menu yang tepat mungkin sedikit berbeda berdasarkan model Anda. Penjelasan berikut akan membantu Anda menavigasi ke bagian yang benar di sebagian besar TV Sony.

Periksa Digital Closed Captioning

Luncurkan menu TV, pilih “Preferensi”, dan navigasikan ke “Pengaturan”, yang merupakan salah satu opsi di sebelah kanan. Turun ke Closed Captioning (CC) di jendela utama dan pilih “Caption Vision.” Opsi ini dapat berupa “Lanjutan” atau “Dasar”, dan ada dua fitur tambahan.

Anda dapat memilih “CC Digital: CC1” atau “Opsi CC Digital: Sebagai siaran”, dan, sebagian besar, salah satu dari keduanya hanya berfungsi Bagus. Penting untuk dicatat bahwa Digital CC memungkinkan Anda untuk mengubah warna dan ukuran font, serta jenis teks. Menu tersedia di bawah “Closed Captioning (CC),” tentu saja.

Periksa Analog Closed Captioning

Untuk CC analog, profil “CC1” berfungsi dengan sebagian besar layanan streaming/penyiaran video. Jika tidak, Anda juga dapat mencoba opsi “CC2”, “CC3”, dan “CC4”. Adapun pengaturan lainnya, mereka harus diformat ke “CC Display: ON” dan “Analog CC1” (atau profil lain yang Anda suka).

Jadi apa perbedaan antara CC analog dan digital? CC analog hanya dapat menampilkan teks putih dengan latar belakang hitam, sedangkan CC digital memungkinkan Anda menyesuaikan subtitle. Dan menurut Komisi Komunikasi Federal (FCC), distributor harus memberi Anda peralatan yang mendukung kedua format.

Catatan: CC pada Sony Bravia berada di bawah “Aksesibilitas”, tetapi mungkin terletak di menu berbeda pada model lain.

3. Periksa Remote TV Sony

Dengan CC diaktifkan di TV dan dekoder/kabel, Anda seharusnya dapat dengan cepat menghidupkan dan mematikan subtitle melalui remote Sony Anda. Lokasi tombol CC dapat bervariasi, tergantung pada model Anda, tetapi biasanya di bagian bawah remote tepat di bawah volume dan channel rocker.

Tekan tombol sekali untuk mengaktifkan CC. Anda mungkin diminta untuk mengonfirmasinya melalui jendela pop-up. Tekan tombol lagi jika Anda ingin mematikannya.

4. Periksa Ketersediaan Penyiar untuk Teks Tertutup

Beberapa penyiar HDTV tidak mengirim sinyal CC, yang berarti tidak akan berfungsi apa pun yang Anda lakukan. Jika demikian, hubungi penyedia Anda untuk mengetahui cara mendapatkan subtitle. Selain itu, ada juga acara atau episode TV yang tidak menyiarkan CC. Dalam hal ini, hampir tidak ada yang dapat Anda lakukan.

Dengan CC aktif, Anda mungkin mengalami beberapa penundaan dalam subtitel saat beralih di antara saluran. Beberapa perangkat streaming/media mungkin tidak memiliki fitur CC sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, sambungkan perangkat ke Sony TV Anda melalui S-video atau kabel komposit dan nyalakan CC di menu TV.

Gunakan tombol Utama di remote untuk mengakses menu CC dan buat perubahan yang diperlukan.

Mengingat fitur CC Sony menyediakan, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam mengatur subtitle. Hal penting untuk diingat adalah bahwa ini bukan hanya tentang TV. Misalnya, jika Anda menikmati video di Sony melalui Apple TV, Anda harus mengaktifkan CC di kedua perangkat dan memastikan video dilengkapi dengan subtitle.