Cara Mengaktifkan “Stereo Mix” di Windows dan Merekam Audio dari PC Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernah perlu merekam sesuatu di komputer Anda persis seperti yang keluar dari speaker Anda? Mengaktifkan “Stereo Mix” akan memungkinkan Anda melakukan hal itu, dan inilah cara melakukannya. Ini akan bekerja pada Windows 11, Windows 10, Windows 8, dan Windows 7.

Saat ini, sebagian besar kartu suara memiliki kemampuan untuk merekam apa pun yang sedang dikeluarkan. Satu-satunya hang-up adalah mengakses saluran rekaman itu. Tergantung pada PC Anda, saluran perekaman dapat diberi nama “Stereo Mix”, sedangkan pada perangkat lain akan disebut “What U Hear” atau sesuatu yang sangat mirip.

Aktifkan Stereo Mix atau What U Hear

Anda tidak dapat mengontrol perangkat suara sistem dengan sangat secara efektif melalui opsi suara di aplikasi Pengaturan — untuk ini, kami memerlukan jendela Pengaturan suara lama yang ada di Panel Kontrol.

Jika Anda menggunakan Windows 10 atau versi Windows yang lebih lama, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik kanan tombol ikon audio di Taskbar Anda dan klik “Suara.”

Opsi “Suara” tidak tersedia di Windows 11. Klik kanan ikon audio di bilah tugas, lalu klik “Pengaturan Suara” sebagai gantinya.

Gulir ke bawah hingga Anda melihat “Suara Lainnya” Pengaturan” dan klik — tombol itu membuka jendela pengaturan Suara lama.

Tip: Pengaturan Suara dapat diakses melalui Panel Kontrol > Perangkat Keras dan Suara > Suara pada versi Windows apa pun. Jika Panel Kontrol diatur untuk menampilkan “Ikon Kecil” atau “Ikon Besar”, Anda hanya mencari “Suara”, bukan “Perangkat Keras dan Suara”.

Di panel, klik kanan pada area kosong, dan pastikan keduanya Opsi “Lihat Perangkat yang Dinonaktifkan” dan “Lihat Perangkat yang Terputus” dicentang. Anda akan melihat opsi “Stereo Mix” atau “What U Hear” muncul.

Klik kanan pada “Stereo Mix” atau “What U Hear”, lalu klik “Enable” untuk dapat menggunakannya.

Mengapa Tidak Stereo Mix atau What U Hear Available on My PC?

Jawaban singkatnya: Driver audio untuk kartu suara Anda tidak mendukungnya, atau kartu suara Anda sendiri tidak mendukungnya. Biasanya tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang itu, kecuali jika Anda menemukan versi berbeda dari driver yang memiliki fitur tersebut, atau Anda menulis driver Anda sendiri.

Stereo Mix telah berjalan di pinggir jalan selama bertahun-tahun dan tidak ada pada banyak PC yang lebih baru. What U Hear lebih umum, tetapi juga tidak universal — jadi bagaimana Anda merekam audio sistem Anda jika keduanya tidak tersedia untuk Anda?

Anda perlu menggunakan program pihak ketiga. Audacity memudahkan untuk merekam audio yang berasal dari PC Anda, tetapi Open Broadcast Software (OBS) juga akan berfungsi.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Dengan “Stereo Mix” diaktifkan, Anda dapat membuka program perekaman favorit Anda dan memilihnya sebagai ganti mikrofon Anda sebelum Anda merekam. Jika Anda tidak melihat opsi, atau program Anda tidak memberi Anda kemampuan untuk mengubah perangkat perekaman, Anda dapat menonaktifkan atau mencabut mikrofon dan menjadikan “Stereo Mix” atau “What U Hear” sebagai perangkat perekaman default.

Ini bekerja dengan baik ketika Anda ingin merekam audio untuk sesi berbagi layar atau merekam audio dari sumber streaming — seperti siaran web langsung — yang tidak selalu memungkinkan Anda untuk mengunduh konten dengan segera.

Buka aplikasi perekaman pilihan Anda (seperti Audacity), cari opsi untuk memilih perangkat input Anda, lalu pilih “Stereo Mix” atau “What U Hear” sebagai input. Ini mungkin akan dipilih secara otomatis jika Anda mengatur Stereo Mix atau What U Hear sebagai perangkat default.

Jika Anda tidak memiliki Stereo Mix, What U Hear, atau sesuatu yang setara, Anda harus menggunakan metode lain untuk merekam PC Anda audio.

Itulah berita seputar Cara Mengaktifkan “Stereo Mix” di Windows dan Merekam Audio dari PC Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.