Cara Menganimasikan Bagian Bagan di Microsoft PowerPoint

Animasi di Microsoft PowerPoint dapat menambahkan pizzazz ke presentasi Anda. Jadi, jika Anda menyertakan bagan dalam tayangan slide Anda, pertimbangkan untuk menganimasikannya juga. Dengan opsi fleksibel, Anda dapat menganimasikan bagian bagan alih-alih semuanya.

Anda dapat membuat setiap rangkaian dalam bagan batang terbang dari samping atau setiap bagian bagan pai muncul dan memperbesar. Ini dapat mengambil grafik statis dan membuat elemen tertentu menonjol atau hanya membuat efek dramatis.

Menghidupkan Elemen Bagan di PowerPoint

Anda dapat menganimasikan elemen dari hampir semua jenis bagan di PowerPoint. Jadi, apakah Anda menggunakan grafik batang standar atau sesuatu yang unik seperti bagan peta pohon, Anda dapat memberinya gerakan. Pastikan Anda memilih salah satu jenis bagan bawaan PowerPoint untuk langkah-langkah di bawah ini. Klik panah tarik-turun Tambahkan Animasi dan pilih efek yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih dari Animasi Masuk, Penekanan, atau Keluar.

Anda kemudian dapat menggunakan pilihan drop-down Opsi Efek untuk memilih arah yang berbeda untuk animasi.

Advertisement

Secara default, animasi berlaku untuk seluruh bagan. Tetapi dengan penyesuaian yang akan kami tunjukkan kepada Anda, Anda dapat mengubahnya. Klik panah drop-down Opsi Efek lagi dan pilih opsi Urutan.

Perlu diingat bahwa opsi yang tersedia bergantung pada jenis bagan yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan diagram batang, Anda dapat memilih berdasarkan rangkaian, kategori, elemen dalam rangkaian, atau elemen dalam kategori. Tetapi untuk bagan garis, Anda hanya akan melihat menurut seri atau kategori.

Anda juga dapat menerapkan lebih dari satu efek ke satu atau beberapa urutan jika Anda mau.

Jika Anda berubah pikiran tentang menganimasikan elemen dan hanya ingin menganimasikan bagan, pilih “Sebagai Satu Objek” di daftar drop-down Opsi Efek.

Menyesuaikan Animasi Bagan

Setelah Anda memilih animasi dan menambahkannya ke bagan, Anda dapat menyesuaikannya seperti animasi lain di PowerPoint.

TERKAIT:Cara Menganimasikan Kata atau Huruf Tunggal di Microsoft PowerPoint

Kembali ke tab Animasi jika Anda menavigasi di tempat lain dan bagian Pengaturan Waktu pada pita. Pilih bagan untuk menampilkan nomor animasi dan pilih nomor untuk bekerja dengan efek tertentu.

Advertisement

Anda kemudian dapat menggunakan alat berikut di pita untuk menyesuaikan opsi pengaturan waktu.

Mulai: Pilih dari Saat Diklik, Dengan Sebelumnya, atau Setelah Sebelumnya.Durasi : Masukkan durasi dalam detik atau gunakan panah untuk menambah atau menguranginya sedikit demi sedikit. Penundaan: Masukkan penundaan dalam hitungan detik atau gunakan panah.

Anda dapat mengedit animasi dan penyesuaian kapan saja untuk mencapai efek sempurna untuk animasi bagan Anda.

Untuk lebih lanjut, lihat cara membuat flowchart atau cara membuat diagram Venn di PowerPoint.

Itulah berita seputar Cara Menganimasikan Bagian Bagan di Microsoft PowerPoint, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.