Cara Menganimasikan Foto

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Gone sudah hari-hari ketika menganimasikan foto membutuhkan komputer yang kuat dengan kemampuan desain grafis yang luas. Sekarang Anda bahkan tidak perlu menjadi ahli Photoshop untuk menganimasikan gambar. Pengembang telah bekerja sepanjang waktu untuk membangun aplikasi yang intuitif dan kaya fitur untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Jika Anda ingin tahu cara menganimasikan foto Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menambahkan gerakan ke gambar menggunakan aplikasi sederhana yang dapat diunduh ke ponsel atau komputer.

Cara Menganimasikan Foto Menggunakan Adobe Creative Cloud Express

Adobe adalah aplikasi masuk untuk semua hal desain grafis. Jadi mengapa tidak menggunakannya untuk menambahkan kehidupan pada foto Anda?

Berikut cara menganimasikan gambar Anda menggunakan Adobe:
Buka Adobe dan masuk ke akun Anda.Di dasbor, pilih widget template apa pun untuk melanjutkan.Ruang kerja baru akan terbuka di tempat Anda dapat bermain-main dengan desain Anda. Di bilah sisi kiri, klik “Foto.” Unggah foto yang ingin Anda animasikan dan seret ke ruang kerja Anda. Di bilah sisi kanan, klik “Animasi.” Dari gaya animasi yang disediakan , pilih yang ingin Anda miliki di foto Anda. Di sudut kiri atas layar, klik “Unduh” dan ekspor gambar animasi baru Anda.
Catatan: Harapkan unduhan Anda dalam format MP4 karena ini adalah animasi.

Seperti yang Anda lihat, Adobe Express adalah solusi freemium yang sangat baik untuk menganimasikan foto, tetapi jauh dari yang terbaik. Anda hanya dapat melakukan begitu banyak dengan aplikasi karena memiliki opsi terbatas. Jika Anda mencari animasi foto yang tangguh, ini bukan aplikasi untuk Anda.

Namun, kelebihannya, program ini sepenuhnya gratis dan sepenuhnya berbasis web, jadi Anda tidak perlu menginstal program apa pun.

Cara Menganimasikan Foto Menggunakan Canva

Canva adalah alat desain luar biasa yang telah menggemparkan internet dalam beberapa tahun terakhir. Ini mudah dipelajari, membuatnya dapat diakses bahkan oleh mereka yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang desain grafis. Anda dapat masuk ke alat dan mulai menyeret dan melepaskan berbagai hal.

Berikut cara menganimasikan foto menggunakan Canva:
Buka Canva dan buat atau masuk ke akun Anda.Di dasbor, buat desain baru dengan mengeklik “Buat Desain ” lalu pilih template untuk melanjutkan. Atau, Anda dapat memilih untuk menggunakan desain khusus. Untuk melakukannya, klik “Ukuran Kustom.” Ruang kerja baru akan terbuka. Di sebelah kiri, klik “Unggah” dan unggah foto yang ingin Anda animasikan. Seret foto yang baru saja Anda unggah ke ruang kerja dan biarkan kesenangan dimulai. Di bagian atas, klik “Animate” untuk mengakses gaya animasi yang tersedia yang dapat Anda tambahkan ke foto. Pilih satu animasi untuk diterapkan ke foto Anda. Selain itu, Anda dapat membumbui foto animasi Anda dengan membuka “Elemen” dan memilih elemen apa pun yang sesuai dengan estetika gambar Anda. Seret dan lepas elemen ke gambar. Jika Anda puas dengan hasilnya, klik “Unduh” dan pilih format yang Anda inginkan untuk foto animasi Anda.
Dengan Canva, Anda dapat beralih dari gambar diam ke foto animasi dalam waktu singkat. Anda juga dapat memanfaatkan elemen desain yang tak terhitung jumlahnya yang disertakan dengan aplikasi untuk menambahkan lebih banyak kehidupan pada foto Anda.

Selain itu, Canva hadir sebagai solusi berbasis web, tetapi Anda masih dapat menggunakannya sebagai aplikasi seluler atau desktop.

Pros Menggunakan Canva
Ini menampilkan berbagai aset dan elemen desain, termasuk gambar, tekstur, dan efek.Mudah dipelajari dan digunakan.Desain yang intuitif dan modern.Ini menawarkan uji coba gratis
Kekurangan Menggunakan Canva
Anda mungkin harus mengakses versi pro beberapa fitur tambahan seperti menghapus latar belakang dari gambar.
Cara Menganimasikan Foto Menggunakan PhotoDirector

Menganimasikan foto bisa lebih dari sekadar menerapkan gaya animasi umum – di situlah PhotoDirector Essential masuk. Aplikasi tangguh semacam itu memungkinkan Anda membuat animasi yang lebih realistis dari gambar diam Anda . Selain itu, perangkat lunak ini didukung oleh AI, sehingga semakin memudahkan Anda untuk menganimasikan foto Anda.

PhotoDirector hadir sebagai aplikasi desktop. Ini juga dilengkapi aplikasi seluler yang tersedia untuk iOS dan Android.

Jika Anda menggunakan komputer, unduh aplikasi di sini untuk memulai.

Berikut cara menganimasikan foto Anda menggunakan PhotoDirector di komputer Anda:
Luncurkan aplikasi PhotoDirector.Untuk mengunggah foto Anda foto, navigasikan ke “Perpustakaan > Impor.” Setelah pengunggahan berhasil, buka foto yang ingin Anda animasikan. Di bilah atas, klik “Dipandu.” Di bilah sisi, buka “Efek Animasi > Animasi Foto.” Klik panah pertama dan gunakan untuk menunjukkan arah gerakan yang Anda inginkan pada gambar dengan menyeretnya ke bagian yang ingin Anda animasikan.Klik ikon jangkar untuk mengontrol jalur gerakan.Gunakan kepingan salju- seperti ikon untuk mengecualikan gerakan dari bagian-bagian tertentu dari foto. Jika Anda puas dengan tampilan akhir animasi Anda, klik “Produce”, yang ada di bagian bawah jendela. Pada widget baru yang muncul, pilih preset pilihan untuk animasi Anda dan klik “Produksi.”
Animating foto Anda menggunakan aplikasi PhotoDirector cukup mirip dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas, tetapi dengan sedikit perbedaan dalam tampilan dan nuansa antarmuka.

Berikut cara menganimasikan foto Anda menggunakan Aplikasi PhotoDirector di ponsel:
Buka aplikasi PhotoDirectorUnggah dan buka gambar yang ingin Anda kerjakan. Di menu bawah, ketuk “Animasi.” Ketuk panah pertama dan seret panah melintasi bagian gambar yang ingin Anda animasikan. Gunakan ikon seperti pin ( juga disebut alat jangkar) untuk mengontrol jalur gerakan dalam gambar.Gunakan ikon seperti kepingan salju untuk mengecualikan gerakan di beberapa bagian gambar.Ketuk ikon jam untuk menyesuaikan kecepatan animasi.
Kelebihan Menggunakan PhotoDirector
Aplikasi memungkinkan untuk animasi foto yang kuat. Mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Ini menawarkan uji coba gratis.
Kontra Menggunakan PhotoDirector
Ini tidak gratis
Cara Membuat Foto Animasi Menggunakan Aplikasi Foto di iPhone Anda

Jika Anda memiliki iPhone, mengapa tidak r rekam sendiri daripada mencari di tempat lain untuk menganimasikan foto Anda?

Berikut cara mengambil foto animasi menggunakan iPhone Anda:
Buka Aplikasi Kamera Anda.Fokuskan kamera Anda pada objek yang ingin Anda ambil gambarnya.Pastikan bahwa Anda dalam mode “Live Photo” dengan mengetuk lingkaran konsentris di sudut kanan atas. Tekan dan tahan tombol rekam. Pilih “LOOP” atau “BOUNCE” di sudut kanan atas untuk mendapatkan animasi berkelanjutan. Untuk melihat animasi Anda foto, buka galeri aplikasi Foto Anda.
Cara Menganimasikan Foto Menggunakan Photoshop

Photoshop adalah aplikasi masuk Anda untuk semua hal pengeditan foto. Untungnya, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak untuk menganimasikan gambar Anda. Dari semua alat yang ditampilkan dalam artikel ini, ini mungkin yang paling kuat dan kaya dalam hal fitur. Sayangnya, Photoshop bukanlah aplikasi termudah untuk digunakan. Namun seiring waktu dan latihan, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Catatan: Untuk membuat proses animasi lebih mudah dan untuk hasil terbaik, pastikan Anda menggunakan foto dengan perbedaan yang jelas antara latar belakang dan latar depan.

Berikut cara menganimasikan foto Anda menggunakan Photoshop:
Tambahkan foto yang ingin Anda animasikan ke ruang kerja. Di bilah atas, navigasikan ke “Pilih > Subjek.” Anda sekarang harus memiliki objek utama foto Anda yang digariskan. Jika Anda menggunakan Photoshop versi lama, Anda mungkin harus menggunakan alat pena untuk menyorot elemen utama di foto Anda. Masuk ke mode Quick Mask dengan menekan tombol Q. Sekarang sempurnakan pilihan Anda dengan memperbaiki area yang tidak sesuai dengan alat pemilihan AI. Setelah selesai, keluar dari mode dengan menekan Q pada keyboard Anda. Arahkan ke “Select> Modify> Feather.” Silakan dan tingkatkan radius bulu setidaknya 10 px. Tekan “Ctrl + j” dua kali. Pada jendela baru yang muncul, klik kanan dan pilih “Buat Clipping Mask.” Klik kanan pada layer duplikat dan pilih “Convert to Smart Object.” Buka timeline dan klik stopwatch di awal bingkai untuk tambahkan keyframe pertama. Pada timeline, pindahkan playhead ke arah akhir timeline. Inilah yang akan memanipulasi subjek yang Anda pilih pada langkah pertama.Tekan tombol putar untuk melihat pratinjau animasi yang baru Anda buat.
Catatan: Animasi photoshop di atas berfungsi paling baik dengan gambar-gambar alam seperti air mengalir dan awan.

Kelebihan Penggunaan Photoshop
Ada kurva pembelajaran yang panjang dalam mempelajari cara menggunakannya secara efisien. Oleh karena itu, tidak ramah untuk pemula.Antarmukanya cukup intens, sehingga sulit digunakan.
Mengapa Anda Ingin Menganimasikan Foto Anda
Dunia Berpindah ke Video — Saat ini, banyak orang lebih suka menonton video daripada gambar statis dan teks. Selain itu, informasi yang disalurkan melalui video kemungkinan besar akan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada informasi yang disampaikan melalui gambar diam. Untuk Menghalanginya dalam Video — Sangat aneh melihat foto diam dalam video. Itu tidak duduk dengan baik. Untuk itu, Anda dapat menambahkan animasi sederhana pada foto agar tidak terlihat salah tempat saat ditempatkan di video. Untuk Membuat Slide Presentasi Anda Menarik dan Menarik — Jika slide presentasi Anda membosankan, tidak akan ada yang mau menonton mereka. Untuk membumbui segalanya, Anda dapat menambahkan beberapa animasi ke foto sehingga presentasi Anda menarik untuk ditonton dan diikuti.
Tanya Jawab Tambahan
Dapatkah Anda menganimasikan foto PowerPoint?

Ya, Anda juga dapat menganimasikan alat foto PowerPoint seperti Canva. Untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas.
Dalam format apa saya mendapatkan foto animasi saya?

Setelah Anda menganimasikan foto, itu menjadi video. Oleh karena itu, harapkan animasi Anda dalam bentuk video. Beberapa format video populer termasuk MP4 dan GIF.
Dapatkah saya mengonversi foto menjadi GIF?

Ya. Anda dapat dengan mudah mengonversi foto Anda menjadi GIF menggunakan situs web bernama Giphy.

Berikan Kehidupan Anda yang Membosankan

Anda tidak perlu menjadi seorang profesional untuk menganimasikan foto, berkat banyaknya alat pengeditan foto yang tersedia saat ini. Beberapa alat lebih sulit digunakan daripada yang lain, tetapi semuanya menghasilkan produk akhir yang sama. Selain itu, beberapa alat dibayar. Namun, yang gratis masih dapat melakukan hal yang menakjubkan dengan foto Anda juga.

Pernah mencoba menganimasikan video? Jika demikian, apakah Anda menggunakan salah satu alat yang ditampilkan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.