Cara Mengarsipkan Semua Email di Gmail

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda kehilangan semua harapan untuk mengatur kotak masuk Gmail Anda, mungkin ini saatnya untuk memulai yang baru. Namun, Anda mungkin akan memerlukan beberapa email tersebut di masa mendatang, jadi menghapus seluruh kotak masuk bukanlah pilihan. Untungnya, Gmail menawarkan opsi pengarsipan yang memungkinkan Anda menghapus semua email dari kotak masuk tetapi tetap dapat diakses.

Terus membaca untuk mempelajari bagaimana Anda dapat mengarsipkan semua email di Gmail sekaligus.

Cara Mengarsipkan Semua Email di Gmail

Jika Anda pernah menggunakan Gmail untuk beberapa waktu, Anda mungkin perlu waktu lama untuk mengarsipkan setiap email satu per satu. Untungnya, ada opsi yang memungkinkan Anda untuk mengarsipkan semua email sekaligus apakah Anda membacanya atau tidak.

Metode ini bergantung pada mesin pencari dan fungsi filter Gmail yang kuat. Perhatikan bahwa Anda hanya dapat melakukan tindakan ini di browser menggunakan klien web Gmail. Inilah yang harus dilakukan:
Buka tab “Kotak Masuk” di bilah sisi kiri. Ketik “di: kotak masuk” di bilah pencarian di bagian atas untuk mengumpulkan email dari semua kategori Anda. Pilih kotak centang di sudut kiri atas, di bawah tab “Dari”. Klik opsi “Pilih semua percakapan yang cocok dengan pencarian ini” di atas daftar email. Arahkan ke ikon “Arsip” di sebelah kotak centang yang Anda pilih pada langkah 3.Tekan “OK” di pop- jendela atas untuk mengonfirmasi tindakan massal.
Bergantung pada jumlah email di Kotak Masuk Anda, Gmail mungkin memerlukan waktu untuk menyelesaikan tindakan. Anda akan mengetahui prosesnya selesai setelah semua email Anda hilang dari folder Kotak Masuk Anda.

Pengguna khusus seluler dapat memaksa browser mereka untuk menampilkan versi desktop Gmail dengan menggunakan “Mode desktop” atau variasinya di aplikasi browser mereka. Ini biasanya ditemukan di pengaturan dan opsi tab. Namun, hasilnya mungkin berbeda berdasarkan browser dan ukuran layar dan menggunakan PC jauh lebih sederhana.

Cara Mengarsipkan Semua Email Lama di Gmail

Mungkin kotak masuk yang benar-benar kosong tidak menarik bagi Anda atau Anda ingin menyimpan semua email terbaru. Dalam hal ini, Anda dapat menyingkirkan email lama yang tidak relevan, sambil menjaga yang baru mudah diakses di folder Kotak Masuk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menyaring filter Anda dengan memasukkan periode waktu yang diinginkan untuk pengarsipan email.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengarsipkan bagian dari kotak masuk Anda:
Akses tab “Kotak Masuk” dari bilah sisi kiri.Masukkan “di:kotak masuk” dalam pencarian untuk mengembalikan semua email dari kategori yang berbeda ke Kotak Masuk Anda. Ketik “sebelum:yyyy/mm/dd” di bilah pencarian untuk memfilter semua email sebelum tanggal tertentu. Ganti bagian yang dicetak tebal dengan tanggal yang Anda inginkan. Centang kotak kosong di kiri atas, di bawah tab “Dari”. Klik opsi “Pilih semua percakapan yang cocok dengan pencarian ini” di atas email yang dipilih. Tekan ikon “Arsip” di pojok kiri atas (panah mengarah ke bawah). Konfirmasi tindakan massal dengan menekan “OK” di jendela pop-up.
Jika Anda ingin mengarsipkan pesan selama periode tertentu, tambahkan juga “setelah:yyyy/mm /dd” perintah selama Langkah 3. Misalnya, memotong pesan antara 1 Januari 2020 dan 30 Juni 2021 terlihat seperti ini: “setelah:2020/01/01 sebelum:2021/06/30.”

What Happens to Archived Emails?

Tidak ada folder Arsip khusus di Gmail. Jadi, saat Anda mengarsipkan email, email tersebut akan ditransfer dari Kotak Masuk ke folder Semua Surat. Sederhananya, Anda menyimpan email Anda tanpa khawatir akan hilang selamanya.

Saat menghapus email, email akan dipindahkan ke folder Sampah. Email dari folder ini akan dihapus secara permanen setelah 30 hari. Namun, jangan khawatir, ini tidak berlaku untuk email yang diarsipkan. Mereka akan tetap berada di folder Semua Surat sampai Anda menghapusnya secara manual.

Anda dapat mengakses email yang diarsipkan menggunakan metode berikut:
Menavigasi ke folder Semua Surat di bilah sisi kiriMengetik “di:arsip” di bilah penelusuran di bagian atas halamanMenggunakan bilah pencarian untuk mencari email arsip tertentu dengan memasukkan kata kunci
Anda dapat mengarsipkan email yang sudah dibaca atau belum dibaca. Jika Anda memilih untuk mengarsipkan email tanpa membukanya, email tersebut akan tetap belum dibaca di folder Semua Surat. Demikian pula, jika Anda menambahkan label ke email sebelum mengarsipkannya, label akan tetap ada. Ini dapat membantu Anda menemukan email yang diinginkan lebih cepat di kemudian hari.

Email yang diarsipkan masih menghabiskan ruang penyimpanan Anda, karena tidak dihapus secara permanen. Namun, mereka tidak dihitung dalam jumlah total email yang telah dibaca atau belum dibaca di kotak masuk Anda.

Saat penerima membalas email yang diarsipkan, email tersebut akan kembali ke Kotak Masuk Anda. Jika Anda tidak ingin kotak masuk Anda berantakan lagi, Anda dapat mengatur email Anda untuk diarsipkan secara otomatis.

Cara Mengarsipkan Email Secara Otomatis di Gmail

Mengarsipkan email Anda tidak akan menghentikan kedatangan email baru. Mungkin ada beberapa email yang harus Anda simpan tetapi tidak ingin dilihat setiap kali Anda membuka Gmail. Jika demikian, Anda dapat menggunakan fitur filter untuk mengarsipkan email tersebut secara otomatis pada saat kedatangan.
Buka email yang ingin Anda arsipkan secara otomatis.Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas, di bawah ikon printer.Pilih ikon Opsi “Filter pesan seperti ini”. Tekan tombol “Buat filter” di jendela pop-up di bawah bilah pencarian. Centang kotak “Lewati Kotak Masuk (Arsipkan)”. Klik tombol “Buat Filter” di kanan bawah .
Jaga Kebersihan Kotak Masuk Anda

Alat pengarsipan adalah cara sederhana namun efektif untuk mencegah kotak masuk Anda tersumbat dengan email yang membuat pusing. Yang terbaik dari semuanya, tindakan ini tidak dapat dibatalkan, karena Anda dapat mengakses email yang diarsipkan kapan saja dan bahkan mengembalikannya ke kotak masuk jika perlu.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan kotak masuk Gmail yang berantakan? Bagaimana Anda menyelesaikannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.