Cara Mengatur Ulang Kolom di Excel

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Ada banyak cara untuk meningkatkan produktivitas di Excel. Salah satunya adalah dengan menata ulang kolom. Namun, mengakses fitur ini dapat menjadi tantangan, terutama jika Anda tidak berpengalaman dalam antarmuka. Tapi jangan khawatir – artikel ini akan menunjukkan cara mengatur ulang kolom di Excel. Dengan cara ini, Anda akan tahu cara bekerja lebih cepat dan memiliki pandangan yang jelas tentang semua informasi penting.

Cara Mengatur Ulang Kolom di Excel di PC

Kebanyakan orang menggunakan Microsoft Excel di PC karena layar yang lebih besar. Ini juga membantu Anda mengatur ulang kolom dengan lebih mudah. Ada beberapa metode untuk melakukannya, dan yang pertama melibatkan gerakan seret dan lepas yang mulus:
Buka lembar kerja. Letakkan kursor di atas kolom yang akan diatur ulang. Kursor sekarang harus berubah menjadi panah. Sorot kolom Anda menggunakan panah. Tahan tombol Shift Anda. Arahkan ke batas kiri atau kanan dan tahan dengan panah. Seret tepi ke kiri atau kanan. Saat kursor bergerak melintasi kolom Anda, batas akan menjadi gelap, menunjukkan posisi baru. Saat lokasi baru terlihat bagus, lepaskan klik mouse Anda. Kolom sekarang akan dipindahkan ke tempat yang disorot oleh tepi gelap.
Cara lain untuk mengatur ulang kolom adalah dengan menggunakan fungsi Data Sort. Metode ini mungkin sedikit lebih rumit daripada yang pertama jika Anda hanya ingin memindahkan dua atau tiga kolom. Tetapi jika Anda sedang mengerjakan spreadsheet yang lebih besar dengan banyak kolom, teknik ini dapat menghemat banyak waktu.

Begini cara kerjanya:
Navigasi ke spreadsheet dan masukkan baris di bagian atas bagian dengan mengklik kanan pada baris paling atas dan memilih “Sisipkan.” Anda sekarang akan melihat unit baru. Beri nomor kolom yang ingin Anda atur ulang menurut urutan kemunculannya, mulai dari yang pertama. Pastikan untuk memberi nomor pada setiap item yang Anda rencanakan untuk digunakan. Pilih data yang ingin Anda atur ulang dan buka tab “Data” Anda. Buka bagian “Urutkan dan Filter” dan tekan “Urutkan”. Pilih Opsi dan tekan tombol di dekat Prompt “Urutkan dari kiri ke kanan”. Tekan “OK” dan telusuri menu “Urutkan Berdasarkan” Anda. Pilih “Baris 1”, diikuti oleh “OK.” Kolom Anda sekarang harus diurutkan. Jika Anda ingin membalikkan perubahan, klik kanan baris pertama Anda. Pilih “Hapus”, dan Anda akan kembali ke tata letak default.
Perlu diingat bahwa metode Pengurutan Data tidak akan berfungsi jika Validasi Data diaktifkan di kolom yang ada. Jika demikian, Anda harus menghapusnya dengan menyorot sel yang terpengaruh dan memilih “Validasi Data.” Buka “Pengaturan, diikuti oleh “Hapus Semua,” dan tekan “OK.” Anda sekarang dapat menerapkan teknik penataan ulang seperti yang telah dibahas.

Metode terakhir untuk menata ulang kolom sangatlah mudah. Ini mengharuskan Anda untuk memotong kolom dan menempelkannya ke lokasi baru. Prosesnya sangat sederhana:
Buka spreadsheet Anda dan pilih kolom. Tekan kombinasi “Ctrl X” pada keyboard untuk memotong kolom Anda dari lokasi saat ini. Anda sekarang akan melihat “semut berbaris” di dekat kolom Anda, menunjukkan itu telah dihapus dari posisi semula. Tentukan lokasi baru kolom. Sorot tujuan kolom dan klik kanan padanya. Pilih perintah “Sisipkan” dari menu.Kolom sekarang akan muncul di lokasi yang sesuai.
Cara Mengatur Ulang Kolom di Excel pada iPhone

Sementara iPhone memberi Anda layar yang lebih kecil untuk digunakan, Anda tidak akan kesulitan mengatur ulang kolom di Excel. Bahkan, hanya perlu beberapa detik:
Buka Excel.Ketuk kolom yang akan diatur ulang.Tahan huruf kolom yang dipilih hingga tampak kolom naik dari tabel.Seret ke kiri atau kanan kolom lain untuk menyelesaikan proses. Jika Anda menyeret unit ke luar tabel yang ada, ini akan membuat tabel baru.
Cara menarik lainnya untuk mengatur ulang kolom di iPhone adalah dengan mengubah posisinya. Dengan kata lain, Anda dapat mengganti kolom dan baris, di mana konten satu baris menjadi konten kolom. Anda dapat melakukannya sebanyak yang Anda suka, dan prosesnya mudah:
Buka spreadsheet Anda. Ketuk meja Anda dan tekan simbol lingkaran di bagian kiri atas layar. Tekan tombol “Tabel” dengan tanda petir di sebelahnya di bagian kanan bawah layar Anda. Aktifkan fungsi transpos. Kolom dan baris Anda akan diubah ukurannya menjadi lebar dan tinggi yang sesuai untuk tabel Anda. Plus, baris header akan berubah menjadi kolom header, dan baris footer adalah kolom paling kanan baru Anda.
Cara Mengatur Ulang Kolom di Excel di iPad

Mengatur ulang kolom di iPad juga mudah. Ini bekerja hampir sama seperti di iPhone:
Luncurkan Excel dan buka spreadsheet. Ketuk kolom. Tahan kolom untuk menyorotnya. Garis putus-putus sekarang akan muncul, artinya unit Anda siap untuk dipindahkan. Seret item dan letakkan di lokasi yang diinginkan.
Cara Mengatur Ulang Kolom di Excel di Perangkat Android

Menata ulang kolom di perangkat Android Anda juga tidak akan menjadi masalah. Prosesnya bermuara pada menyeret dan menjatuhkan item ke lokasi yang diinginkan:
Mulai Excel di tablet atau ponsel Anda.Akses spreadsheet Anda.Pilih kolom yang ingin Anda atur ulang dengan mengetuknya.Tahan kolom yang dipilih dan seret ke mana pun Anda mau.
Bagaimana Menata Ulang Kolom di Excel Tanpa Timpa

Satu hal yang harus Anda hindari saat menata ulang kolom adalah menimpa data. Untungnya, ada cara mudah untuk melakukannya:
Pilih kolom Anda dengan menyeret headernya. Arahkan kursor ke perbatasan hingga Anda melihat panah empat sisi. Tahan “Shift” dan tombol kiri mouse Anda. Pindahkan kolom. Lepaskan tombol mouse dan “Shift.”
Mempercepat Pekerjaan di Excel

Anda tidak akan kesulitan mengatur ulang kolom di Excel, baik Anda pengguna Android, PC, atau iOS. Ada beberapa cara untuk mengakses fungsi, yang semuanya tidak perlu waktu lama untuk dikuasai. Setelah fitur ini menjadi rutin, Anda akan dapat menyelesaikan proyek Anda lebih cepat.

Seberapa sering Anda mengatur ulang kolom di Excel? Apa metode favorit Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.