Cara Mengatur Folder Default di File Explorer

Tautan PerangkatWindows 11Windows 10Windows 7Perangkat Hilang?
Secara default, Windows File Explorer terbuka dalam akses cepat yang berisi pintasan ke beberapa folder yang paling sering Anda gunakan. Ini berguna jika folder yang Anda butuhkan ada di Akses Cepat, tetapi dapat mengganggu jika Anda lebih suka Explorer memulai di folder yang berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengatur folder default di Windows File Explorer bersama dengan beberapa tips mengelola aplikasi di taskbar Anda.

Cara Mengatur Folder Default di Explorer di Windows 11

Biasanya, target default File Explorer dapat diubah ke Folder Akses Cepat atau PC saat ini. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka File Explorer Anda. Anda dapat mengkliknya di bilah tugas atau mengetik “File Explorer” di bilah pencarian. Klik menu tiga titik di sudut kanan atas jendela. Klik “opsi”. Pada tab Umum, klik pada panah dropdown di samping Buka File Explorer ke: Pilih “Akses Cepat” atau “PC Ini”. Akses Cepat menunjukkan folder yang baru dibuka bersama dengan alamat yang disematkan. PC ini menunjukkan direktori root komputer. Ketika Anda selesai klik “OK.”
Jika Anda ingin mengubah jalur ke folder tertentu, Anda harus melakukan sedikit pekerjaan karena tidak ada cara langsung untuk melakukan ini. Saat disematkan ke bilah tugas, File Explorer tidak akan mengizinkan Anda mengubah jalur melalui pengaturan propertinya. Untuk menyiasatinya, lakukan hal berikut.
Hapus File Explorer dari bilah tugas Anda. Ini akan mencegah dua contoh file explorer mengacaukan area ini. Untuk melakukannya: Klik kanan pada ikon File Explorer di taskbar. Pilih “Lepas sematan dari taskbar”. Buat pintasan baru untuk File Explorer di Desktop. Ini akan membuat folder File Explorer baru dengan jalur khusus yang dapat Anda berikan. Untuk melakukannya: Klik kanan pada desktop Anda. Arahkan kursor ke “Baru” lalu pilih “Pintasan” dari menu popup. Pada jendela wizard pintasan, ketik “%SYSTEMROOT%explorer.exe /e,C:t” tanpa tanda kutip. Jika Anda ingin membuka folder yang terletak di drive selain drive C, ganti “C:” dengan drive pilihan Anda. Ganti “t” dengan nama folder yang ingin Anda buka. Misalnya, jika Anda ingin Explorer membuka folder Documents di drive C, entrinya harus “%SYSTEMROOT%explorer.exe /e,C:documents”. Klik “Next.” Pilih nama untuk pintasan. Secara default, ini akan diberi nama explorer, tetapi Anda dapat membuatnya deskriptif jika Anda ingin membuat lebih dari satu pintasan. Klik “Selesai.” Sematkan pintasan File Explorer baru ke bilah tugas. Klik kanan pintasan di desktop Anda .Dari daftar, pilih “Sematkan ke bilah tugas.” Sekarang Anda dapat menghapus pintasan dari desktop untuk mengurangi kekacauan.
Anda sekarang memiliki ikon File Explorer di bilah tugas dengan folder target tertentu. Anda dapat membuat lebih dari satu ikon Explorer ini, meskipun Anda disarankan untuk mengubah tampilan ikon untuk menghindari kebingungan. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan ikon Explorer di bilah tugas Anda.Klik kanan lagi pada nama ikon.Dari daftar pop-up, pilih “Properties.”Lanjutkan ke tab Pintasan.Klik “Ubah Ikon.” Pilih dari ikon yang tersedia, atau jika Anda memiliki folder ikon, navigasikan ke sana dengan mengklik “Jelajahi.” Klik “OK.” Klik “Terapkan.” Pintasan penjelajah sekarang harus memiliki ikonnya sendiri .
Perhatikan bahwa pintasan penjelajah hanya akan berfungsi jika Anda mengaksesnya melalui bilah tugas. Jika Anda membuka File Explorer melalui metode lain, seperti mengetiknya di bilah pencarian atau menggunakan “Windows + E”, itu akan tetap membuka Akses Cepat secara default.

Cara Mengatur Folder Default di Explorer di Windows 10

Karena Windows 11 adalah peningkatan langsung dari Windows 10, metode untuk mengubah folder default untuk File Explorer persis sama. Semua langkah yang berlaku di Windows 11 dapat digunakan untuk Windows 10. Ikuti petunjuk yang diberikan di atas untuk mengubah Default File Explorer di Windows 10.

Cara Mengatur Folder Default di Explorer di Windows 7

Windows 7 memiliki cara yang lebih langsung untuk mengubah Target File Explorer karena memberi pengguna kemampuan untuk mengetikkan alamat secara langsung. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Klik kanan pada ikon File Explorer di taskbar Anda.Kanan lagi pada nama “Windows Explorer” pada menu pop-up.Dari daftar pilih “Properties.”Buka ke tab Pintasan jika tidak terbuka secara default. Klik pada bilah alamat Target. Pastikan untuk tidak mengubah atau menghapus jalur yang sudah ada. Jika Anda tidak sengaja menghapusnya, ketik “%windir%explorer.exe” untuk memulihkannya. Ketik satu spasi lalu masukkan jalur target yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuka folder dokumen misalnya, jalur target harus membaca “%windir%explorer.exe %userprofile%documents” tanpa tanda kutip. Jika Anda tidak yakin dengan alamat pintasan, cukup buka folder yang Anda inginkan sebagai default, klik pada bilah alamat, klik kanan, lalu pilih “salin.” Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda. File Explorer sekarang akan buka folder yang Anda tentukan.
Tips Akses Cepat Windows File Explorer

Jika Anda tidak ingin repot mengatur pintasan individual untuk folder default, Anda cukup menyematkannya ke Akses Cepat untuk navigasi yang lebih mudah. Akses Cepat dapat dimodifikasi dengan melakukan hal berikut:
Buka File Explorer. Arahkan ke lokasi folder yang ingin Anda sematkan ke menu Akses Cepat.Klik folder sekali untuk menyorotnya.Pada menu atas, klik tiga -ikon titik. Pilih “Sematkan ke Akses Cepat.” Folder ini sekarang seharusnya tersedia di menu. Untuk menavigasi ke folder itu, klik kanan pada File Explorer di bilah tugas Anda dan kemudian pilih dari menu pop-up atau klik File Explorer dan kemudian pilih folder dari jendela.
Untuk menghapus folder dari Akses Cepat, Anda dapat melakukan berikut:
Buka File Explorer.Klik kanan pada folder yang ingin Anda hapus.Dari menu drop-down pilih “Lepas sematan dari Akses Cepat.” Atau, Anda dapat mengklik kanan File Explorer dari taskbar dan kemudian klik Ikon “Lepas sematan dari daftar ini” di sisi kanan nama folder.
Anda dapat menambahkan fungsionalitas ke jendela Akses Cepat dengan menambahkan lebih banyak alat utilitas ke dalamnya. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka jendela Quick Start dengan mengklik File Explorer di taskbar Anda atau dengan menekan “Windows + E.” Klik tombol dropdown di sisi kanan atas jendela. Tombol ini berada tepat di sebelah kiri nama File Explorer. Alihkan tanda centang pada alat yang ingin Anda tambahkan. Tombol yang dinonaktifkan secara default adalah Undo, Redo, Delete dan Rename. Setelah selesai, Anda dapat menavigasi keluar dari File Explorer, semua perubahan disimpan secara default.
Expanding Utility

Mengetahui cara mengatur folder default di File Explorer memungkinkan Anda untuk memperluas ini utilitas aplikasi. Ini adalah alat yang berguna jika Anda ingin sering mengakses folder tertentu dan dengan klik minimal.

Apakah Anda tahu cara lain untuk mengubah folder default di Windows File Explorer? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.