Cara Mengalikan Kolom di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk mengalikan kolom di Excel, gunakan rumus yang menyertakan dua referensi sel yang dipisahkan oleh operator perkalian (tanda bintang). Kemudian, gunakan gagang isian untuk menyalin rumus ke semua sel lain di kolom. Anda juga dapat menggunakan fungsi PRODUCT, rumus array, atau fitur Tempel Khusus.

Microsoft Excel penuh dengan fitur yang berguna, termasuk fitur untuk melakukan penghitungan. Jika ada saatnya Anda perlu mengalikan dua kolom di Excel, ada berbagai metode untuk melakukannya. Kami akan menunjukkan cara mengalikan kolom di sini.

Cara Mengalikan Kolom di Excel

Untuk mengalikan kolom di Excel, Anda dapat menggunakan operator, fungsi, rumus, atau fitur untuk menangani tugas. Mari kita masuk.

Menggunakan Operator Perkalian

Sama seperti mengalikan satu set angka dengan operator perkalian (tanda bintang), Anda dapat melakukan hal yang sama untuk nilai dalam kolom menggunakan referensi sel. Kemudian, gunakan gagang isian untuk menyalin rumus ke kolom lainnya.

Pilih sel di bagian atas rentang output, yang merupakan area di mana Anda menginginkan hasilnya. Kemudian, masukkan rumus perkalian menggunakan referensi sel dan tanda bintang. Misalnya, kita akan mengalikan dua kolom yang dimulai dengan sel B2 dan C2 dan rumus ini:

=B2*C2

Ketika Anda menekan Enter, Anda akan melihat hasil dari rumus perkalian Anda.

Anda kemudian dapat menyalin rumus ke sel yang tersisa di kolom. Pilih sel yang berisi rumus dan klik dua kali gagang isian (kotak hijau) di sudut kanan bawah.

Sel kosong di bawah terisi dengan rumus dan referensi sel menyesuaikan secara otomatis. Anda juga dapat menyeret pegangan ke bawah untuk mengisi sel yang tersisa alih-alih mengklik dua kali.

Catatan: Jika Anda menggunakan referensi sel absolut alih-alih yang relatif, mereka tidak akan diperbarui secara otomatis saat Anda menyalin dan menempelkan rumus.

Tarik di Fungsi PRODUCT

Another cara yang baik untuk mengalikan kolom di Excel adalah menggunakan fungsi PRODUCT. Fungsi ini bekerja seperti operator perkalian. Ini paling bermanfaat ketika Anda perlu mengalikan banyak nilai, tetapi berfungsi dengan baik di Excel untuk mengalikan kolom.

Sintaks untuk fungsinya adalah PRODUCT(value1, value2,…) di mana Anda bisa menggunakan referensi sel atau angka untuk argumen. Untuk mengalikan kolom, Anda akan menggunakan yang sebelumnya.

Menggunakan contoh yang sama di atas, Anda mulai dengan memasukkan rumus dan kemudian menyalinnya ke sel yang tersisa. Jadi, untuk mengalikan nilai dalam sel B2 dan C2, Anda akan menggunakan rumus ini:

=PRODUCT(B2,C2)

Setelah Anda menerima hasilnya, klik dua kali gagang isian atau seret ke bawah untuk mengisi kolom lainnya dengan rumus Anda. Sekali lagi, Anda akan melihat referensi sel relatif menyesuaikan secara otomatis.

Membuat Formula Array

Jika Anda ingin menghapus langkah “formula isi” dari proses, pertimbangkan untuk menggunakan rumus array untuk mengalikan kolom Anda. Dengan jenis rumus ini, Anda dapat melakukan penghitungan untuk semua nilai sekaligus.

Ada sedikit perbedaan dalam cara menerapkan rumus larik di Excel 365 dibandingkan dengan versi Excel lainnya.

Untuk Excel 365, masukkan rumus larik di bagian atas -sel kiri rentang output Anda. Rumus dimulai dengan tanda sama dengan (=) dan mencakup rentang sel pertama, tanda bintang untuk perkalian, dan rentang sel kedua. Setelah Anda memasukkan rumus, tekan Enter untuk menerapkannya.

Menggunakan contoh kami, kami akan mengalikan rentang sel B2 hingga B8 dengan C2 hingga C8 menggunakan rumus ini:

=B2:B8*C2:C8

Seperti yang akan Anda lihat, ini mengisi kolom Anda dengan hasil perkalian sekaligus.

Untuk versi Excel lainnya, Anda menggunakan rumus yang sama tetapi menerapkannya sedikit berbeda. Pilih rentang keluaran, masukkan rumus larik di sel kiri atas rentang itu, lalu tekan Ctrl+Shift+Enter.

Anda akan melihat tanda kurung kurawal mengelilingi rumus larik dalam kasus ini; namun, hasilnya sama dan akan mengisi area output Anda.

Gunakan Fitur Paste Special

Satu lagi cara untuk memperbanyak kolom di Excel adalah dengan fitur Paste Special. Meskipun metode ini melibatkan beberapa langkah tambahan, ini mungkin yang paling nyaman Anda gunakan.

Anda akan menyalin dan menempelkan satu rentang sel ke dalam rentang keluaran Anda. Kemudian, salin rentang sel lainnya dan gunakan Tempel Spesial untuk mengalikan nilainya.

Di sini, kita mengalikan nilai di kolom B (B2 hingga B8) dengan nilai di kolom C (C2 hingga C8) dan menempatkan hasilnya di kolom D ( D2 sampai D8). Jadi, pertama-tama kita akan menyalin nilai di C2 hingga C8 dan menempelkannya di sel D2 hingga D8.

Untuk melakukannya dengan cepat, pilih sel, tekan Ctrl+C untuk menyalinnya, buka sel D2, dan tekan Ctrl+V untuk tempel mereka.

Catatan: Atau, Anda dapat mengklik kanan dan menggunakan menu pintasan untuk memilih tindakan Salin dan Tempel.

Selanjutnya, salin grup sel yang ingin Anda kalikan. Di sini, kami memilih sel B2 hingga B8 dan tekan Ctrl+C untuk menyalinnya.

Kemudian, buka sel D2, klik kanan, dan pilih Tempel Spesial > Tempel Spesial.

Di jendela pop-up, biarkan default “Semua” ditandai di bagian Tempel dan pilih “Multiply” di bagian Operasi. Klik “OK.”

Anda kemudian akan melihat kolom Anda dikalikan seperti menggunakan salah satu metode lain di atas.

Metode yang berbeda untuk mengalikan kolom di Excel masing-masing bekerja dengan baik. Jadi, jika Anda lebih nyaman menggunakan operator perkalian daripada fungsi PRODUCT atau lebih memilih rumus array daripada Tempel Spesial, Anda tetap akan menyelesaikan pekerjaan.

Untuk selengkapnya, lihat cara membagi angka di Microsoft Excel.

Disadur dari HowToGeek.com.