Cara Mengaktifkan Audio Melewati Batas Volume pada PC Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bukan rahasia lagi bahwa PC Windows memiliki pengaturan suara yang cukup konservatif. Bahkan pada 100%, segala sesuatunya mungkin terdengar terlalu sunyi. Ini bisa membuat frustasi jika Anda ingin menggunakan PC Anda untuk mendengarkan musik atau menonton film dengan suara keras dan berkualitas tinggi.

Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa trik untuk meningkatkan suara PC Anda melewati batas. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Menaikkan Volume Melewati Batas

Ada beberapa alasan mengapa Anda ingin meningkatkan volume pada PC Windows Anda melebihi level maksimum.

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin perlu membuat panggilan video atau berpartisipasi dalam panggilan konferensi, dan Anda pasti ingin memastikan bahwa audio Anda jelas dan terdengar. Selain itu, jika Anda bekerja di lingkungan yang bising, Anda mungkin perlu meningkatkan volume untuk mendengar audio di atas kebisingan latar belakang.

Beberapa file audio mungkin direkam pada volume yang lebih rendah daripada yang lain, sehingga meningkatkannya dapat membantu meratakan suara. . Dan terakhir, jika Anda hanya mencoba menikmati musik atau konten audio lainnya, Anda mungkin menemukan bahwa volume maksimum tidak cukup keras untuk disesuaikan dengan preferensi Anda.

Apa pun situasinya, Anda akan senang mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk meningkatkan audio PC Anda melewati batas default.

Mari kita lihat bagaimana masing-masing metode bekerja.

Equalizer Loudness

Windows 10 menyertakan beberapa peningkatan audio yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suara speaker Anda. Dengan mengaktifkan Loudness Equalization, Anda dapat meningkatkan volume keseluruhan speaker dan menambah kedalaman suara.

Berikut cara melakukannya:
Klik kanan ikon speaker di sisi kanan bilah tugas.Pilih “Buka pengaturan suara” dari menu popup. Di bawah “Pengaturan Terkait,” klik “Panel Kontrol Suara.” Klik kanan pada ikon speaker dan pilih “Properti” dari menu konteks. Klik pada tab “Peningkatan” dan centang kotak di sebelah ” Loudness Equalizer.” Tekan tombol “Apply” dan “OK” untuk menyimpan perubahan.
Selain itu, equalizer grafis pada menu peningkatan dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat frekuensi tertentu, memungkinkan Anda untuk menyempurnakan audio ke like.

Jika Anda tidak puas dengan pengaturan speaker default, bereksperimenlah dengan peningkatan audio di Windows untuk menemukan konfigurasi yang terdengar paling sesuai untuk Anda.

Volume Mixer

Volume mixer di Windows 10 adalah fitur yang memungkinkan Anda mengontrol volume suara dari india aplikasi video. Ini dapat berguna jika Anda ingin, misalnya, menjaga volume musik tetap rendah sambil meninggikan suara dari beberapa aplikasi lain seperti Chrome atau Skype.

Untuk mengakses mixer volume:
Klik kanan ikon speaker di bilah tugas dan pilih “ Pengaduk Volume.” Mixer volume kemudian akan terbuka, menampilkan kontrol penggeser terpisah untuk setiap aplikasi yang sedang memutar suara. Sesuaikan penggeser untuk aplikasi yang diinginkan untuk mengubah volume suaranya. Anda juga dapat membisukan aplikasi dengan mengklik tombol “Bungkam” di sebelah penggesernya. Tutup jendela volume mixer ketika Anda selesai.
Equalizer APO

Equalizer APO adalah equalizer parametrik sumber terbuka dan gratis untuk Windows. Ini diimplementasikan sebagai Audio Processing Object (APO) untuk infrastruktur efek sistem yang diperkenalkan dengan Windows Vista. Equalizer APO dirancang untuk membantu meningkatkan kualitas output audio pada komputer pribadi.

Secara default, tumpukan audio Windows menggunakan equalizer pita tunggal sederhana yang tidak memberikan kontrol yang memadai atas output audio. Equalizer APO mengatasi masalah ini dengan menyediakan equalizer yang jauh lebih fleksibel yang memungkinkan pengguna untuk menyempurnakan output audio sesuai keinginan mereka.

Inilah cara Anda dapat meningkatkan volume komputer Anda melewati batas default menggunakan alat ini:
Download Equalizer APO. File yang diunduh dikirim ke folder unduhan Anda dalam format zip, jadi Anda memerlukan ekstraktor zip untuk mengekstrak file individual, termasuk penginstal. Setelah Anda mengekstrak file, klik penginstal untuk memulai instalasi. Di konfigurator jendela penginstal, pilih perangkat yang ingin Anda gunakan dengan Equalizer APO dari daftar yang disediakan dan kemudian klik “OK.” Nyalakan ulang mesin Anda seperti yang diminta. Buka direktori instalasi “Equalizer APO” dan pilih folder “Config”. Kanan- klik pada file “Config”, klik “Open with”, dan pilih Notepad dari daftar dropdown. Tingkatkan angka “preamp” menjadi sekitar +15 dB (Idealnya, Anda tidak boleh melebihi +20 dB). Hapus semua teks dalam file sehingga satu-satunya bagian teks yang tersisa adalah “preamp: +15dB”Simpan file dan mulai ulang komputer Anda.
Sekarang Anda dapat melanjutkan dan memutar file audio apa pun yang Anda pilih.

Sementara Equalizer APO terutama dirancang untuk gunakan dengan headphone, ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suara liy speaker dan perangkat output audio lainnya.

Naikkan Volume

Apakah Anda mencoba menonton film atau mendengarkan musik, terkadang suara dari komputer Anda tidak cukup keras. Dengan menggunakan salah satu alat yang dibahas dalam artikel ini, Anda akan dapat meningkatkan suara itu dan menikmati audio Anda tanpa khawatir tidak dapat mendengarnya dengan benar.

Trik apa yang Anda gunakan untuk mengubah audio Windows Anda melewati batas?