Cara Mengatur Preset PDF di Adobe InDesign

Adobe InDesign memungkinkan Anda mengekspor file InDesign sebagai PDF. Tergantung pada jenis dokumen yang Anda buat, Anda mungkin ingin menggunakan preset PDF yang berbeda. Anda dapat memilih salah satu Preset PDF InDesign, atau membuat sendiri.

Apa Itu Preset PDF?

A Preset PDF adalah sekelompok pengaturan yang khusus untuk jenis PDF yang Anda buat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti ukuran file untuk menampilkan dokumen kualitas terbaik. Pengaturan ini berkisar dari tata letak, elemen interaktif, kompresi, tanda dan bleeds, kondisi keluaran, dan banyak lagi.
InDesign hadir dengan beberapa preset PDF default untuk dipilih. Setiap preset memiliki tujuan tertentu, seperti membuat cetakan berkualitas tinggi atau mengoptimalkan PDF untuk mesin cetak.

Pilih Salah satu Presets PDF InDesign

InDesign memiliki beberapa preset PDF untuk dipilih. Sebelum menghabiskan waktu menyesuaikan preset Anda sendiri, lihat apakah InDesign memilikinya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Perhatikan bahwa pemilihan dapat bervariasi tergantung pada versi InDesign yang Anda gunakan. Sebagai referensi, panduan ini mengacu pada Adobe InDesign 2022.
Jika Anda ingin membaca informasi lebih lanjut tentang setiap preset, klik “Define.”
Jendela Adobe PDF Presets akan muncul. Di sini, Anda dapat memilih preset dari grup Presets, dan melihat deskripsi preset, ringkasan pengaturan, dan peringatan (jika ada) di bawah.
Pilih preset yang Anda inginkan dan klik “Selesai” untuk memilihnya.

Buat Preset PDF Anda Sendiri

Jika PDF Anda membutuhkan output yang unik, Anda dapat mengatur preset PDF Anda sendiri. Untuk memulai, klik “File” di bilah menu, arahkan kursor ke “Adobe PDF Presets” di menu tarik-turun, lalu pilih “Define” dari sub-menu.
Di jendela Adobe PDF Presets yang muncul, klik “Baru.”
Jendela Preset Ekspor PDF Baru akan muncul. Di sinilah Anda akan sepenuhnya menyesuaikan preset Anda, dan tentu saja tidak ada kekurangan opsi untuk tweak.
Pertama, beri nama preset PDF baru Anda dengan mengetiknya di kotak teks “Nama Preset”. Anda juga dapat mengatur kompatibilitas dengan memilih jenis kompatibilitas untuk kotak drop-down di sebelah opsi. Anda mungkin juga ingin memilih Preset yang sudah ada dari menu tarik-turun “Standar”. Ini bagus jika Anda ingin menggunakan preset sebelumnya, tetapi hanya perlu mengubah satu atau dua hal.
Di panel sebelah kiri, Anda akan menemukan enam kategori berbeda.
Setiap kategori berisi beberapa grup opsi untuk disesuaikan. Inilah yang dapat Anda temukan di masing-masingnya.
General: Sesuai dengan namanya, ini adalah tempat Anda akan mengatur beberapa opsi yang lebih mendasar, seperti tata letak PDF (satu halaman, depan dan belakang, dll.), jika Anda ingin mengekspor semua halaman atau rentang halaman, jika Anda ingin menyertakan hyperlink, bookmark, dan objek non-cetak, dan banyak lagi.
Compression: Di sini, Anda akan menyetel kompresi untuk gambar berwarna, gambar skala abu-abu, dan gambar monokrom.
Tanda dan Pendarahan: Tanda digunakan untuk memberi tahu printer tempat memangkas kertas, dan bleed membawa elemen dan warna di atas margin cetak sehingga tidak ada ruang putih yang tidak diinginkan pada cetakan Anda dokumen. Bagian ini adalah tempat Anda menyesuaikan pengaturan tersebut.
Output: Anda dapat mengatur jenis konversi warna dan kebijakan penyertaan profil yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengubah opsi PDF /X, yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran grafik.
Advertisement
Lanjutan: Anda dapat mengatur kapan harus mensubset font dan kapan harus menghilangkan OPI, mengatur preset flattener transparansi, dan men-tweak opsi aksesibilitas.
Summary: Ketika Anda telah mengatur semuanya sesuai keinginan Anda, Anda bisa mendapatkan tampilan luas dari preset PDF Anda di sini.
Jika Anda puas dengan pengaturan Anda, klik OK. Anda sekarang telah berhasil membuat preset PDF Anda sendiri.
Itu saja. Sekarang setelah Anda berhasil membuat preset PDF Anda, yang tersisa untuk dilakukan adalah mengekspor PDF Anda (File > Export) dan kemudian mengirimkannya untuk didistribusikan!
RELATED: Apa Itu File PDF (dan Bagaimana Cara Membukanya)?
Itulah berita seputar Cara Mengatur Preset PDF di Adobe InDesign, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.